CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menlu: 3 ABK Indonesia Dilarung atas Persetujuan Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4cb8ce83c722477235903/menlu-3-abk-indonesia-dilarung-atas-persetujuan-keluarga

Menlu: 3 ABK Indonesia Dilarung atas Persetujuan Keluarga

Menlu: 3 ABK Indonesia Dilarung atas Persetujuan Keluarga
st]Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan kronologi tiga jenazah anak buah kapal atau ABK Indonesia, yang bekerja di kapal ikan Cina, dilarung di laut. Peristiwa ini viral di media sosial.
Retno menjelaskan, tiga ABK tersebut merupakan awak kapal pencari ikan Long Xin 629. Pertama, ABK berinisial AR sakit pada 26 Maret 2020. Lantas, yang bersangkutan dipindahkan ke kapal Tian Yu 8 untuk dibawa berobat ke pelabuhan. Belum sampai di pelabuhan, kondisi AR kritis dan meninggal. Jenazah AR dilarung di laut pada 31 Maret 2020.
“Dari informasi yang diperoleh KBRI, pihak kapal telah memberitahu keluarga dan mendapat surat persetujuan pelarungan di laut. Keluarga sepakat menerima kompensasi kematian dari kapal Tian Yu 8,” ujar Retno dalam konferensi pers via online, Kamis, 7 Mei 2020.
Adapun dua awak kapal lainnya meninggal saat tengah berlayar di Samudera Pasifik pada Desember 2019. Jenazah mereka juga dilarung di laut karena kematiannya disebabkan penyakit menular.

https://nasional.tempo.co/read/13398.../full&view=ok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dirumah.saja
Halaman 1 dari 4
pertanda sudah ada persetujuan dari keluarga korban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hmmm .... gitu toh. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
media korsel itu seakan2 adu domba,panas2in ..

korsel itu kan antek amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
hidup dari hasil laut, matinya dilarung ke laut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Anda jangan bohong!

pasti pihak keluarga diancam, jangan main main
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Dengan bilang persetujuan keluarga, masyarakat mau digiring opininya..

oh iya, ngapain ribut keluarganya aja setuju..
padahal yg terjadi tidak demikian!

dan Indonesia tidak ada beban lagi dgn china

jangan pikir masyarakat bodoh ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
oh pake email apa pos laut apa telegram ? apa burung camar ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Quote:


Yah biasalah rahasia umum emoticon-Leh Uga
Yg jadi masalahnya kan disini eksploitasi manusia. Kita tunggu aja apa kasus ini bakal ilang gitu aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Udh biasa mati di tengah laut bakal dikubur di laut, emangnya mau diapain lagi itu jenazah? Dimasukin ke es bareng ikan2?

Yg harus jd perhatian yaitu penyebab kematiannya dan isu kerja paksa dengan gaji minimnya, itu yg harus jadi poin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh p.star7
Lihat 17 balasan
semoga keluarganya beneran dapet kompensasi...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Saya akan menyediakan beberapa skenario alternatif untuk membuka pikiran.

Bila abk ini ternyata mati dengan gejala korona, apakah pihak korea akan mengijinkan mereka masuk daerahnya? Apakah keputusan melarung demi melindungi awak kapal lain masih dianggap salah?

Bila makanan abk cina dan indo ternyata dipisah untuk menghormati agama dan kepercayaan abk indo apakah masih salah?

Pop quiz 1: mana yang lebih murni, desalinated sea water, atau air mineral botolan?

Pop quiz 2: apabila anda orang indonesia naik kapal berbendera cina berlabuh di korea, maka undang2 ketenaga kerjaan yang wajib diikuti adalah versi negara mana.

Apabila ternyata jam kerja dan gaji abk sudah sesuai dengan uu cina, dan sudah tertulis di kontrak yang ditandatangani dengan sadar, apakah salah?


Intinya adalah saya tidak membela pihak cina, tapi saya mau menunjukkan bahwa masih banyak informasi kosong yang kita tidak ketahui dari kasus ini.
Biasakan untuk mencari tahu informasi sebanyak mungkin sebelum membuat keputusan. Jangan kaya netizen indo, tau cuma dikit2, bacotnya paling gede sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
smell so fishy.. yg klarifikasi menlu, bukan dr pihak keluarga...

eksploitasi tidak dibahas..

logika, yg mati bukan 1, tp 3 orang sekaligus..

usianya muda2...

apa ga curiga ada semacam perbudakan ini?

ampun gw... bangsa kita tempe betul lawan RRT ya...

gak malu sama Taiwan, Vietnam, Malaysia..

najis banget ya tuhan... pemimpin2 kita ini.. kok bisa jadi pemegang kebijakan ya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh drainama
Lihat 11 balasan
tanyain dong keluarganya tuh duit dah masuk rekening belom?
kalo perlu kirim ss duit masuknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gimana cara ngasih tau ke keluarganya, terus persetujuannya pakai apa surat atau ucapan dan pasti nggak itu kalau yg di telpon benar keluarganya di Indonesia, bingung, kayaknya akan di selesaikan secara kekeluargaan, tau sendiri di sini rasa benci terhadap china besar apalagi ditambah berita macam gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
bullshit, paling disuruh tutup mulut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 5 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:


Pihak keluarga sudah dapat uang damai..... emoticon-Malu (S)
Ane kira mereka rasional,
wong cilik mau nglawan perusahaan negara lain ya susah.


Ane coba jawab ya...

Itu korea mau nerima yang sakit meskipun ada gejala pneumonia,
yang kemudian meninggal. ABK lain di karantina dulu tuh. Jadi meskipun ada dugaan covid pun tetap diterima.

Larung gak salah, apalagi ada indikasi penyakit menular,
sebetulnya aturannya gak ada untuk minta izin keluarga,
yang ada adalah memberitahukan pihak keluarga.


Lebih murni desalinated water,
tapi lebih sehat air mineral. Karena tubuh gak hanya butuh H2O tapi butuh mineral juga.

UU ketenagakerjaan tetep ikut Cina,
tapi UU Cina tetep kudu mengacu ke aturan internasional ILO yang mana ABK ada batasan jam kerjanya. Meskipun gak disebutin dikontrak ya tetep harus diikuti.



Ya tentu banyak informasi yang hanya bersumber dari 1 pihak saja,
misalkan jam kerja kan baru dari pihak ABK WNI saja,
pihak kapal belum ada klarifikasi.



emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kenapa gak tanya keluarganya disini ?

Kenapa gak tanya para abk yg masih hidup?

Kenapa gak koordinasi dgn korea ?

Dan kenapa gak investigasi penyebab kematiannya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


buktikan

apa yg dituduh disuruh buktikan

muslim cyber army cabang kota mana ente ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Kenapa ane sangsi ya sama pernyataan si ibuk ini. Secara ya, dari gaji abk aja cuma segitu, dan perlakuan jelas dibedakan. Apa iya keluarga bakal dapet santunan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di