CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Mengenal Hangbang, Seni Pengobatan Tradisional Korea
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb41aa42637724235035343/mengenal-hangbang-seni-pengobatan-tradisional-korea

Mengenal Hangbang, Seni Pengobatan Tradisional Korea

Mengenal Hangbang, Seni Pengobatan Tradisional Korea
Sumber di sini

Korea Selatan memang sangat terkenal dengan obat-obatan alami. Meskipun telah maju di dunia kedokteroran, Negeri Gingseng ini tak lupa untuk mengembangkan pengobatan tradisional mereka orang yang biasa disebut dengan hanghang atau Korean Oriental Medicine (KOM).

Pengobatan tradisional Korea mendapat pengaruh besar dari Cina namun tetap meliki ciri khas sendiri. Masyarakat Korea ternyata mengembangkan obat-obatan dengan cara mereka sendiri. Ini terlihat dari mitos Dangun dimana ibu Dangun mampu bertahan hidup hanya dengan memakan wormwood dan bawang putih. Kedua bahan itu pun kemudian dipercaya mampu menyembuhkan penyakit. Uniknya, wormwood dan bawang putih ini justru tidak terdapat di ilmu herbologi China.

Hangbang memiliki berbagai cara dalam menunjukkan khasiatnya. Umumnya hangbang dikonsumsi dengan cara diminum. Biasanya obat ini berupa cairan dengan warna yang gelap pekan. Bahan yang digunakan adalah campuran bunga, jamur, dan bahan tanaman lain. Selain diminum, hangbang juga memiliki cara lain seperti akupuntur, moksibusi, aromaterapi dan meditasi.

Mengenal Hangbang, Seni Pengobatan Tradisional Korea
Sumber di sini


Hal lain yang membedakan hangbang dengan pengobatan China adalah teknik khusus yang bersifat khas. Hangbang memiliki beberapa teknik seperti, aturan pengobatan sasang (sasang constitutional medicine), Saam Scupunture, Herbal Acupunture, dan Korean Hand Acupunture. Sampai sekarang, hangbang masih banyak digunakan dipercaya akan khasiatnya.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan hangbang. Saat menggunakan hangbang, Gan/Sis harus memperhatikan kondisi tubuh dan bahan yang digunakan. Penting untuk memahami batasan dan bahan yang sesuai dengan tubuh Gan/Sis.

Saat ini, hangbang masih terus berkembang. Terdapat banyak sekolah-sekolah lanjutan tinggi yang khusus untk mempejari hanbang. Bahkan terdapat 14.100 rumah sakit yang mempraktikkan pengobatan tradisional. Keren banget ya, meskipun terus mengembang teknologi kedokteran moderen, Korea tetap memajukan seni pengobatan tradisonal. Gan/Sis tertarik? 

Sumber: 1,2,3





profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di