CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
AS dan China Bersitegang di LCS, Indonesia Bisa Kena Imbas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb433ae82d4955f4558fe43/as-dan-china-bersitegang-di-lcs-indonesia-bisa-kena-imbas

AS dan China Bersitegang di LCS, Indonesia Bisa Kena Imbas

AS dan China Bersitegang di LCS, Indonesia Bisa Kena Imbas

JAKARTA – Perseteruan antara Amerika Serikat dan Cina kembali terjadi di perairan Laut China Selatan (LCS). Ketegangan ini disinyalir bisa menimbulkan dampak yang signifikan bagi sejumlah negara yang memiliki wilayah di perairan tersebut.

Pengamat Inteliten Stanislaus Riyanta pun mengungkapkan hal yang senada. Ia mengatakan, konfrontasi antara AS dan Cina di LCS bisa berdampak terhadap sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Ia pun menganjurkan agar pemerintah perlu bersikap tegas menghadapi situasi ini. “Ini diperlukan supaya Indonesia tidak masuk ke dalam arena konfrontasi kedua negara tersebut,” ujarnya kepada Mata Indonesia, Rabu 6 Mei 2020.

Selain itu, Indonesia perlu menguatkan kerja sama antar negara-negara ASEAN di sekitar LCS. Ini bertujuan agar ada strategi dan kekuatan yang serius sehingga bisa membendung dampak dari konflik tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, Militer AS mengerahkan pesawat pengebom untuk terbang di perairan sengketa LCS.

Komando Indo Pasifik AS melaporkan dua pesawat B-1B Lancers terbang di atas perairan LCS dan melakukan operasi selama 32 jam.

Selain itu, aksi militer AS dari Angkatan Laut berlayar di dekat pulau-pulau yang diklaim Cina dan bermaksud untuk mencoba memancing reaksi Negeri Tirai Bambu itu. Sebelumnya,Tiongkok mengklaim telah mengusir kapal perang Angkatan Laut AS dari wilayahnya.

https://www.minews.id/news/as-dan-ci...kena-imbas/amp

Anggaran Militer Indonesia: 105 Triliun

Anggaran Militer China: 3.500 Triliun

Anggaran Militer AS: 27.000 Triliun

Indonesia harus memilih Amerika Serikat atau china
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Indo kan bisa buka lapak deket natuna.
Jual gorengan sampe buka tempat spa.
Lu kira yg perang kagak butuh hiburan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bagascaktirp dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan


Quote:


Cerdas gan...
Sekalian buka wisata kuliner disana,

Capek abis perang bisa mlipir nyicipin seblak,..
Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Indonesia kirim aja 7jt onta idiot ke LCS sebagai tameng bom.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jelas Pilih China dong

Ingat, apa yang sudah China lakukan untuk investasi di Indonesia

Balas budi dong

Jangan cuma mau duit China doang

Biarkan mimirika jadi no 1 kasus coronanya, jadi no 1 hutangnya

China kasus coronanya sudah jauh berkurang

Wuhan sudah mulai dibuka kembali

Salut dengan China

Be like China
profile-picture
profile-picture
profile-picture
altara96 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Investor terbesar di Indonesia bukan china, tapi amerika..

diam diam aja nih amerika, ga perlu banyak bacot tapi prestasi nyata emoticon-Big Grin

https://m.liputan6.com/bisnis/read/4116195/kalahkan-china-amerika-serika-penyumbang-investasi-terbesar-di-indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
lagi diatas angin menlen gara" us lagi fokus korona di dalam negerinya. langsung disamperin sama us ke dekat pangkalannya malah mewek bikin propaganda kemana-mana kalo us udah melanggar batas. lha dia aja bikin pangkalan dilahan orang emoticon-Big Grin

yg paling kasihan ya viet sama pilipin kena bully habis sama menlen kemarin makanya langsung di back up sama us. oh dan jangan salah us juga sudah menyiapkan rencana untuk mengatasi hal ini meskipun resource lagi terbatas, niru cara iran emoticon-Big Grin

https://www.reuters.com/article/us-u...-idUSKBN22I1EQ

mungkin TNI AL juga bisa meniru cara us ini buat prepare di laut natuna emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DevilGuardian dan 9 lainnya memberi reputasi
Sebelumnya ada 2 hotspot yang diperkirakan akan terjadi adu kekuatan 2 negara besar ini jika eskalasi meningkat, Selat Taiwan dan Semenanjung Korea. Sekarang nambah 1 lagi di Laut China Selatan.
Jika kedua armada ini bergesekan di Lait China Selatan, menarik ditunggu posisi negara2 Asean. Filipina, Thailand, Vietnam apalagi Singapura jelas memihak AS. Laos dan Myanmar masih abu2. Brunei duduk diam mengamati. Indonesia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Bingung sekarang, condong ke blok kanan atau kiri .. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
USA aja lah

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
TS dan yg coment di thread ini ijo2nya pada berderet kayak rentengan amunisi minimi 😱
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Banyak banget kaskuser disini yang ga paham geopolitik amerika, ga paham sejarah amerika, ga paham betapa kuatnya amerika di percaturan dunia internasional..

banyak disini yg menghina amerika kena corona, paling banyak yg mati...

