CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tolak THR Dicicil, Buruh Gugat Surat Edaran Menaker
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4047810d29553de005447/tolak-thr-dicicil-buruh-gugat-surat-edaran-menaker

Tolak THR Dicicil, Buruh Gugat Surat Edaran Menaker

Tolak THR Dicicil, Buruh Gugat Surat Edaran Menaker
Foto: Agung Pambudhy

Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak surat edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah terkait tunjangan hari raya (THR) keagamaan yang ditujukan kepada para gubernur. Surat itu memuat sejumlah poin, termasuk kelonggaran pembayaran THR berupa menyicil dan menunda dengan catatan adanya dialog kesepakatan antara pengusaha dan pekerja.
KSPI akan menempuh sejumlah cara, termasuk membawa persoalan SE tersebut ke ranah hukum.

Presiden KSPI Said Iqbal menjelaskan, terkait adanya surat ini akan menempuh sejumlah cara. Sebutnya, pertama, pihaknya telah mendirikan posko THR dan darurat PHK. Posko ini untuk mendata perusahaan mana saja yang mencoba menggunakan SE tersebut.

"Untuk mendata perusahaan mana yang mencoba menggunakan SE tersebut. Kalau tidak masuk kategori di atas, sudah diaudit apa belum, kategori perusahaan jenisnya besar atau kecil," katanya kepada detikcom, Kamis (7/5/2020).

Kedua, pihaknya akan menginstruksikan untuk menolak permintaan perusahaan atau manajemen yang menjadikan SE sebagai dasar perhitungan THR.

Ketiga, Said mengatakan akan membawanya ke ranah hukum. Dia menuturkan akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pekan depan.

"Ketiga dalam waktu dekat kita akan PTUN SE tersebut karena SE tersebut tak punya kekuatan hukum. SE ini semacam surat pemberitahuan lah," ujarnya.

"PTUN akan kita lakukan dalam waktu dekat minggu depan kita masukan gugatannya," ujarnya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 17 lainnya memberi reputasi
Masih untung ente kaga kena phk...

Ga ada bersyukurnya sekali nih...

Tar kalo kena phk ente pada minta kerjaan ma si iqbal ya...

Dia butuh banyak karyawan... rumahnya aja kayak istana...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 37sanchi
Lihat 3 balasan
ya abis mau gmn lagi sih, yg penting kan dibayar toh THR dripada enggak sama sekali
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
musim gini jgn mikirin thr full dulu.. dapat tapi d cicil jg udah sukur.. gmn klo gegara maksa terus perusahaan koleps terus buruh nganggur..

hmm..

klo kejadian kyk gitu ya tinggal nyalahin pemerintah lagi.. kenapa ada phk2.. ya kan bang said.. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan xneakerz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gaya amat,

ente beli motor Ninja aja maksa dicicil, buruh. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 37sanchi memberi reputasi
yg hidup dari iuran buruh ma ya gini
bomat buat pengusaha atau buruh lainnya
pokoke iuran mesti lancar
Said goblok, loe mending bikin perusahaan sendiri trus loe rekrut dgn gaya loe dan keinginan loe, buruhnya gak usah rajin, libur dibayar, thr tetep walau masa sulit, gak boleh di phk
Kalo loe bisa kayak gitu baru loe boleh teriak2 jing.. M
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan 2 lainnya memberi reputasi
iqbal ini kerjaannya apa sih? buruh juga?
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Alangkah bodohnya buruh2, bayar iuran buat hidup mevah si said sementara buruh hidup syusah
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan Sleipnir9 memberi reputasi
Yg dpt gaji & thr-an dr pph 21 buruh aja gak di cicil emoticon-Leh Uga
Manusia ga berguna, benalu
ni said presiden serikat buruh berqpa periode ?
ya gugat pasti masa iuran k said iqbal di cicil
Udah udah... Perusahaan bayar aja tuh THRnya full kagak dicicil. Abies itu PHK massal, ganti dgn robot aja. Uang yg keluar utk bayar para buruh itu anggap aja buat buang sial
muke gile gak tahi malu anj*ng ini....noh 2500 buruh Adidas di PHK ...pabrik tutup pindah Jateng yg lebih kondusif
Ga habis pikir aja sama organisasi itu, ane buruh juga.
Tapi ane menilai hal itu sangat gak etis untuk sekarang.
Tempat ane ditunda THRnya dan banyak teman saya yg nerima nerima aja asal jangan di PHK.
Yg penting ada pemasukan bulanan seperti biasanya.
jaman skarang buruh berasa lebih berkuasa ketimbang pemegang saham. pantes lah ekonomi di indo susah maju. investor mana mau diperlakukan sebagai jongos


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di