CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Harga Meroket Menjelang Bitcoin Halving Day, Saat yang Tepat Untuk Beli Bitcoin?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4babca2d1954f1b777a60/harga-meroket-menjelang-bitcoin-halving-day-saat-yang-tepat-untuk-beli-bitcoin

Harga Meroket Menjelang Bitcoin Halving Day, Saat yang Tepat Untuk Beli Bitcoin?

Harga Meroket Menjelang Bitcoin Halving Day, Saat yang Tepat Untuk Beli Bitcoin?

Harga bitcoin menyentuh USD 10.000 pada pagi ini! (Jumat, 8 Mei 2020)

emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow

Bitcoin Halving menjadi topik yang paling hangat diperbincangkan belakangan ini kalau kamu googling kata kunci seperti bitcoin, cryptocurrency, atau blockchain. Sejatinya, momen ini memang sedang dinanti oleh para pemain di industri blockchain dan crypto, baik itu para pelaku bisnis, investor, trader, dan penggemar teknologi blockchain. 

Lantas, sebenarnya bitcoin halving itu apa sih? Apa dampak bitcoin halving terhadap nilai aset dan permintaan pasar? Dan dimana kamu dapat menyaksikan fenomena ini?

emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up

Mengenal bitcoin halving day

Halving Day adalah hari dimana imbalan (reward) per blok yang diberikan kepada penambang (miner)akan berkurang menjadi separuhnya. Momen ini terjadi sekali dalam empat tahun atau setiap 210.000 blok.

Mengapa bitcoin halving terjadi?

Sejak awal diciptakan, jumlah bitcoin dibatasi hingga 21 juta bitcoin. Halving akan berdampak pada penurunan pasokan bitcoin di pasar sehingga menyebabkan kelangkaan (scarcity). Jika kita mengasumsikan permintaan tetap atau lebih tinggi dari pasokan baru yang beredar, maka pasar tidak akan mampu mengimbangi permintaan. Akibatnya, fenomena ini diprediksi dapat memicu kenaikan harga bitcoin.

Jika jumlah bitcoin beredar dalam jumlah besar atau persediannya tidak dibatasi, bitcoin akan kehilangan nilai. Sejatinya, halving day adalah protokol yang menjaga nilai bitcoin itu sendiri (ingat hukum permintaan dan penawaran pasar).

Kapan bitcoin halving terjadi?

Bitcoin telah empat kali mengalami periode halving. Ketika bitcoin pertama kali diluncurkan, setiap blok yang berhasil diselasaikan akan diganjar reward 50 BTC. Pada 2012, jumlah itu turun menjadi 25 BTC per blok, dan pada 2016 jumlahnya berkurang menjadi 12,5 BTC per blok. Pada momen halving yang akan datang (yang diprediksi terjadi pada Mei 2020), ketika jaringan mencapai blok 630.000 - jumlah itu akan turun menjadi 6,25 BTC per blok.

Hingga saat ini, sekitar 18,3 juta bitcoin telah dicetak dari total 21 juta yang akan dibuat.

Bagaimana pengaruhnya terhadap harga pasar?

Melihat tren yang terjadi pada kedua halving sebelumnya, pergerakan harga bitcoin diprediksi mengalami kenaikan pada kurun waktu menjelang halving sebelum akhirnya turun drastis ketika halving terjadi, untuk kemudian meroket lebih lanjut pasca halving.

Setelah halving, bitcoin akan semakin langka, karena jumlah yang masuk ke sirkulasi untuk setiap blok yang diselesaikan penambang akan dikurangi setengahnya. Harga bitcoin berpotensi melonjak tajam karena permintaan pasar akan melebihi pasokan yang tersedia.

Selain faktor kelangkaan, atensi masyarakat terhadap blockchain dan bitcoin juga berpengaruh terhadap peningkatan harga.

Ini sejalan dengan banyaknya instansi yang mulai mengeksplorasi teknologi blockchain—seperti bursa kripto, wallet, dApps, dan masih banyak lagi. Demikian juga dengan berbagai komunitas dan asosiasi blockchain yang terus gencar melakukan edukasi dan menyuarakan pentingnya membangun sistem keuangan terbuka untuk menyambut Revolusi Industri 4.0. Apalagi saat ini pemerintah Indonesia telah memberikan dukungan dengan mengeluarkan beberapa regulasi seperti Peraturan BAPPEBTI No. 9 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka, yang bertujuan memberikan perlindungan masyarakat. Hal ini menimbulkan kesadaran dan rasa percaya masyarakat akan teknologi blockchain.

Lantas, apakah ini saat yang tepat untuk investasi bitcoin?

Kenapa tidak? Tentunya penambang akan menjual bitcoin dengan harga lebih tinggi untuk menutupi biaya operasional. Tidak menutup kemungkinan bahwa bitocin dapat menjadi save haven ketika perekonomian global tidak menentu atau ada gejolak geopolitik. Apalagi saat ini kamu bisa mulai membeli bitcoin dan berinvestasi dalam jumlah kecil lewat smartphone di aplikasi Pintu!

Mulai investasi dan dapatkan bitcoin pertamamu dengan sekarang!

profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di