CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Luhut Tak Mau Lockdown Tanpa Ada Vaksin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb52eb24601cf2dc424c8d2/luhut-tak-mau-lockdown-tanpa-ada-vaksin

Luhut Tak Mau Lockdown Tanpa Ada Vaksin

Luhut Tak Mau Lockdown Tanpa Ada Vaksin
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Muhammad Ridho

Jakarta - Pemerintah lebih memilih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dibandingkan lockdown untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan bahwa penerapan lockdown tanpa vaksin akan memberikan dampak berkepanjangan. Untuk itu pemerintah tidak memilih lockdown karena belum ada vaksin.

"Lockdown adalah satu-satunya cara untuk mengurangi jumlah kematian secara signifikan. Namun, tanpa vaksin, lockdown akan memberikan dampak berkepanjangan," kata Luhut dikutip dari bahan presentasinya saat menjadi pembicara tamu di SMDV-Agaeti Ventures, dikutip Jumat (8/5/2020).

Adapun dampak yang dimaksud seperti penyusutan ekonomi, meningkatnya pengangguran, dan terganggunya distribusi makanan.

"Lockdown akan memberikan dampak berkepanjangan seperti penyusutan ekonomi, pengangguran, gangguan dalam rantai pasokan," ucapnya.

Luhut bilang, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendistribusikan vaksin ke masyarakat umum. Secepat-cepatnya, membutuhkan waktu setidaknya satu tahun.

"Secara umum, vaksin membutuhkan waktu puluhan tahun untuk didistribusikan kepada publik. Bahkan dengan jalur cepat, itu membutuhkan setidaknya satu tahun," ujarnya.

Untuk itu pemerintah memilih PSBB. Jika 70% masyarakat patuh terhadap penerapan PSBB, kebijakan itu dinilai akan efektif untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 21 lainnya memberi reputasi
mending lockdown se indonesia, habisnya PSBB masih banyak yang beli makanan buat berbuka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
west1973 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lihat aja ntar hasil nya PSBB cem mana, efektif apa kagak
profile-picture
profile-picture
shdou dan liee memberi reputasi
Kalau lockdown serentak sebulan sudah solved pak, itu sdh bisa di petakan daerah mana saja yg terdampak, tinggal per wilayah saja nanti yg bisa lanjut.

Daripada skrg PSBB? itu kebijakan setengah2, lihat pertambahan rata2 per hari nasional masih 300 an, brarti sampai skrg kita belum sampai puncak kurva, masih berpeluang naik terus angkanya, ga tau deh bisa sampai berapa persen populasi Indonesia bakal kena, semoga engga
Jadi cara berpikirnya harus jangka panjang pak, ekonomi penting tapi hidup lebih penting, nyawa

Kalau bapak dari militer terbiasa berpikir langkah taktis ya monggo, tapi bapak sebagai pengambil keputusan ditengah Masyarakat Indonesia, harus bisa berpikir panjang.

Justru saya heran klo ada militer mikirnya malah ekonomi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dell656 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
kalo lockdown sesuai keinginan nasbung kadal gurun radikal bakalan perang saudara macem di suriah itu ntuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diamondchest dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau udah ada vaksin ngapain lockdown,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dell656 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gak berpikir panjang.
profile-picture
liee memberi reputasi
kalo vaksin udah ada ngapain lockdown bambang
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan liee memberi reputasi
Kalo ada vaksin ngapain lockdown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
psbb santuyyyyy....


lokdon itu apa ? emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
Kagrra dan liee memberi reputasi
Kena mele si opung
ini mungkin semacam reverse psychology gt gan.. tau dah ane terima2 aja 😄😄
sbg wn yg baik, mari kita sama2 percaya pada Pak Luhut selaku mentri
Gak ada duit saja buat bansos, gitu saja kok repot.emoticon-Leh Uga
Catat RI 0...bersabda....tolong di save
Harus nya lockdown sampai vaksin ada. Wkekeekke kebalik ni
Gpp la pengwasaa berhak memutuskan apapun ituu...
gak sepenuhnya bener tapi ada benernya juga sih. lockdown itu memperlambat, gak menyelesaikan. cuma mencegah penyebaran, yang udah kena ya mampus lah dirumah masing2. sementara itu ekonomi rontok. sebulan setelah lockdown total, usaha2 kelas menengah ke bawah yg gak kuat modal bakalan colaps. lapangan kerja ilang, kemiskinan naik. yang udah miskin dari sananya ya siap2 aja kelaparan setelah lockdown selesai karena sudah gak ditanggung lagi makannya sehari2
Lihat 1 balasan
Lahhh???? emoticon-Leh Uga
Klo muncul vaksin mah tinggal bagi rata dan coblos emoticon-Leh Uga
Bwt apaan coeg dilockdown emoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Quote:


Ya mangkanya dibatasin tanpa dilockdown. Kalo psbb kan yg vital2 masih bisa operasi. Kalo lockdown, supermarket aja harus tutup. Orang harus nunggu dianterin makanan di rumah.

Nah skarang psbb aja bansos bisa disunat RT itu begimana ceritanya coba kalo lockdown. Bisa mati orang kalo aparat yang nanganin daerahnya punya mental maling.
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di