CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Amerika dan Eropa Kelaparan Akibat Virus Corona, Apakah Indonesia Akan Menyusul ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb46608a2d19573bd667510/amerika-dan-eropa-kelaparan-akibat-virus-corona-apakah-indonesia-akan-menyusul

Amerika dan Eropa Kelaparan Akibat Virus Corona, Apakah Indonesia Akan Menyusul ?

   Virus corona membuat hampir setiap pemerintah di berbagai belahan dunia menerapkan sistem Lockdown. Hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan terhadap penyebaran virus corona yang melanda dunia. Namun hal positif ini berimbas pada sektor ekonomi warga masyarakat. Dikutip dari laman Daily Mail, Di Inggris 1,5 juta warga kelaparan karena kehilangan pekerjaan. Mereka mengaku tak memiliki stok yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan.
Food Foundation dan Food, Farmind and Countryside Commission (FFCC) menegaskan bahwa tiga juta warga penduduk,  makan satu kali sehari. Penelitian juga  mengklaim lebih dari satu juta orang mengaku bahwa mereka telah kehilangan semua penghasilan sebagai akibat dari Lockdown.

 

Di Italia, menurut tribunnews.com, Lockdownyang diterapkan selama tiga pekan membuat warga Italia yang kelaparan menjarah pusat perbelanjaan seperti supermarket di kota palermo, dan mereka mengambil barang tanpa membayarnya.

Di Jerman, Menteri keuangan negara, Thomas Schaefer, bunuh diri dekat jalur kereta api pada Sabtu (28/3/2020). Sebagaimana dikutip dari laman sosok.grid.id, Ia bunuh diri lantaran sangat khawatir terhadap dampak keuangan yang ditimbulkan akibat virus corona.

 Amerika dan Eropa Kelaparan Akibat Virus Corona, Apakah Indonesia Akan Menyusul ?

Warga Inggris antri di pusat perbelanjaan

Sumber : Foto EPA

Sementara di Amerika, dikutip dari Channelnewsasia, mengatakan hasil penelitian pada Rabu (6/5/2020).Dilaporkan oleh Brooking Institutions bahwa survei yang dilakukan mendapati 17,4 persen ibu dengan anak di bawah 12 tahun tidak memiliki cukup makanan karena kekurangan uang. Ketua Peniliti Lauren Bauer, mengatakan ,"Anak-anak kecil dilanda krisis pangan pada periode yang belum pernah terjadi di zaman modern ini." Lebih parah lagi, dilaporkan bahwa 30 juta warga telah kehilangan pekerjaan mereka.

 

Hal yang sangat kontras terjadi Brasil. Dikutip dari medcom.id, Presiden Brasil Jair Bolsonaro memutuskan bahwa warganya tetap bekerja dari pada mati karena kelaparan. Ia juga tidak menutup kegiatan olah raga dan pusat hiburan massal.

Jair Bolsonaro menambahkan,”Warga perlu tetap bekerja dari pada mati kelaparan, dan siap menerima resiko bahwa mereka terinfeksi virus corona.”

 Amerika dan Eropa Kelaparan Akibat Virus Corona, Apakah Indonesia Akan Menyusul ?

Gambar Ilustrasi : Pasien Corona di Amerika Serikat

sumber gambar : tribunnews.com

Nah, bagaimana dengan Indonesia. Apakah bangsa ini akan mengalami hal yang sama? Atau bahkan akan lebih buruk dari negara-negara Eropa dan Amerika.

Presiden RI sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Lockdownberarti warganya berdiam diri di dalam rumah dan tidak ada aktivitas apa pun. Apakah Lockdown pantas dijalankan?

 

Pemerintah Italia yang telah menerapkan sistem Lockdownharus menerima kenyataan pahit bahwa 214.000* warga negaranya terinfeksi virus corona dan diserang bala kelaparan.

Negara Inggris yang mengambil langkah Lockdown, mengalami hal yang sama. 201.000* warganya terserang virus corona, jutaan warganya dilanda kelaparan dan kehilangan pekerjaan. Keputusan dan konsekuensi yang serupa terjadi di negara super power Amerika. 1,26* juta jiwa terserang wabah virus corona, lainnya menghadapi krisis pangan dan jutaan orang kehilangan pekerjaan.

 

Belajar dari pengalaman di atas, Presiden kita mengambil keputusan yang berbeda, yaitu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) suatu kondisi dimana ruang bergerak kita dibatasi bukan di dalam rumah, melainkan di dalam suatu wilayah tertentu, mulai dari tingkat kampung, kelurahan, kota, hingga provinsi. Sistem ini masih memberikan sedikit ruang gerak bagi rakyat untuk menjaga pelemahan ekonomi dan ketahanan pangan lokal. Jokowi memerintahkan Dana Desa sebesar 72 trilliun didesain 15-20 persen per Desa untuk pencegahan virus corona dan penyediaan stok bahan makanan. Presiden Jokowi menggelontorkan dana APBN sebesar 405,1 Trilliun Rupiah untuk pencegahan dan penanganan virus covid-19. Sungguh suatu komitmen yang luar biasa dari negara untuk melindungi rakyatnya. 

 

Amerika dan Eropa Kelaparan Akibat Virus Corona, Apakah Indonesia Akan Menyusul ?

Jokowi berpesan seluruh jajaran pemerintah dan lapisan masyarakat berperang melawan virus corona

gambar : CNBC Indonesia

Dilansir dariCNBC Indonesia, Jokowi berpesan kepada Kepala Daerah untuk berperang melawan virus corona mulai dari satgas gugus, sampai tingkat satgas kampung, RT/RW.

