CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tips Bagaimana Cara Merawat Rem Cakram Motor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb5159c7e3a7223bf3ec2c5/tips-bagaimana-cara-merawat-rem-cakram-motor

Tips Bagaimana Cara Merawat Rem Cakram Motor

Tips Bagaimana Cara Merawat Rem Cakram Motor

Sistem pengereman adalah salah satu aspek paling penting bila tidak terpenting dalam keselamatan berkendara bagi kendaraan bermotor.  Dengan besarnya peran rem untuk keselamatan, baik rem cakram atau rem tromol harus dirawat dengan baik.
 
Karena hampir semua motor kini memakai sistem rem cakram, Otomotifcom memberikan tips mudah dalam merawat rem cakram di sepeda motor kesayangan anda.

Cara Merawat Rem Cakram Motor

1. Rutin mengecek dan mengganti minyak rem
 
Minyak rem sangat penting untuk kinerja rem cakram agar maksimal. Kinerja rem cakram sangat mengandalkan piston yang ada pada master rem. Master rem fungsinya menggerakan kaliper untuk mencengkeram piringan cakram, ketika pengendara motor menarik tuas rem.

Lancar atau tidaknya piston dalam menjalankan fungsinya ini, bergantung pada pompa hidraulik yang bekerja mengalirkan minyak rem.Kalau saluran minyak tersumbat karena minyak kotor atau minyak sudah terlalu encer karena tercemar oleh bakteri atau zat lain yang bersenyawa dengan minyak, maka kinerja piston pasti akan terganggu.
 
Karena itulah, sangat disarankan untuk rutin mengecek dan mengganti minyak rem. Minimal setahun sekali diganti. Paling lama dua tahun sekali dan jangan lebih dari itu kalau Anda ingin selalu mendapatkan performa rem yang maksimal.
 
2. Rutin membersihkan kaliper
 
Rem cakram itu sifatnya terbuka. Padahal, di jalanan debu tanah serta kotoran banyak beterbangan dan berisiko menempel pada kanvas rem ataupun piston.
 
JIka itu terjadi, maka kinerja dua komponen itu tidak akan maksimal kinerjanya. Karena itulah, rutinlah membersihkan keduanya dari kotoran.
 
3. Cek dan pastikan kaliper masih dalam kondisi baik
 
Kaliper memang jarang sekali rusak. Tetapi tetap saja ada kemungkinan rusak karena pemasangannya yang kurang tepat atau posisinya goyah karena faktor-faktor tertentu.
 
Kalau kondisinya goyang atau bergetar, peranti yang bertugas untuk mencengkeram pringan cakram ketika pengendara motor menarik tuas rem itu berisiko cepat aus karena bagian-bagian tertentu dari kaliper akan terus bergesekan dengan piringan cakram.

Akibatnya ketika motor dipacu jalannya akan terasa seperti tersendat-sendat. Karena itulah, mengecek posisi kaliper sangat disarankan.
 
Semoga informasi mengenai perawatan rem cakram ini dapat membantu kalian agar cakram rem kalian menjadi awet dan tahan lama, terima kasih.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
alexamini dan 16 lainnya memberi reputasi
Ane selalu kelupaan cek ktebalan kampas rem emoticon-Hammer (S),
biasanya Ga ngrasa juga klo bantalannya habis,
Makasih inponya Gan emoticon-Big Grin
Nambahin aja.,
Sil Master rem jgn lupa.,
Stlh lama kepake bs jd keras/sobek/berkerak.,
Efek.,tuas rem jd keras/nyeplos/blong..
Mumpung di bongkar/servis bagian Master rem.,saran aja deh mending skalian di ganti.,
Tiap mnggu sllu sya cek gan.sexan cuci mtornya.krna rem sngat vital.kl smpai rsak,ftal akibatnya.
kalo ane rajin rajin bersihin cakram aja gans..
setahun sekali ganti minyak rem..
ok trims tipsnya.. ane langsung bawa ke bengkel aja biasanya suruh cek2 semua haha
nice info.. ane sendiri kaga terlalu paham seluk beluk motor, jd ane lebih pasrahin aja ke bengkel tiap servis rutin..
Nice info gan. Ane udah 3 tahun kgk ganti oli cakram, cuma rutin ganti kanpas cakramnya doang emoticon-Mewek
nmbh sedikit saran gan..klo bersihin piston dlm keadaan msih nmpel pda kaliper jngn sekali" semprot pke wd 40 atau sjnisnya..krna itu bsa bkin seal caliper/ oring rusak..akibatnya rem ngeblong fatal deeh..

pengalaman pribadi ni gan..emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di