CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mungkin Bisa Jadi Inspirasi Buat Agan2..
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb55ed60577a95afb4914c8/mungkin-bisa-jadi-inspirasi-buat-agan2

Mungkin Bisa Jadi Inspirasi Buat Agan2..

Mungkin Bisa Jadi Inspirasi Buat Agan2..

Copas dari FB: Hanny Karina

MENTAL KAYA (Part 2)

Adalah mama aku yang sengaja membuat celengan dari kayu, mirip kotak kencleng sedekah yang biasa di mesjid2. Digembok dan kuncinya mama yang simpan. Sengaja mama taro di dekat pintu keluar yang biasa kita lewati kalau keluar rumah.

Awalnya sih kami (anak2 dan cucu2nya) kadang merasa apa2in sih mama ini, tiap pagi sebelum pergi sekolah atau kerja pasti aja "cerewet" bilang "Ayoo isi kencleng jangan lupa... gak apa2 seribu, dua ribu, gopek juga gak apa2... sedekah sedekah..."

Awal2nya terpaksa ngisi biar mama diem 😂 Ya Allah maafkan hambaMU ini 😬

Tapi karena dicerewetin terus, lama2 jadi kebiasan, dan udah teratur aja tuh ngisi kencleng. Suatu hari, aku inget banget hari Jum'at pas kebetulan aku lagi dirumah sampai siang, jam 9an dateng tukang sayur langganan nganter sayuran pesenan mama (mama biasa pesen sayur malemnya lewat sms, buat dianter besok paginya) trus si tukang sayur bilang "teh ini sayurnya, yg ikan udah dikasiin ke abah xxx dan ibu yyy..."
Setengah ga ngerti sih tapi aku iya2 aja...

Trus aku tanya mama, "itu td tukang sayur bilang ikannya udah dikasiin ke abah xxx dan ibu yyy... apaan itu teh mah?"

"Ai teteehh... itu teh kan sedekah kalian tiap hari, sama mama tiap jumat suka dibeliin ikan atau lauk lain buat abah xxx dan ibu yyy yang tinggal dibelakang itu" hari2 lain juga kadang mama beliin tahu, si mas tahu yang kasiiin lsg ke mereka juga. Kan kalo ngasih 6000 perak kok rasanya gimana ya? Tapi kalo dalam bentuk tahu kan lebih berasa buat mereka. Ga kerasa kan sedekah tiap hari, kecil2 rupiahnya tapi ternyata dikumpul2 mah banyak ternyata"

Dan ternyata mama masih seneng belanja ke pasar, padahal ada mang sayur yang siap antar selalu. Kata mama, kadang uang dari kencleng itu suka mama kasi buat nenek2 di pasar. Kasian teh suka ada nenek2 nanya di tukang ayam "ari hayam saparapat sabaraha?" (Kalau daging ayam seperempat kilo berapa?) Ya Allah segimana sih daging ayam seperempat kilo ituu?? 😭 jadi sama mama dibeliin aja tu si nenek. Itu kan semua dari uang recehan yg kalian masukin ke kencleng itu tiap hari...
Kadang tukang becak di pasar yg kebagian.

Jleb... jleb... MasyaAllah aku yah rasanya ditempeleng berkali2 dong gaeess... jadi itu maksud mama teh. Secara ga sadar kami tuh sdh dibiasakan sedekah sama mamahku yg hebat ini 😍😍😍. Lagi lagi Teu pira!! receh2 itu kalo dikumpul2 ternyataaaa....

Trus yaa kalau uang koinnya udah hampir penuh biasanya dibongkar. Disusun, dirapihin tuh koin2... ehh dihitung2 bisa 500rb sampai sejuta lebih dong... jadi paket2 sembako dehhh 😍😍😍

Kegiatan ini sudah berlangsung lama, jd udh jadi kebiasaan buat kami. Kang sayur dan kang tahu sih udh hapal kebiasaannya, tinggal nunggu perintah mamah, jalan deh. Siangnya ngasih bon tagihan belanjaan 😂😋😋

Ini masih kata mama aku, kita mungkin bukan orang kaya harta, tapi Allah selalu cukupkan rejeki kita, makanan selalu berlimpah adaaa aja yg suka ngirim makanan, banyak orang baik disekeliling kita, pasti itu adalah pertolongan Allah dari sedekah2 kecil kita... hiks 😭😭 nangis bombay aku gaeess...

Jadi kita juga bisa kayak orang kaya kok, yang bisa berbagi, dari recehan itu juga ternyata berarti banyak buat orang lain.
Ide (yang menurut aku) keren ini kalau dijalankan di tiap rumah, sambil menggalakkan Gerakan Menengok Tetangga yang viral di WAG, InsyaAllah ga akan ada cerita tetangga kelaparan, ga bisa makan dll...

😊 Mohon doa buat mama ku yaa.. semoga beliau dipanjangkan umurnya, diberkahi rejekinya dan sehat selalu.... Ide simple nya nampar bangeett...

BTW: tulisan ini sebenernya udah lamaaaaaaa banget pengen aku tulis, cuma kadang suka mikir takut dianggap riya.... tapi ah bodo amat, aku tidak mengharap penilaian orang, cuma berharap siapa tau kegiatan kecil kami ini bisa jd inspirasi untuk yang lain agar berbuat lebiiiihh baik lagi... ☺

Stay safe yaa semuanyaaa...
Gausah nunggu kaya untuk berbagi... berbagi dulu deh, InsyaAllah kaya kok! Aamiin....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 5 lainnya memberi reputasi
Kau terlalu lugu untuk memahami agama.. emoticon-Ngakak (S)
sangat menginspirasi. salah satu ilmu parenting yg bermanfaat. mengajarkan anak untuk bersedekah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di