CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Menyembuhkannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb3c0eb4601cf56f25ce798/penyebab-jerawat-di-dahi-dan-cara-menyembuhkannya

Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Menyembuhkannya

Pada umumnya, banyak orang dapat memiliki jerawat ketika kelenjar kecil di bawah permukaan kulit tersumbat. Jerawat sering berkembang di dahi seseorang, meskipun juga dapat berkembang di banyak tempat di tubuh.

Beberapa pemicu umum timbulnya jerawat adalah perubahan hormon, stres, dan kurang menjaga kebersihan kulit. Kondisi ini tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius, tetapi orang mungkin berpikir itu tampak tidak menarik, dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan.
Pada artikel ini, kita akan membahas tentang penyebab jerawat di dahi dan cara menyembuhkannya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasannya.

Penyebab jerawat di dahi
Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara MenyembuhkannyaSumber gambar: Uhskinclinic.co.nz


Jerawat adalah kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan lesi berikut:

-whiteheads
-komedo
-kista
-nodul

Jerawat dapat berkembang di mana saja pada tubuh seseorang, tetapi sangat sering pada wajah, bahu, punggung, dada, dan lengan. Seseorang dapat melihat munculnya jerawat ketika kelenjar kecil tepat di bawah permukaan kulit tersumbat.

Kelenjar ini, dikenal sebagai kelenjar sebaceous, menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Mereka dapat tersumbat oleh terlalu banyak sebum, sel kulit mati, atau bakteri. Ketika ini terjadi, kelenjar bisa meradang, dan jerawat bisa berkembang.

Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan jumlah sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Sebum ini meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat dan jerawat. Beberapa faktor termasuk:

Perubahan hormon: Jerawat sangat umum terjadi pada masa pubertas karena kadar hormon berubah secara signifikan selama periode ini.
Tekanan: Ada hubungan antara stres dan jerawat, tetapi alasannya tidak jelas.
Konsumsi obat: Beberapa jenis obat dapat menyebabkan jerawat sebagai efek samping. Contohnya termasuk steroid, antikonvulsan, barbiturat, atau litium tertentu.
Kebersihan: Tidak mencuci rambut dan wajah secara teratur dapat menyebabkan deposit minyak di dahi dan penyumbatan yang memicu timbulnya jerawat.
Produk rambut: Beberapa produk rambut, seperti gel, minyak, atau wax, terkait dengan jerawat yang dikenal sebagai jerawat pomade.
Iritasi kulit: Menggunakan riasan di dahi atau mengenakan aksesoris seperti topi, dapat mengiritasi dahi dan juga menyebabkan jerawat. Sering menyentuh dahi juga bisa memperparah kulit dan memicu timbulnya jerawat.

Cara merawat dan menyembuhkan jerawat di dahi
Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara MenyembuhkannyaSumber gambar: Medium.com


Perawatan akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan jerawat. Kebanyakan orang dapat mengobati jerawat mereka dengan obat-obatan bebas (OTC).
Berbagai macam gel, sabun, lotion, dan krim tersedia untuk mengobati jerawat. Produk-produk ini biasanya mengandung satu atau lebih bahan aktif berikut:
benzoil peroksida
asam salisilat
retinol
resorsinol

Anda dapat membeli produk perawatan jerawat ini secara online.
Seberapa baik perawatan ini dapat bervariasi antar individu, sehingga percobaan dan kesalahan mungkin diperlukan untuk menentukan apa yang terbaik. Orang dengan kulit sensitif dapat menggunakan krim atau lotion.

Jerawat yang timbul pada seseorang mungkin perlu beberapa minggu untuk sembuh sepenuhnya, sehingga seringkali perlu bersabar dengan perawatan ini. Juga umum bagi beberapa orang untuk mengalami efek samping ringan, seperti iritasi kulit, pada tahap awal perawatan.

Untuk orang dengan jerawat yang lebih parah, resep dari dokter mungkin diperlukan. Seorang spesialis kulit akan dapat menilai gejala seseorang dan menentukan perawatan terbaik. Ini bisa termasuk obat-obatan oral dan gel atau krim yang bisa dioleskan langsung ke dahi mereka.

Pada umumnya, Resep obat untuk jerawat dapat meliputi:

-kortikosteroid
-antimikroba
-antibiotik
-retinoid

Seseorang dengan jerawat harus menghindari jerawat yang muncul karena hal ini meningkatkan risiko jaringan parut dan infeksi. Pengobatan rumahan juga dapat digunakan bersama obat yang Anda dapat dari dokter tersebut. Contoh dari pengobatan rumahan adalah menerapkan kompres hangat ke dahi dua kali sehari, yang dapat membantu menghilangkan sebum berlebih dan meningkatkan pemulihan.

Obat rumahan lain yang bisa dicoba oleh orang dengan jerawat di dahi:

Lidah buaya: Oleskan minyak lidah buaya murni langsung ke dahi.
Tea tree oil: Campurkan beberapa tetes dengan air dan oleskan ke dahi dengan kapas.
Cuka sari apel: Campurkan seperempat cuka sari apel encer dengan air tiga perempat dan oleskan ke dahi dengan kapas.
Jus lemon atau jeruk nipis: Oleskan langsung ke dahi dengan kapas.

Cara mencegah jerawat di dahi
Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara MenyembuhkannyaSumber gambar: Acneaseeu.com


Menjaga kebersihan pribadi adalah cara terbaik bagi seseorang untuk mencegah jerawat di dahi. Sementara beberapa jerawat mungkin tidak dapat dihindari, terutama selama masa pubertas, mencuci wajah secara teratur akan membantu meminimalkan risiko jerawat untuk timbul semakin parah.

Tips pencegahan jerawat lainnya termasuk:

-menghindari pemakaian topi yang terlalu ketat
-menghindari penggunaan produk kulit yang keras di dahi
-menggunakan scrub wajah untuk membersihkan kulit secara mendalam
-menghindari godaan untuk menyentuh, menggaruk, atau memencet jerawat di dahi
-menghapus riasan apa pun sebelum tidur
-mencuci wajah setelah olahraga atau aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat terbentuk di dahi
-cuci tangan Anda secara teratur sepanjang hari
-menghindari paparan sinar matahari dalam waktu yang lama

Sudah lazim bagi orang-orang untuk memiliki jerawat di dahi, terutama ketika seseorang sedang melewati masa pubertas. Stres, kebersihan yang buruk, produk rambut, riasan wajah, dan iritasi kulit semuanya dapat membuat jerawat seseorang bertambah buruk.
Orang-orang dengan jerawat yang lebih ringan seringkali dapat mengobati gejalanya di rumah dengan berbagai macam gel, sabun, lotion, dan krim. Seseorang dengan jerawat yang lebih parah harus berbicara dengan dokter mereka, yang akan dapat meresepkan obat yang lebih kuat dan lebih efektif jika diperlukan.


SUMUR emoticon-Jempol

profile-picture
yuki26 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di