CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pertumbuhan Penduduk Papua Tertinggi di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4cb3c4601cf3a7744ba72/pertumbuhan-penduduk-papua-tertinggi-di-indonesia

Pertumbuhan Penduduk Papua Tertinggi di Indonesia

Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) di Provinsi Papua dalam sepuluh tahun terakhir (2000-2010) rata-rata sebesar 5,55 persen per tahun atau merupakan angka tertinggi di Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Djarot Soetanto di Jayapura, Rabu mengatakan, dalam sepuluh tahun terakhir, LPP Papua memang yang tertinggi di Indonesia bahkan bisa dikatakan tertinggi di dunia.

Pertumbuhan Penduduk Papua Tertinggi di Indonesia

"Padahal LPP secara nasional hanya tercatat 1,49 persen," jelas Djarot Soetanto.

Penyebab pasti meningkat tajamnya LPP Papua belum bisa diungkapkan secara jelas, karena sampai saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan terhadap hasil Sensus Penduduk (SP) 2010.

"Namun bisa dikatakan salah satu indikatornya adalah, semakin banyaknya penduduk luar Papua yang datang di bumi Cenderawasih itu," ujarnya.

Djarot Soetanto menambahkan, Kabupaten di Papua dengan LPP tertinggi adalah Kabupaten Deiyai sebanyak 18.91 persen, kemudian disusul Kabupaten Nduga (14.43 persen).

"Sementara Kabupaten Mamberamo Raya merupakan kabupaten dengan LPP paling lambat di Papua yaitu sebesar 0.02 persen per tahun," terang Djarot Soetanto.

Menyinggung jumlah sementara Penduduk Papua hasil SP 2010, Djarot Soetanto mengatakan, hasil penghitungan Sementara sebesar 2,8 juta jiwa, dengan penduduk Laki-laki sebesar 1.51 juta jiwa dan perempuan 1,34 juta jiwa.

Ia menjelaskan, Kota Jayapura merupakan daerah terpadat penduduknya yaitu 278 jiwa/km2, disusul Kabupaten Biak (58 jiwa/km2), dan daerah yang paling jarang penduduknya adalah Kabupaten Mamberamo Raya dengan kepadatan penduduk 1 jiwa/km2.



Spoiler for spoiler:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 5 lainnya memberi reputasi
hidupkan lagi program kb ..
2 anak lebih dari cukup
strateginya bagus.. datengin orang luar.. biar kalo ada referendum ttp menang.. pusat josss!!!
bukan krn kelahiran bre. tp krn adanya perpindahn dr luar papua..
Diubah oleh zeeinpoenya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di