CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Mengenal Penyakit Sindrom Jantung Kiri Hipoplastik Pada Bayi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4dd80c8393a6bf23167bb/mengenal-penyakit-sindrom-jantung-kiri-hipoplastik-pada-bayi

Mengenal Penyakit Sindrom Jantung Kiri Hipoplastik Pada Bayi



Mengenal Penyakit Sindrom Jantung Kiri Hipoplastik Pada Bayi


Mengenal Penyakit Sindrom Jantung Kiri Hipoplastik Pada Bayi.

°
°
°

Beberapa tahun, saya berkunjung ke sebuah rumah sakit di kota. Ketika menunggu membeli obat terdengar percakapan dua orang ibu di samping saya. Salah satu ibu bertubuh gemuk menceritakan jika ia tengah berduka karena bayi dari sepupunya meninggal karena penyakit. Si ibu itu lalu mengatakan kalau si bayi tersebut sedang bergelut dengan penyakit 'Sindrom Jantung Kiri Hipoplastik ' yang menyerang bayi. Dari percakapan dua ibu itulah, saya mencari lebih tahu tentang penyakit mematikan nomer dua di dunia yang sangat jarang terjadi.

Sindrom Jantung Kiri Hipoplastik adalah ketika sisi kiri jantung tidak sepenuhnya berkembang. Ini adalah cacat lahir yang jarang terjadi dan serius karena hanya ada 1 ruang pompa di jantung.

Mengenal Penyakit Sindrom Jantung Kiri Hipoplastik Pada Bayi

Pada jantung yang sehat cara kerjanya berbeda dengan sindrom ini. Cara kerja jantung sehat umumnya :

- Darah rendah oksigen ( biru )berasal dari organ dan jaringan tubuh ke atrium kanan jantung, lalu mengalir ke ventrikel kanan, yang memompanya ke paru-paru.

- Darah ( merah ) yang kaya oksigen berasal dari paru-paru ke atrium kiri. Kemudian katup mitral terbuka, memungkinkam darah mengalir dari atrium kiri ke ventrikel kiri. Selanjutnya katup aorta terbuka dan ventrikel kiri memompa darah melalui aorta dan keluar ke organ dan jaringan tubuh.

Jika bayi yang memiliki sindrom ini memiliki :

- Katup mitral berukuran kecil atau hilang.

- Ventrikel kiri sangat kecil dan tidak dapat memompa secara efektif.

- Katup Aorta kecil atau benar-benar tertutup.

Karena ventrikel kiri tidak dapat memompa cukup darah ke tubuh, maka ventrikel kanan harus melakukan semua pekerjaan. Resiko lain untuk bayi yang memiliki sindrom ini dapat menyebabkan gagal jantung atau meninggal. Sekitar 1 dari 4.000 bayi menderita penyakit ini.

Gejala umum yang ditimbulkan saat bayi baru lahir adalah :

- Kulit kebiru-biruan, bibir atau bantalan kuku ( sianosis ) atau kulit pucat.

- Menjadi lebih lelah dari biasanya ( gejala pada anak-anak )

- Kesulitan makan ( gejala pada anak-anak )

- Tidak mau menyusu pada bayi

- Bernapas cepat atau paru-parunya bekerja lebih keras untuk bernapas.

- Lengan dan kaki dingin.

- Denyut nadi lemah.

- Pada bayi baru lahir yang sehat warna kebiruan muncul. Jika bayi kedinginan dan terlihat pada tangan, kaki dan wajahnya.

Ada beberapa hal diagnosis pada bayi yang baru lahir yaitu melakukan :

- Elektrokardiografi

- Ekokardiografi

- Sinar X dada

- Kateterisasi jantung

- Oksimetri Nadi

Nah ... itu yang saya ketahui dari penyakit bayi yang berbahaya. Saya berharap sepupu dari ibu tersebut sekarang memiliki anak lagi.

Jika Agan penasaran silakan cari di Google mengenai penyakit ini. Ada juga penjelasannya memakai bahasa inggris.

=Selesai=

Surabaya, 08 Mei 2020

Yuk ... GanSis beri cendol, komen dan share. Terima kasih telah berkunjung.


Source

Source




profile-picture
profile-picture
profile-picture
eddiesangadjie dan 131 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
berharap tidak ada bayi-bayi yang memiliki penyakit seperti ya. Kasihan masih bayi harus mengalami penyakit ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
kalo bayi di ekg sama echo kaya apa yaaa? ane jd penasaran.. tp nice ni infonyaaa, tengkyuuuu gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Good info sist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
@monicamey
sepengetahuanku di sekolah saat belajar Fisika
ke 5 Diagnosis itu sangat bahaya
khususnya penyinaran sinar X
bakalan nambah penyakit tuhh
apalagi buat bayiii

kesian bangettt 🥺🥺🥺
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aurora.. dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Iqiramadan21
Lihat 5 balasan
Kalau bayi, gue nggak tegaan! emoticon-Turut Berduka

Moga nggak ada lagi bayi yg kena penyakit di atas!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aurora.. dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
ini termasuk penyakit langka yg terjadi pd bayi ya, perbandingannya aja 1:4000 dari sekian bayi tuh. klo bayi sakit gt suka gak tegaan, gak bisa ngeluh soalnya bisanya nangis doang. jangan sampe ada kasus kek begini lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 5 lainnya memberi reputasi
nicee info
thank you gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 4 lainnya memberi reputasi
info yang bagus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 4 lainnya memberi reputasi
Kasian ya gan emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 3 lainnya memberi reputasi
jangan USG kandungan lah saat hamil, kasian janinnyaemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Lihat 3 balasan
waahhh.. judulnya agak beratt tapi penting buat kitaa tahu hal hal semacam ini nih .. buat para calon ibu atau yang para single.. hahahah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
ngeri bre. Orang dewasa bisa kena juga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anakjahanam721
Lihat 1 balasan
Jangan sampai lah penyakit kek ginj
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
good info gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
kasian adek bayi kalau harus sakit berat. gak tega ane lihatnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
kasian kalo masih bayi udah kena penyakit kays gini.. kemungkinan bisa selamat kecil bgt.. daya tahan tubuhnya jg masih lemah.. apalagi smua organnya baru masa berkembang.. kasian sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Sedikit ane koreksi ya gan emoticon-Malu (S)
Ini namanya bukan penyakit, tapi kelainan.. kelainan dan penyakit itu beda, penyakit akan diobati, kalau kelainan akan diperbaiki agar ideal, begitu kata dokter

Tapi intinya sama sih, sama-sama ditangani dokter emoticon-Hammer2
Beberapa bulan lalu ane bolak balik RS liat bayi temen yang kelainan jantung, duuuh ngilu liat bayi-bayi di ICU yang sekecil itu sudah pakai segala alat bantu organ, tubuhnya dibedah-bedah karena kelainan emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cewieClown dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di