CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Itu Metode Pulse Echo Pada Non Destructive Test?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb50b9f28c99171da06befd/apa-itu-metode-pulse-echo-pada-non-destructive-test

Apa Itu Metode Pulse Echo Pada Non Destructive Test?


Hai Teman Teman…. emoticon-Ultahemoticon-Ultah
Selamat Datang Di Thread Testindo…….

Pada saat melakukan pengukuran pada sebuah beton, ada beberapa jenis pengukuran yang digunakan, bebera[a diantara pengukuran tersebut adalah dengan tidak merusak si beton, pengukuran itu dinamakan dengan Non Destructive Test (NDT) pengukuran tersebut dilakukan dengan menggunakan sinyal ultrasonic yang mana sinyal tersebut akan dipantulkan pada bahan yang sedang diukur.
Apa Itu Metode Pulse Echo Pada Non Destructive Test?

Ultrasonic Pulse Echo, merupakan salah satu metode yang terdapat pada NDT, metode puse echo ini merupakan sebuah teknik untuk menemukan sebuah kecacatan pada sebuah bahan. Prinsip kerja pada alat adalah dengan memancarkan gelombang ultrasonic yang dihasilkan sebelumnya, kemudian jika terdapat kecacatan pada barang akan ditampilkan pada layar yang sudah disediakan.

Alat ini akan menampilkan hasil dari pengukuran dalam bentuk 3D atau 3 Dimensi, dalam penggunaan fitur ini dapat membantu si pengguna dapat menemukan lokasi pasti dari kerusakan alat . cara kerja nya juga sederhana, alat ini akan memancarkan gelombang ultrasonic ke dalam barang dan kemudian memantulkan sinyal tersebut kembali ke alat. Dari pantulan sinyal tersebutlah alat akan melakukan pengukurannya dan menampilkan hasil dalam bentuk 3 Dimensi.

Kira kira hasilnya akan terlihat seperti ini
Apa Itu Metode Pulse Echo Pada Non Destructive Test?

Serta pengukuran dengan alat ini juga dapat memungkinkan si pengguna untuk mengetahui ketebalan dari si barang, serta alat ini juga dapat mengetahui benda benda yang terdapat di dalam beton, seperti tulangan baja, pipa bahkan kerekan dan honeycomb.

Transduser

Transduser atau yang biasa disebut dengan probe merupakan sebuah pemancar dan penerima gelombang ultrasonic. Dengan menggunakan efek piezo elektrik, energi dari tegangan listrik tersebut akan diubah menjadi gelombang ultrasonic. Penerima sinyal akan menggunakan efek piezo elektrik untuk melakukan perubahan pada gelombang ultrasonic dan mengubahnya menjadi sinyak listrik.

Pemancar dan penerima sinyal dapat berupa 2 probe terpisah ataupun berupa 1 buah probe. Tapi pada umumnya satu probe yang digunakan dapat melakukan pengiriman serta penerimaan pada sinyal. Dan jika probe hanya memiliki satu kristal yang berfungsi sebagai pemancar serta penerima, maka sudah dipasikan itu adalah probe kristal tunggal.

Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan di dalam penulisan thread saya, jika ada kritik dan saran silahkan tulis di komentar, saya akan menerima kritik dan saran dalam bentuk apapun.

emoticon-Salam Kenal

Sumber : Testingindonesia.co.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
morning.boi dan 4 lainnya memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di