CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menaker Izinkan Tunda THR, Pengusaha Bisa Apa Kalau Buruh Menolak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb503d1facb955f41437f75/menaker-izinkan-tunda-thr-pengusaha-bisa-apa-kalau-buruh-menolak

Menaker Izinkan Tunda THR, Pengusaha Bisa Apa Kalau Buruh Menolak?

Menaker Izinkan Tunda THR, Pengusaha Bisa Apa Kalau Buruh Menolak?
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengizinkan perusahaan yang kesulitan membayar THR untuk mencicil atau menundanya. Namun buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak keputusan tersebut.

Kebijakan mengenai THR itu berdasarkan surat edaran (SE) Menaker Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, jika buruh menolak pembayaran THR dicicil atau ditunda, mau tidak mau harus diselesaikan melalui pengadilan hubungan industrial. Sebab SE tersebut bukan hukum yang mengikat, hanya berupa imbauan.

"Permasalahannya kan kalau memang tidak mencapai titik temu terus bagaimana? Jadi kalau nggak sampai titik temu kan tetap harus mengikuti aturan sesuai dengan hubungan industrial kan," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (8/5/2020).

Jadi SE tersebut tidak berarti bersifat mutlak. Ketika buruh menolak THR ditunda atau dicicil maka harus mengikuti aturan yang berlaku.

"Kalau buruh menolak berarti harus tetap ikuti aturan kan melalui pengadilan hubungan industrial. kan ada PP/UU-nya. Jadi paling nggak kalau nggak bisa sepakat tetap harus melalui jalur hukumnya," jelasnya.

Namun dia berharap buruh bisa bersikap rasional, begitu pula pihaknya sebagai pengusaha. Menurutnya saat ini memang banyak perusahaan yang kesulitan membayar THR secara normal. Hal itu, lanjut dia, bisa dilihat dari banyaknya pekerja yang dirumahkan imbas merebaknya virus Corona.

"Jadi memang kalau kita lihat banyak perusahaan yang masih menemui kendala. Jadi kalau kita lihat perusahaan-perusahaan yang sudah merumahkan (karyawan) itu biasanya cash flow-nya sudah bermasalah kan. Jadi dengan sendirinya mereka pasti menemui masalah juga untuk pembayaran THR ini," tambahnya.

Berdasarkan SE THR, Menaker meminta Gubernur memastikan seluruh perusahaan membayar THR sesuai aturan ketenagakerjaan yang berlaku. Apabila perusahaan menyatakan sulit membayar THR maka harus ada proses dialog antara pihak pengusaha dan para pekerja, dilandasi rasa kekeluargaan dan informasi yang utuh tentang kondisi keuangan terkini.

"Proses dialog tersebut dilakukan secara kekeluargaan, dilandasi laporan keuangan internal perusahaan yang transparan dan itikad baik untuk mencapai kesepakatan," tutur Menaker dalam SE tersebut.

Menurut Ida, berdasarkan dialog tersebut, pengusaha dan para pekerja dapat menyepakati beberapa hal. Pertama, bila perusahaan tidak dapat membayar THR secara penuh pada waktu yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku, maka pembayaran THR dapat dilakukan secara bertahap.

Kedua, bila perusahaan tidak mampu membayar sama sekali THR pada waktu yang ditentukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka pembayaran THR dapat ditunda sampai dengan jangka waktu tertentu yang disepakati. Ketiga, soal waktu dan tata cara pengenaan denda keterlambatan pembayaran THR keagamaan.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 12 lainnya memberi reputasi
Solusi dari negara hanya himbauan saja!

emoticon-Wakaka

Pantes semakin terpuruk ekonominya!
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
udah di acc opung blm nih
emoticon-cystg emoticon-Gotta catch 'em all! emoticon-Toast emoticon-Hot News
buruh bisa apa kalau pengusaha ga mau bayar? emoticon-Wakaka:
mau dibakar/dijarah pabriknya? ya monggo emoticon-Wkwkwk:

mangkanye jangan bikin pabrik di indonesia, sono ke vietnam. disini udah liburnya banyak, kepotong waktu ibadah dan istirahatnya lama bener. kaga kelar2 kerjaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


super sekali ibu. emoticon-shakehand
kuncinya di Permenaker No.6/2016.
Buruh harus hati hati, udah susah usaha ngk usah banyak gaya. Bentar lagi pada nganggur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
spt gw blg, pemerintah kalo ga tegas bs jd blunder dibawah pdhl, krn abu2 gini banyak pengusaha yg picik memanfaatkan kondisi sebagai dalih ga bayar thr

mungkin ada yg bnr2 terpuruk, gw yakin karyawan pasti maklum, tp kl yang gak dan cuma akal2an aja gmn?

krn thr ini rutin tiap thn, rata2 pengusaha sdh antisipasi risk dan cost 3-6 bulan kedepan, kecuali yg td itu niatnya ngakalin buruhnya

sorry to say tp tmn2 gw yg pengusaha, ada jg yg "nakal" spt itu, dan kl ada yg cerita gw cm ketawain aja, mindsetnya mrk minta kompensasi pemerintah di pajak dll, kl ga dpt ya yg ditumbalin buruhny dl

emoticon-Cool
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gak apa apa, siapa menanam angin dia akan menuai badai

amerika sudah hampir 40 juta pengangguran
jepang sudah mulai PHK massal

yg mau menghancurkan masa depannya sendiri, silakan
tapi siapkan hati yah kalo ada gelombang phk emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
bener² kebijakan yang berpihak
Kalo perusahaan mau bicara terbuka dengan karyawannya mungkin karyawan juga akan memaklumi karna dalam kondisi seperti ini juga 🙏
kok bisa apa? ya bisa pecat lah. sudahi saja ngempanin parasit kaya gitu. gimana ekonomi mau maju kalo bgini etos kerjanya
profile-picture
bontakkun memberi reputasi
buruh kebanyakan nuntutnya nggak sih?? sudah bersyukur nggak kena phk disaat pandemi corona sepertj ini malah nuntut ini itu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di