CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Isu 15 ramadhan,mungkinkah bumi akan menjadi gelap gulita?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb43de488b3cb1f4d43c7e1/isu-15-ramadhanmungkinkah-bumi-akan-menjadi-gelap-gulita

Isu 15 ramadhan,mungkinkah bumi akan menjadi gelap gulita?

Hari hari terakhir ini,muncul berita yang cukup menghebohkan tentang kemungkinan munculnya kabut(dukhan)pada 15 ramadhan tahun ini.
Sementara sebagian menghubungkan dengan kemungkinan asteroid yang menghantam bumi bagaimana perspektif astronomi tentang peluang terjadinya peristiwa semacam itu.
GIF
sumber: Google
ancaman obyek obyek dekat bumi
saat ini ada lebih dari 20.000 asteroid dekat bumi yang dikenal dengan near earth asteroid (NEA) dan lebih dari seratus komet periode pendek yang mengorbit dekat dengan bumi,near earth comet(NEC).
Selain itu,terdapat sejumlah pesawat ruang angkasa yang mengorbit matahari dan meteroid yang berukuran cukup besar yang berada dekat dengan orbit bumi.
Obyek obyek dekat bumi ini,dapat dilacak keberadaan nya sebelum berpotensi mendekati atau menabrak bumi,meskipun demikian,masih banyak obyek yang belum dapat di deteksi terutama yang berukuran kecil,namun tetap memiliki resiko yang besar justru keberadaan mereka tidak dapat di ketahui sebelum mereka mendekati bumi.
Per Januari 2020 tercatat 2.044 obyek dekat bumi (NEOs)di klasifikasikan sebagai obyek yang berpotensi membahayakan bumi (potentially hazardous objects,pho) beberapa syaratnya antara lain mereka memiliki jarak persimpangan orbital minimum dengan bumi kurang dari 0,05 satuan astronomi (atau 19,5 kali jarak bumi-bulan) dan memiliki magnitudo absolut sebesar 22 atau lebih cerah.

Beruntung,98% dari obyek yang berpotensi bahaya tersebut tidak akan berdampak pada bumi setidaknya hingga seratus tahun kedepan.manusia semaki menyadari potensi bahaya dari benda luar angkasa tersebut,tidak dapat di sangkal bahwa dampak hantaman di masa lalu di pandang berperan penting dalam membentuk sejarah geologis dan biologis bumi.
Tetapi dari itu semua hanyalah perhitungan manusia semata yang tiada kesempurnaan karena yang sempurna hanyalah milik Yang Maha Esa,kita sebagai manusia cukup berdoa dan bertawakal.

Wallahi a'lam bissawabb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 8 lainnya memberi reputasi
Semoga gak kejadian apa2 deh. Serem juga baca2 berita soal ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di