CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Transportasi ke Luar Daerah Diizinkan, Pengusaha Bus Malah Kecewa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4e2325cf6c45df94b3e20/transportasi-ke-luar-daerah-diizinkan-pengusaha-bus-malah-kecewa

Transportasi ke Luar Daerah Diizinkan, Pengusaha Bus Malah Kecewa

Transportasi ke Luar Daerah Diizinkan, Pengusaha Bus Malah Kecewa
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya

Jakarta - Seluruh transportasi angkutan penumpang telah diperbolehkan kembali untuk beroperasi ke luar daerah. Meski tetap melarang mudik, pemerintah membuka kesempatan perjalanan tertentu ke luar daerah.

Namun di lapangan, peraturan ini justru membuat kecewa operator transportasi, salah satunya perusahaan otobus (PO). Mereka menilai pemerintah terlalu mementingkan pebisnis daripada menekan penyebaran virus Corona.

Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mempertanyakan kebijakan pemerintah yang dinilai tarik-ulur. Menurutnya, kalau memang mau menekan virus Corona lebih baik transportasi ditutup saja.

"Pemerintah ini mau lihat sisi mana sih? Kalau mau lihat kemaslahatan bangsa ditutup aja sama sekali. Kalau ekonomi ini kan trigerred-nya karena Lion Air kemarin kalau menurut saya," kata pria yang akrab disapa Sani kepada detikcom, Kamis (7/5/2020).

"Nampak sekali pemerintah terlalu mendukung pebisnis, kami kecewa," tegasnya.

Sani juga bicara soal alasan pemerintah membuka lagi transportasi salah satunya untuk memperlancar arus logistik. Menurutnya, daripada membuka akses penumpang, kalau tujuannya memperlancar logistik lebih baik berikan relaksasi angkutan darat pengangkut orang mengangkut barang.

"Kan kalau pebisnis ini kan bisa by phone, by Zoom segala macam. Kalau memang alasannya logistik, kenapa nggak keluarkan aja aturan alih fungsikan angkutan orang ke barang buat kita," kata Sani.

Sani mengatakan di tengah kondisi seperti ini pemerintah menutup semua akses transportasi demi menekan penyebaran virus Corona. Pihaknya pun akan mendukung, asalkan pemerintah juga mau membantu pengusaha bus, setidaknya berikan BLT dan bantuan relaksasi pinjaman.

"Lebih baik pemerintah itu tegas saja untuk setop semua. Kami nggak masalah asal konsekuensinya dipenuhi, kami juga dibantu, BLT dan soal relaksasi perusahaan pembiayaan," jelas Sani.

Sementara itu, hingga hari ini dia mengatakan para PO sudah mulai beroperasi meski cuma sebagian kecil. Dia mengatakan pihaknya belum menjalankan armada secara penuh karena aturannya belum jelas.

"Kami hari ini seluruh PO sudah beroperasi, tapi sebagian kecil. Masih kita tahan dulu," kata Sani.

Namun, apabila dua hari ke depan tidak ada aturan khusus yang mengatur transportasi maka pihaknya beroperasi hanya berlandaskan pernyataan Menteri Perhubungan.

"Tapi kita pegang omongan pak Menteri boleh operasi, kalau sehari dua hari nggak ada aturan teknisnya buat kita ya kita beroperasi penuh seperti biasa. Mau dibilang melanggar silakan, berjemaah kita melanggar," ujar Sani.

Lalu, sebetulnya siapa saja yang boleh berpergian di tengah adanya larangan mudik?

Mengutip Surat Edaran yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 no 4 Tahun 2020, mereka yang boleh berpergian adalah masyarakat yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan percepatan penanganan Corona hingga pelayanan fungsi ekonomi penting.

Kemudian, ada juga perjalanan pasien yang butuh pelayanan kesehatan darurat ke luar daerah, ataupun perjalanan keluarganya. Lalu yang terakhir adalah para warga negara Indonesia yang baru saja dipulangkan dari negara rantau, baik untuk bekerja maupun belajar.

