CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bukan 2 Juta, Kadin Sebut Korban PHK Akibat Corona 15 Juta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb3c699eaab25525d3755a2/bukan-2-juta-kadin-sebut-korban-phk-akibat-corona-15-juta

Bukan 2 Juta, Kadin Sebut Korban PHK Akibat Corona 15 Juta

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bidang UMKM, Suryani Motik menyebut warga yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi corona (Covid-19) bisa mencapai 15 juta jiwa.

Angka itu lebih besar dari jumlah yang sudah dirilis oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sebanyak 2,8 juta per 20 April lalu. Sebab, kata Suryani jumlah itu belum ditambah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang juga ikut terdampak.

"Jadi kalau tadi 2 juta, fakta bisa 15 juta. Itu 2 juta mungkin yang dilaporkan. Apakah UMKM melaporkan, kan tidak," kata Suryani dalam diskusi online via aplikasi Zoom, Jumat (1/5).

Bahkan, Suryani memperkirakan jumlahnya jauh lebih besar, antara 30-40 juta warga korban PHK akibat pandemi ini.
Sebab, kata dia, banyak warga juga terpaksa tak bisa mudik karena dilarang.

"Belum lagi itu dikatakan yang tidak pulang. Di Jakarta mungkin 20 jutaan. Mungkin sudah hampir 30 jutaan tenaga kerja, 40 juta yang sudah menganggur," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa kondisi UMKM saat ini berkebalikan saat krisis moneter pada 1998. Bila pada tahun itu UMKM bisa menjadi tulang punggung geliat ekonomi, saat ini UMKM justru menjadi sektor usaha yang paling terdampak.

Lihat juga: Pekerja di Jabar yang di-PHK dan Dirumahkan Capai 62.848
Terlebih lagi, tak semua UMKM bisa beralih ke online. Untuk usaha kecil, kondisi seketika membuat usaha langsung terkapar. Sementara, untuk kategori menengah, Suryani memperkirakan mereka hanya bakal bertahan tak lebih dari dua bulan.

"Kemudian bisa beralih ke online, tidak semua usaha bisa beralih ke online. Kalau misalnya, makanan masih mungkin bisa. Tapi kalau misalnya restoran siap saji nggak semua juga bisa. Kerajinan sulit juga," katanya.

"Jadi dengan sendirinya hampir semuanya sekarang tutup," tambahnya.

Oleh karena itu menurut dia, saat ini tak bisa mengatakan perusahaan tak bertanggung jawab. Pasalnya, ujar Suryani, jangankan untuk memberi pesangon, untuk para pengusaha sendiri pun juga susah.

"Oleh sebab itu tidak bisa hari ini, kita mengatakan ini pengusaha tidak bertanggung jawab," katanya.


Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan mencatat sekitar 2,08 juta pekerja terkena PHK per 20 April akibat pandemi virus corona. Lebih dari setengahnya berasal dari sektor formal, yakni 1,54 juta orang.

Kemudian sektor informal yang terkena PHK sebanyak 538 ribu pekerja.

"PHK itu langkah pamungkas, langkah terpaksa ketika langkah lain tak mungkin lagi. Tapi kalau masih mungkin meniadakan lembur, mengurangi shift dan jam kerja, merumahkan bergilir dengan separuh gaji, ya dicoba dululah langkah itu," ujar Ida, Rabu (22/4).

Jumlah perusahaan yang melakukan PHK dan merumahkan karyawannya tercatat sebanyak 116,37 ribu perusahaan. Angka itu terdiri dari 84 ribu dari perusahaan di sektor formal dan 31 ribu perusahaan di sektor informal.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...corona-15-juta

15 -40jt dan bakal bertambah..emoticon-Cape deeehh

hal ini sebenarnya tidak akan terjadi kalau pemerintah berani tegas..malu malu mau melaksanakan herd immunity tapi pake kedok PSBB..toh pabrik pabrik tetap buka (dengan setengah pegawai) tapi jalur rantai pasokannya berantakan krn ritel pada tutup,akhirnya ekonomi hancur,nyawa pun ga selamat....dongo..dongo..sdh tau negara ga bakal kuat nalangin perusahaan dan rakyat yg ga kerja,mau sok sok an...ah sdh lah..emoticon-Cape deeehh

lihat swedia telah nyaris sukses herd immunity dimana 26%warganya telah terinfeksi corona,yg mati jg ga byk2 amat..hny 2.800 org tewas sejauh ini dr 10,2 jt penduduk..ekonominya memang turun,tp penganggurannya melonjak cm hampir 2x dibanding indo yg telah melonjak 4-8x(+duit negara yg habis utk stimulus)emoticon-Cape deeehh

meanwhile..

Bukan 2 Juta, Kadin Sebut Korban PHK Akibat Corona 15 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dispenserr
Data ngawur 2 juta itu

Bukan 2 Juta, Kadin Sebut Korban PHK Akibat Corona 15 Juta
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan liee memberi reputasi
Jokowi kaget
Bukan 2 Juta, Kadin Sebut Korban PHK Akibat Corona 15 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ingat... Data milik pemerintah lah yang valid adanya. Di luar itu mah 'ngawur' alias pembohongan publik.

Gitu aja kok repot... emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 4 lainnya memberi reputasi
jangan lamaΒ² Makanya
rakyat bisa kelaparan
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan liee memberi reputasi
Silahkan minta gaji ke said iqbal
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan liee memberi reputasi
Kayanya bukan 15 tapi 150 jt an deh
Wfh kan dianggap phk juga
Wkwkwkkkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
Mau 2 juta atau 15 juta tenang saja ada Program Kartu Pra Kerja emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
Pingin ketawa tapi takut dosa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 3 lainnya memberi reputasi
Gpp.
Anggap anti urbanisasi.

Stlh ini bnyk pulkam / mudik.

Desa jadi kuat lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
di tempat ane udah 75% PHK, sepanjang sejarah off bisa segitu banyak, puluhan tahun sebelumnya ga pernah ada yg namanya off pekerja
cebong bilang PHK itu hoax emoticon-Busa:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan 3 lainnya memberi reputasi
Sebagian minta lockdown, sebagian berharap dari herd immunity.. Mau ambil kebijakan apapun dimata nasbung pemerintah pasti salah.. Komentar TS dah kayak yang paling hebat aja, lucu ngeliat nya... πŸ˜‚πŸ˜‚
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan liee memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Data kok mungkin-mungkin emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
15 juta itu lebih dari 10 persen angkatan kerja.. sedih juga ya, baik pengusaha maupun tenaga kerja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
Dan jumlah yg kelaparan berapa kali lipat dari entu gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyonyo2 dan 4 lainnya memberi reputasi
kata si itu

mintak sana ama corona
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
Quote:


Quote:


Bukan 2 Juta, Kadin Sebut Korban PHK Akibat Corona 15 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


gobloknya buzzerptod semua yang ngritik pemerintah dianggap nasbung kadrun, kan tolol
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane kaget
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
Abis itu di Ralat lagi yak paklek pernyataannya 😎😎😎

profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
kadin yah
Duit masih bisa dicari
Yg mati nanti juga hidup sendiri

emoticon-Wkwkwk


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di