CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Viral! Eksploitasi ABK Indonesia di Kapal Cina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4565f337f930ccb58915c/viral-eksploitasi-abk-indonesia-di-kapal-cina

Viral! Eksploitasi ABK Indonesia di Kapal Cina

Mirisnya perlakuan terhadap ABK Indonesia di Kapal Cina.

Viral! Eksploitasi ABK Indonesia di Kapal Cina

Eksploitasi merupakan perlakuan memanfaatkan seseorang secara tidak layak demi mendapatkan keuntungan.

Tindakan eksploitasi ini terjadi terhadap Anak Buah Kapal berasal dari Indonesia yang bekerja di Kapal ikan Cina, Long Xing 629.

Viral! Eksploitasi ABK Indonesia di Kapal Cina

Ane ga habis pikir gan, Kapal milik Cina bisa melakukan tindak eksploitasi terhadap ABK yang berasal dari Indonesia. Sementara di Indonesia sendiri memberikan perlakuan istimewa terhadap tenaga kerja asing, termasuk tenaga asing yang berasal dari Cina.

Dilansir dari MBC TV di Korea, ABK dari Indonesia bekerja selama 18 jam, selebihnya 6 jam waktu istirahat, termasuk jam makan. Setelah kerja selama 13 bulan, mereka digaji 104.000 won, dalam rupiah hanya 1,7 juta. Artinya hanya dapat seratus ribuan perbulannya.

Mereka hanya diberi minum air laut yang telah difiltrasi, padahal di kapal ada air mineral akan tetapi itu hanya dikhususkan untuk pekerja Cina.

Air yang difiltrasi itu masih asin atau tidak gan? Kalau masih asin, ane yakin setelah makan, hausnya tidak akan hilang walau minum sampai setengah galon. Miris. Ane main di pantai, tidak sengaja minum air laut bisa tersedak padahal cuma dikit. Apalagi kalau cuma itu yang dikonsumsi tiap hari, pastinya bisa pengaruh juga sama kesehatan.

Quote:


Pendapat ane, bisa jadi karena perlakuan yang mereka dapatkan inilah memungkinkan terjadinya penyakit. Minumnya saja itu sudah tidak sehat, sudah sakit, minumnya air asin pula.

Kemudian ada juga yang sampai meninggal dibuang ke laut. Memang sebelumnya ane dengar, sudah SOP di kapal. Jika ada yang meninggal, sementara kondisi kapal masih jauh dari daratan dan tak ada Kapal lain yang bisa dititipkan untuk membawa mayatnya ke darat, mayat tersebut akan dibuang ke laut. Ditakutkan akan menimbulkan penyakit jika lama ikut di Kapal.

Sampai disitu ane berpikir, kerasnya berjuang di Laut. Matinya di Laut, mayatnya dibuang ke Laut juga. Teman-teman awam banyak yang berpendapat bahwa, wajar saja bila pelaut itu memiliki penghasilan yang banyak, toh resikonya pun sangat besar. Rela meninggalkan sanak keluarga dalam waktu yang tidak singkat.

Mungkin itulah salah satu persepsi yang dipercaya pada beberapa kalangan bahwasanya bekerja di Laut bisa mengangkat derajat keluarga dengan gaji yang diperoleh. Sampai rela bersekolah Pelayaran dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Akan tetapi jangan sampai gara-gara berita ini kalian yang bercita-cita menjadi pelaut surut, Gansis. Kejadian ini terjadi perbandingannya hanya satu berbanding sepuluh.

Bisa jadi perusahaan yang merekrut mereka itu tidak resmi. Semestinya kita harus pandai-pandai menelaah suatu lowongan pekerjaan gansis, jangan sampai diiming-iming gaji yang menggiurkan ternyata perusahaannya illegal dan itu hanya memberikan kerugian bagi diri sendiri.


Sumber : Google, Ig & Opri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh irhayuayank
pejwan
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
bagaimana pendapat gansis?

jangan lupa berkomentar dengan bijak 🤗
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
halooo menteri kelautan dan perikanan, menteri tenaga kerja dan menteri luar negeri. ini ayo cepat tolongin rakyatmu
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Diubah oleh chrwiss
Lihat 1 balasan
Mentri lautan yg sekarang kebanyakan rebahan emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bangsaaadddhh!!! Pokoknya yg berbau K-Pop bagsaaatt!! emoticon-Mad (S)
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bangsad emang org cina dsni jd bos malah
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ko mau sih jd ABK kapal Cina dengan gaji kecil
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Lihat 2 balasan
lah udah berapa banyak trit ginian, topik sama?emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kemarin viralnya mayat TKI dibuang kelaut terus sekarang Viral Eksploitasi ABK ini yang bener gimana emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Lihat 2 balasan
Quote:


habis gimana gan mau kerja sama siapa lagi, kapal yaman gak ada kan emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kerja di laut memang penuh resiko gan. kalau sakit tapi masih bisa berdiri tetap akan di paksa untuk bekerja.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan irhayuayank memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sedih banget liat Vidionya. Mereka makan seperti haiwan. Hiks. Dan soal berita ini masih aja pemerintah kita membela. Dah jelas ini disalahkan seluruh negara
Tak sebanding perlakuan yg bangsa mereka terima dari negara sini dengan yg mereka perbuat trhadap TKI
Miris


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di