Berikut ini daftar lengkap pihak yang masih diperbolehkan pergi ke luar kota:

a. Perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan:
1. Pelayanan percepatan penanganan COVID-19
2. Pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum
3. Pelayanan kesehatan
4. Pelayanan kebutuhan dasar
5. Pelayanan pendukung layanan dasar
6. Pelayanan fungsi ekonomi penting.

b. Perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya (orang tua, suami/istri, anak, saudara kandung) sakit keras atau meninggal.

c. Repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Warga Negara Indonesia, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke darah asal, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 17 lainnya memberi reputasi
Yah emang kenyataannnya begito..ini jelas2 ketidak berdayaan presiden di ketek para oknum oportunis
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan chisaa memberi reputasi
jan plin plan emoticon-Mad
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
malah lebih tegas dr pemerintah emoticon-Big Grin
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Woii presiden ud suruh damai ama COVID, beliau sudah mengangkat bendera putih, jadi sekarang every man for himself, selamatkan diri kalian masing masing, kalau ada yang tertular corona, lu tularin aja ke BuzzeRp, biar alam yang menyeleksi mereka
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.. apa bila pohonnya mempunyai kebijakan yg ga jelas.. maka buahnya pun sama.. mempunyai kebijakan yg tidak jelas
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
liat dulu dong watimpresnya siapa
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
berani nyebut merk njir, minta digaplok ama bos lion ni orang emoticon-Ngakak
baidowi kagak mungkin pemerintah ga tau kalo aturan karet gini ini bakal banyak yang curi2 mudik dengan kata lain sebenernya ngebolehin mudik cuma pura2 bloon ajah
mecah konsentrasi massa yang kelaperan setelah lebaran daripada rusuh di ibukota, tinggal gimana aja tanggung jawab masing2 pemda buat nanganin wabah sama kebijakan ekonomi di daerahnya masing2

opini lho ya, masih negara demokrasi kan? emoticon-Coolemoticon-Traveller
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Bus diizinkan beroperasi lintas propinsi tetapi nggak boleh bawa penumpang mudik.. emoticon-Ngakak (S)

Jadi busnya diizinkan melaju kosongan gitu melewati antar propinsi.. emoticon-Ngakak (S)

Ngapaaiiin busnya jalan kalau gitu.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan ATR42 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Owh maksudnya pemerintah plin plan ga jelasemoticon-Big Grin
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
plin-plan ga jelas, buzzerp laknat mana nih pembelaannya....???




emoticon-Cape d...
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
klo ditanya petugas mo kemana?
jawab = bikin TR bus buat di aplot di yusup
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Belum ada penampakan seekorpun BuzzeRp di trit ini, sepertinya duid operasional masi ditunggak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
plin plan banget nih aturannyaemoticon-Cendol Gan
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
membingungkan memang
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Buzzer RP laknat pada tengkureb.. pura pura ga liat berita
Pemerintah menurut ane juga salah gan mengeluarkan kebijakan seperti itu, ntar yang pengen mudik/pulkam juga protes akhirnya 🙏
Dikira bisnya bahan bakare angin kali. Suruh wara wiri antar kota. Tpgak boleh bawa pemudik.. Emang orang naik bis pas akhir puasa buat apa. Jualan kurma?? Bener2 . Apakah ini pencitraan lagi setelah di kritik karna mengijinkan 500 tka chija masuk smentara warga sendiri gak boleh.. Ra mudeng karo jalan pikirane
Maksud pemerintah baik, itu agar sopir bisa bisa menghafal kembali jalan tujuannya.. Ibarat main game, ada turorial perjalanannya dulu..

Kalau sudah hafal kembali jalan tujuannya, baru di PSBB lagi di terapkan


Wkwkwkwk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di