CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Enos Akan Gerakkan Perpustakaan Keliling Hingga Wifi Gratis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4a543f4d6954081047a52/enos-akan-gerakkan-perpustakaan-keliling-hingga-wifi-gratis

Enos Akan Gerakkan Perpustakaan Keliling Hingga Wifi Gratis

OKU Timur – Dalam rangka meningkatkan semangat baca dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), H. Lanosin Hamzah atau yang akrab disapa Enos, kembali menyampaikan komitmennya untuk menggalakkan gerakan literasi di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur). Menurut pria yang bakal maju sebagai calon Bupati di Pilkada OKU Timur ini, penggalakan gerakan literasi merupakan bagian dari upaya menghidupkan minat baca masyarakat, menghilangkan buta huruf, dan menambah wawasan secara luas.

“Gerakan literasi di masyarakat harus digalakkan, apalagi saat ini sudah didukung dengan teknologi yang canggih. Masyarakat harus bisa mengakses informasi dan pengetahuan dengan mudah,” jelas Enos, saat diwawancarai awak media di rumah singgahnya di Desa Pujorahayu, Kecamatan Belitang, Minggu (3/05).
Lebih lanjut, adik kandung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru ini menjelaskan, untuk menghidupkan dan membangkitkan budaya literasi pihaknya akan menggalakkan berbagai program yang bersentuhan langsung dengan masayarakat. Ia pun memaparkan, gerakan Taman Baca Masyarakat (TBM) dan Perpustakaan Keliling (Perpuskel) menjadi bagian dari sarana penggerak budaya literasi. TBM misalnya, harus hidup di setiap dusun. Para tokoh akan didorong untuk membangun dan memiliki taman bacaan yang biasa diakses warga. Di kantor Desa harus ada taman bacaan dan didukung dengan fasilitas wifi gratis serta koleksi buku yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
 

Selain TBM, lanjut Enos, keberadaan Perpustakaan keliling untuk mendekatkan bahan bacaan atau buku kepada masyarakat. Layanan ini harus dilakukan untuk menyasar seluruh wilayah di OKU Timur. Tentu secara bertahap kita harus tersedia armada yang cukup agar sebaran perpuskel merata sampai pelosok.

“Perpuskel dengan fasilitas melekat wifi gratis merupakan bagian dari pelayanan perpustakaan umum yang mengunjungi pembaca dengan menggunakan kendaraan baik ke sekolah hingga pededesaan. Dengan demikian masyarakat lebih mudah untuk belajar dimanapun dan kapanpun dengan failitas yang ada,” tegasnya.


sumber: https://sumsel.indopolitika.com/tumbuhkan-budaya-literasi-enos-akan-gerakkan-tbm-perpustakaan-keliling-hingga-wifi-gratis/ 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 8 lainnya memberi reputasi
Kesempatan kampanye.
Wkwkw
Perpustakaan di kantor desa jadinya bagaimana ? jadi tempat ngudud para tenaga kerja di kantor desa. Indonesia ...Tiap sekolah negri ada perpustakaan. Masalah di kita bukan karna kekurangan taman bacaan, tapi kurangnya literasi alias males membaca.
Budaya membaca itu diajarkan, diwariskan, oleh mentor, guru, ortu, dan lingkungan sekitar anak. Menjadi ironi ketika TS aja ga baca rules BP, bakal calon yg TS dukung juga ngebajak hak literasi dan kebebasan pers dengan bikin blog seolah portal berita independen padahal isinya advertising. Ente beserta bakal calon yg ente dukung munafik itu sudah.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di