Iya amerika kena corona, terus apa?

apakah dgn amerika kena korona, lantas amerika menjadi negara idiot? Apakah lantas negara adidaya berganti?

tentu tidak bukan? emoticon-Big Grin

Dengan segala sumber daya alam dan sumber daya manusia, amerika itu ibarat negara diatas negara..

apa yg negara lain tidak mampu, amerika bisa melakukan nya...

dan yg paling penting, amerika mengubah peradaban dan sejarah manusia melalui perang dunia dan perang dingin..

kalian hanya ikut ikutan mencaci amerika, tapi ga paham, betapa hebat dan kuat nya negara ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Jadi dilema klw dagh jadi geneemoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Pegang USA ma Ally
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Mendingan dukung mamarika lah sama sekutunya jepang, taiwan, eropa, aussie, dkk.
Ketimbang cinak anjeng sumber malapetaka, penyakit, dll.
SARS, Flu Burung, bahkan Spanish Flu
Itu semua kan asalnya dari Cinak.

1918 Flu Pandemic That Killed 50 Million Originated in China, Historians Say
https://www.nationalgeographic.com/n...cience-health/

Kerja ama perusahaan Mamarika, contoh seperti chevron.
Enak dapat gaji gede, dikasih rumah dalam kompleks, dihargai.
Kerja ama cinak ya kayak gini hasilnya

Eksploitasi WNI di Kapal China Pembuang Jenazah: Kerja 18 Jam, Minum Air Laut
https://news.detik.com/berita/d-5005...minum-air-laut

Kesaksian Eks ABK di Kapal China: Gaji 'Hilang' dan WNI Tewas
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-dan-wni-tewas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
perang ga ada aturan gan, sekalipun ada aturan ga ada yang perduli.

emoticon-Leh Uga

nunggu siapa yang nembak duluan.

era sekarang perang impactnya seluruh dunia.

abis semua, termasuk yang ga ikutan kena peluru nyasar.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Dunia membutuhkan AS dan China, tidak hanya untuk memastikan kemajuan dan stabilitas, tetapi juga untuk menghadapi tantangan zaman kaitan keamanan bersama seperti perubahan iklim, ancaman nuklir dan terorisme serta narkotika.

AS kan selalu ingin mengatasi kekurangan dan persepsi ketidakadilan dalam peraturan dan praktik perdagangan internasional. AS juga ingin memperjuangkan cita-cita demokrasi yang dijunjung tinggi negara itu.

Sementara itu China juga pengen melestarikan sistem perdagangan multilateral berbasis aturan organisasi perdagangan dunia saat ini dan China juga mengakui bahwa mereka harus melindungi kepentingannya.

Dilihat dari nilai nominalnya, kedua narasi itu tidak selalu bertentangan, setidaknya tidak secara geografis. AS dan China tidak berbagi perbatasan darat atau bersaing untuk sumber daya fisik apa pun sebagai taruhan tinggi.

Baiknya kedua negara tsb menghindari gesekan agar stabilitas global tidak terganggu kedepannya.

Mencari titik temu memang tidak mudah, tapi tetap harus dicoba. Kedua negara harus bisa menyelesaikan ketegangan yang terjadi dengan baik demi generasi yang akan datang, demi nasib dunia, negara, dan semua warga negara di dunia ini pada umumnya.

 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yuwen dan 5 lainnya memberi reputasi
AS dan China Bersitegang di LCS, Indonesia Bisa Kena Imbas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
As dan cina masih rebutan resep nasi kucing emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mengleng ancaman terbesar bagi ASEAN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
pilih usa

kemajuan teknologi dari usa, china cuma jago bikin barang-barang kw temuan dari usa

ane demen film-film horor made in holywood usa, game-game dengan grafis realistis made in usa, lagu-lagu ciptaan musisi usa.

semoga usa segera sembuh dari virus china, demi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia.

katanya usa mau mendaratkan wanita pertama di bulan awal tahun 2020-an, batal dong gegara virus china?

emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di