CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dua Bulan Corona, Tingkat Kemiskinan RI Kembali ke Era SBY
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb3bab22525c31eb020a011/dua-bulan-corona-tingkat-kemiskinan-ri-kembali-ke-era-sby

Dua Bulan Corona, Tingkat Kemiskinan RI Kembali ke Era SBY

Jakarta, CNN Indonesia -- Tingkat kemiskinan Indonesia berpotensi kembali ke level 12 persen. Angka ini sama persis dengan kondisi tahun 2011 silam ketika zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pandemi virus corona yang berlangsung sekitar dua bulan membuat tingkat kemiskinan kembali mendaki.

"Covid-19 pada Maret sampai Mei sudah menyebabkan lonjakan angka kemiskinan. Bayangkan Covid-19 hanya beberapa bulan, pencapaian penurunan kemiskinan dari 2011 ke 2020 ini mengalami reverse kembali," ujar Ani, sapaan akrabnya, saat rapat virtual dengan Komisi XI DPR, Rabu (6/5).

Sayangnya, Ani belum bisa mengungkap berapa data peningkatan jumlah penduduk miskin yang sudah berhasil didapat pemerintah. Begitu pula dengan estimasi tingkat kemiskinan ke depan.

Hanya saja merujuk pada pernyataannya, maka tingkat kemiskinan bisa kembali ke kisaran 29 juta sampai 30 juta orang atau sekitar 12 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin pada Maret 2011 sebanyak 30,02 juta orang atau 12,49 persen dari total populasi Indonesia.

Pada September 2011, jumlah penduduk miskin sekitar 29,89 juta orang atau 12,49 persen. Sementara pada Maret 2019, jumlah penduduk miskin sebanyak 25,14 juta orang atau 9,41 persen dari total populasi.

Jumlah penduduk miskin kemudian turun lagi pada September 2019 menjadi 24,79 juta orang atau 9,22 persen dari total populasi. Sedangkan kasus positif virus corona perdana di Tanah Air diumumkan pada Maret 2020.
Bahkan, dengan pandemi corona bukan tidak mungkin semakin memperlebar jurang pendapatan antara si kaya dan si miskin alias gini ratio. Ani melihat pandemi corona sangat memukul 40 persen sampai 50 persen masyarakat berpendapatan paling rendah.

Sementara sekitar 30 persen masyarakat dengan pendapatan tertinggi akan mengalami konsolidasi. "Jadi Covid-19 ini tidak ada diskriminasi, orang kaya, orang miskin, terpelajar, tidak terpelajar, semua kena Covid. Jadi gini ratio mungkin terdampak," ucapnya.

Lebih lanjut, peningkatan jumlah penduduk miskin dan gini ratio terjadi karena masyarakat kehilangan pekerjaan. Mulai dari yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga tak bisa melanjutkan usaha yang sudah dibangun.

"Data Kementerian Ketenagakerjaan, angka pengangguran melonjak 2 juta hanya dalam 1,5 bulan," katanya.

Atas semua bayang-bayang ini, sambung Ani, pemerintah pun mau tidak mau harus memberikan insentif kepada dunia usaha. Tujuannya, agar perusahaan tidak melakukan pemotongan gaji hingga PHK karyawan.

Kebijakan ini, katanya, kerap diambil oleh negara-negara maju, misalnya Amerika Serikat, negara di kawasan Uni Eropa, hingga sesama negara di Asia. Masalahnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak mencukupi.

"Untuk negara yang relatif kaya ini bisa, Singapura misalnya bayar gaji ke perusahaan asal tidak PHK. Tapi kemampuan APBN untuk menanggung semua itu terbatas," tuturnya.

Lihat juga: Orang Miskin Diprediksi Tambah 12,2 Juta Jiwa karena Corona
Pemerintah pun saat ini, sambung Ani, hanya mampu membendung gelombang PHK dengan program Kartu Prakerja. Program ini memungkinkan korban PHK menjadi peserta yang menerima insentif.