Jokowi meminta pemda untuk membantu pasien terinfeksi Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan. Ia juga mengharapkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam peperangan melawan virus corona. Seluruh dunia sedang berperang melawan virus ini, Jokowi berharap Indonesia-lah pemenangnya.

 
*angka kasus corona (update 8/05/2020 akan berubah setiap saat)

 
Oleh: Yohanes kafiar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
r03dy dan 32 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Biarkan bule bule tersebut

Mereka sudah diperingatkan oleh China

Tapi mereka terdiam



China saat ini sudah recovery

Kasus sudah jauh berkurang

Wuhan sudah mulai dibuka kembali

Salut dengan China

Be like China
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 9 lainnya memberi reputasi
Wajar mereka kelaparan krn mereka gak punya nasi kucing dan nasi anjing

Makanya amerika dan cina skrg rebutan nasi kucing di natuna

Indonesia akhirnya menjadi negara adidaya emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cicimilano dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adamyvon
Dan si jering bilang eropa baik baik aja ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ptplplt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kirain dibiayain kebutuhan pokoknya ma pemerintahnya gan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 3 lainnya memberi reputasi
ga usah corona juga bnyk yg kelaparan
profile-picture
profile-picture
Kelabang.Hitam dan aneskafiar memberi reputasi
Mereka dilockdown dan bergantung pada tabungan pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cicimilano dan 2 lainnya memberi reputasi
Mirip krisis ekonomi saat ini, gw perhatiin di kampung sudah mulai marak kasus pencurian. Malam bakal banyak begal nich kalau begini terus, toko" dibatasi waktu bukanya, makin banyak orang lapar di kampung bikin emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Tiap hari bukannya dimari dah banyak yg kelaparan?
Lagian aneh pemerintah sini udah banyak pengangguran malah napi pada dilepasin. Yg non napi aja susah nyeri kerja apalagi yg mantan napi emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi


di euro orang kelaparan dorong2 troli,di indon manggul karung🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GZuron dan 2 lainnya memberi reputasi
saat ini kunci dri smua permasalahan ad d WHO untuk menurunkan fase uji coba vaksin
yg sblm nya 3 fase cukup 2 fase aj biar faksin bsa d produksi
klo nyampe 3 fase bsa thn dpn bru d produksi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biawak.pink dan 3 lainnya memberi reputasi
Katanya sudah menemukan obatnya
Apa itu akal2an mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cicimilano dan 2 lainnya memberi reputasi
Kan tinggal ambil global bond semilyar dollar, nyicil 50 tahun...
Gitu kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 2 lainnya memberi reputasi
Karena lockdown yg terlambat , lockdown harus segera, kalau dilambat2in makin hancur seperti di banyak negara dan Indonesia, di Wuhan saja yg begitu cepat lockdown, ekonomi down juga tapi langsung mereda, apalagi dilambat2in, di Indonesia yg lockdown setengah ini gak bisa lagi lockdown full bisa berantakan, tapi resikonya tinggi kalau sosial distancing dan kesadaran pake masker tidak ada, sosial distancing dan pake masker ini segera ditegakkan hukumnya dan toko segera dibuka pelan2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nohuman
Indonesia mah lumbung pangan.. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
Kita punya sistem sosial yg lebih bagus dari mereka kykny. Masih banyak yg peduli. Mereka paling cuma ngandelin food bank.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskasaurus dan 4 lainnya memberi reputasi
Mau lockdown atau psbb harusnya pemerintah supply makan untuk masyarakatnya,agar tidak mati kelaparan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kelabang.Hitam dan 2 lainnya memberi reputasi
anjir lebay headline nya. kalo DKI wajar takut kelaparan. wilayah lain masih banyak petani. Apalagi baru bulan kemarin panen, kemungkinan kelaparan kecil.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kimp75 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semoga ekonomi Indonesia pada titik aman.
profile-picture
Kelabang.Hitam memberi reputasi
maju kena mundur kena
lockdown atau PSBB, dua dua nya akan menimbulkan kematian luar biasa banyak nya
tapi lockdown yg paling parah
PSBB gak separah lockdown, tapi angka kematian nya tetap fantastis
jadi pilih mana?

peluang rakyat utk selamat lebih besar jika dibiarkan tetap beraktifitas diluar rumah dengan resiko kena covid19, dibandingkan dirumahaja gak bisa cari duit gak bisa makan dan meninggal karena kelaparan. setidaknya tidak semua orang diluar itu akan bergejala covid nya, dengan imun yang bagus, sekalipun kena covid19, mereka akan
tetap segar bugar tidak mati dan tetap bisa menghidupi keluarganya. kebijakan PSBB lockdown whatever lah, itu hanya utk menyenangkan mereka yg emang dasarnya lemah
rentan mati kena covid19 aja. jika alam menghendaki mereka mati, tak ada satupun yg bisa kalian lakukan. alam selalu menang. alam akan selalu menemukan jalannya.

Amerika dan Eropa Kelaparan Akibat Virus Corona, Apakah Indonesia Akan Menyusul ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
neyzlimit dan 4 lainnya memberi reputasi
iyalah....yg tepat psbb saja....kerumunan ga penting yg harus tutup total seperti night club,biskop,hiburan di pantai,demo buruh mayday,konser musik dst...yg penting2 tetap jalan dgn menerapkan wajib masker dan jaga jarak....yg ga pake masker dan jaga jarak pentung2 ngin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kelabang.Hitam dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di