CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mentan jamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Jelang Musim Panas Kedua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb47bc37e3a7216402fc37e/mentan-jamin-ketersediaan-pupuk-bersubsidi-jelang-musim-panas-kedua

Mentan jamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Jelang Musim Panas Kedua

Mentan jamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Jelang Musim Panas Kedua

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi menjelang musim tanam kedua atau tanam gadu pada Mei-Juni.

Syahrul mengatakan distribusi pupuk ke petani akan tetap berjalan lancar di tengah pandemi virus corona mengingat pupuk termasuk kategori barang penting sehingga distribusi tidak boleh dihentikan meski sedang ada penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pupuk merupakan barang strategis yang berperan penting dalam menentukan kelancaran pembangunan nasional. Produksi dan distribusi harus terus berjalan," kata Syahrul seperti dikutip dari Antara, Rabu (6/5).

Sesuai Permentan Nomor 10 Tahun 2020, pupuk bersubsidi diperuntukan bagi petani yang telah bergabung dalam kelompok tani yang menyusun e-RDKK.

Karenanya, ia meminta alokasi pupuk bersubsidi harus diawasi agar tepat sasaran dan efisien. Distribusi penyaluran pupuk bersubsidi harus didukung data akurat berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menambahkan penyaluran dan pengawasan dalam penggunaan pupuk subsidi merupakan hal yang penting dalam penyediaan pupuk.

Saat ini, pengaplikasian pupuk bersubsidi cukup beragam, baik untuk budidaya tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan. Tak hanya itu, pupuk subsidi juga dapat digunakan untuk hijauan pakan ternak hingga budidaya ikan.

Sebagai informasi, aturan pendistribusian pupuk bersubsidi diatur oleh Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian secara nasional mulai dari Lini I sampai dengan Lini IV. Kemudian, Peraturan Menteri Pertanian Nomor 47 Tahun 2017 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk bersubsidi.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, per 30 April 2020, jumlah pupuk bersubsidi yang sudah terserap mencapai 3,2 juta ton atau 40,78 persen dari 7,9 juta ton. Realisasi penyaluran pupuk subsidi terbesar di Jawa Timur yaitu sebanyak 674.345 ton. Lalu, Jawa Tengah sebanyak 546.034 ton, dan Jawa Barat 402.597 ton.


profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan sayaanakhilang memberi reputasi
semoga saja


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di