Insentif yang disiapkan, yaitu biaya pelatihan sebesar Rp1 juta. Lalu, biaya insentif Rp600 ribu per bulan per peserta selama tiga bulan dan Rp50 ribu per survei untuk tiga kali pengisian, sehingga totalnya Rp3,55 juta per peserta.

Sayangnya, program ini tengah menuai kritik dari banyak pihak karena dianggap tidak cukup mumpuni untuk menyelesaikan masalah tingginya tingkat PHK di tengah pandemi corona. Selain itu, ada unsur kepentingan di pelaksanaan program. (uli/bir)

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...ali-ke-era-sby
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 34 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Saya perihatin...


profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tingkat pengangguran jga bertambah
profile-picture
profile-picture
Kelabang.Hitam dan 37sanchi memberi reputasi
Dimulai dari angka nol

emoticon-Ngacir2
profile-picture
Kelabang.Hitam memberi reputasi
Dua Bulan Corona, Tingkat Kemiskinan RI Kembali ke Era SBY

amerika saja sampai nyari utang karena corona
profile-picture
profile-picture
clyope dan Kelabang.Hitam memberi reputasi
Muter muter intinya defisit kan? Udh nikmati aj
profile-picture
profile-picture
Kelabang.Hitam dan luhutpandjaitan memberi reputasi
intinya negara ini kere
dah gt doank intinya emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan 2 lainnya memberi reputasi
Ah masa?
profile-picture
Kelabang.Hitam memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Negara miskin + corona
Benar benar-benar mematikan, untung aja kaga chaos
emoticon-Traveller
profile-picture
Kelabang.Hitam memberi reputasi
Baru 2 bulan, gimana kalo 2 taon, tingkat kemiskinan di indonesia bisa kembali ke zaman jepang atau zaman VOC. Sedangkan membuat vaksin covid 19 itu butuh waktu yang lama sekali.
profile-picture
profile-picture
alisson.13 dan Kelabang.Hitam memberi reputasi
rejeki udah ada yang ngatur, rejeki nggak mungkin ketuker
kalo emang udah waktunya miskin berarti rejekinya emang segitu

yang nggak percaya auto murtad emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
longneversee dan Kelabang.Hitam memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bukan salah korona,
Garis kemiskinannya yg harus di evaluasi
Cendolin ane gan kalo postingan ini menurut agan benar emoticon-Cendol (S)
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
Ya ampun cukup dua bulan bisa merusak hasil 10 tahun.
profile-picture
Kelabang.Hitam memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


dan gobloknya di kaskus masih banyak yang percaya USA CETAK duit dari THIN AIR...^^^^^

dan yang nanggung INFLASI seDUNIA....dobel^^^^^^^^
profile-picture
profile-picture
longneversee dan alisson.13 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hadeh
Bentar lagi bakal ada respon dari PD yg ga terima SBY disinggung singgung emoticon-Ngacir
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
jokowi kena karma ya ?
dl tukang julid pepo
elah skrg rasain sono 😂😂
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan alisson.13 memberi reputasi
2 periode sia sia
Dua Bulan Corona, Tingkat Kemiskinan RI Kembali ke Era SBY
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan fitriasarina memberi reputasi
Jadi salah esbeye?

Tumben gak salah anies emoticon-Wakaka

Hinak sekali emoticon-DP cuihna
bikin kebijakan semua saling tumpang tindih, presidennya blg dilarang semua mudik begitu menhubnya masuk lagi blg transportasi umum dibolehkan.

ancur sekali koordinasi internal negara skrg, niat bikin chaos lapisan bawah apa gmn ini?
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
hahahhaa klo kata netijen +62 segala usaha semuamya salah...
yg bener apa dong emoticon-Ngakak
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
angka kemiskinan kemaren jd turun karna patokannya gak jelas
kn dah sempat dibuat lelucon

klo sekarang makin parah brarti pendapatannya lebih kecil lg dari yg kemaren
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Kelabang.Hitam dan fitriasarina memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di