CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Erick Jadikan Pandemi Kesempatan Bangun Ketahanan Industri Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb39a90af7e93743c60e83d/erick-jadikan-pandemi-kesempatan-bangun-ketahanan-industri-kesehatan

Erick Jadikan Pandemi Kesempatan Bangun Ketahanan Industri Kesehatan

Erick Jadikan Pandemi Kesempatan Bangun Ketahanan Industri Kesehatan

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memandang, usaha melawan pandemi Corona atau Covid-19 menjadi momentum untuk bangkit dalam menata sejumlah sektor. Terutama dalam menata kapasitas dan kualitas alat kesehatan dalam negeri.

"Adanya pandemi COVID-19 membuat beberapa kegiatan kita menjadi terganggu, namun tanpa disadari hal ini juga menjadi kesempatan bagi kita sebagai bangsa untuk membangun infrastruktur perawatan kesehatan yang lebih baik dan lebih kuat," ujar Menteri Erick saat berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, BUMN telah menyiapkan sejumlah langkah jangka pendek, menengah, dan panjang untuk mengatasi Covid-19. Seperti diketahui wabah ini telah mengganggu aktivitas masyarakat serta kegiatan usaha di seluruh dunia.

Baca Juga:

"Sejumlah langkah yang telah terukur itu adalah untuk mengatasi tantangan maupun hambatan menjadi kesempatan untuk memperkuat pondasi industri kesehatan di Indonesia," katanya.

Menurutnya, pandemi telah menjadi proses pembelajaran seluruh pihak agar mulai berdiri dengan kaki sendiri. Ini agar industri dan alat kesehatan tak lagi bergantung pada negara lain. "Agenda Kementerian BUMN akan bergeser untuk memprioritaskan pengamanan kesehatan nasional dengan mendorong penelitian dan produksi bersama di Indonesia," ujar Erick.

Untuk visi besar itu, Kementerian BUMN telah menyiapkan rencana terdekat dengan membentuk sebuah perusahaan holding farmasi. "Serta mengkonsolidasikan 70 rumah sakit milik negara dan membentuk cluster kesehatan untuk membangun rantai pasokan yang koheren antara perusahaan negara di sektor kesehatan," paparnya.

Dalam jangka menengah, Kementerian BUMN akan terus memfokuskan upaya untuk meningkatkan kapasitas Litbang bangsa untuk vaksin dan produksi obat-obatan. "Sedang untuk jangka panjang, kami bertujuan agar perusahaan farmasi kami menjadi perusahaan global yang secara efektif mempromosikan kesejahteraan semua orang dan memberikan dampak berkelanjutan dalam perawatan kesehatan Indonesia," ujar Erick.

Dengan sejumlah langkah itu, Erick optimistis Indonesia tak hanya akan mampu mengatasi pandemi, namun bisa bangkit menjadi kekuatan baru dalam industri kesehatan di Asia maupun dunia.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/199...tan-1588817135

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Erick Jadikan Pandemi Kesempatan Bangun Ketahanan Industri Kesehatan AP II Layani Penerbangan Penumpang dalam Kriteria Pengecualian

- Erick Jadikan Pandemi Kesempatan Bangun Ketahanan Industri Kesehatan Kemenparekraf - Grab Kolaborasi Siapkan Transportasi Tenaga Medis RS Covid-19

- Erick Jadikan Pandemi Kesempatan Bangun Ketahanan Industri Kesehatan Menteri Erick Paparkan Peran BUMN Dalam Penanganan Wabah Corona

profile-picture
profile-picture
anasabila dan yuki26 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di