CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Fungsi Mikroskop Cahaya Lengkap
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb37cd7eaab2504b16dcd44/fungsi-mikroskop-cahaya-lengkap

Fungsi Mikroskop Cahaya Lengkap

Mikroskop cahaya adalah salah satu jenis mikroskop yang sering digunakan oleh ilmuwan untuk melakukan pengamatan dan perbesaran objek mikroskopik seperti jaringan atau sel pada hewan dan tanaman. Fungsi mikroskop cahaya adalah untuk mendapatkan gambaran secara lebih detail dan besar untuk objek-objek kecil yang tidak dapat terlihat oleh mata manusia secara langsung.

 
Karena ukurannya sangat kecil, objek mikroskopik ini membutuhkan mikroskop cahaya untuk melakukan perbesaran. Mikroskop cahaya salah satu jenis dari mikroskop masih ada jenis mikroskop lain. Seperti Mikroskop Trinokuler, Mikroskop Stereo, serta Mikroskop Digital juga Mikroskop Elektron.
 
Fungsi mikroskop cahaya juga bisa untuk pengajaran di sekolah. Guru atau tenaga pengajar lain bisa menggunakan mikroskop untuk menunjukkan sel-sel kecil hewan dan tanaman di kelas biologi. Dengan begitu, tidak hanya siswa mengetahui detail sel hewan atau tanaman, mereka juga mendapat ilmu tentang bagaimana cara mengaplikasikan mikroskop cahaya. Berikut penjelasan lengkap mengenai fungsi mikroskop cahaya dan cara pengaplikasiannya.
 
Fungsi mikroskop cahaya

Sesuai dengan namanya, mikroskop cahaya adalah salah satu jenis mikroskop yang digunakan untuk melakukan perbesaran pada objek kecil, untuk melihat detail terkecil bagian-bagiannya. Biasanya, objek kecil ini berupa jaringan pada hewan, tanaman, protozoa, virus, bakteri, dan yang lainnya. Berkat mikroskop, objek kecil seperti ini bisa terlihat lebih detail hingga bagian paling mikroskopik yang tidak akan terlihat dengan mata telanjang.
 
Mikroskop cahaya memiliki kemampuan perbesaran hingga seribu kali lipat. Perbesaran paling kecil yang bisa dilakukan oleh mikroskop cahaya adalah empat puluh kali lipat, lalu seratus kali lipat, empat ratus kali lipat, dan paling besar seribu kali lipat. .
 
Cara pengaplikasian mikroskop cahaya

Sebagai objek laboratorium yang digunakan untuk pengamatan, mikroskop cahaya harus diaplikasikan dan digunakan dengan baik dan benar. Anda harus memahami bagaimana cara menggunakan mikroskop cahaya agar pengamatan yang dilakukan berhasil, serta meyakinkan agar mikroskop tidak cepat rusak. Begini cara pengaplikasian mikroskop cahaya yang tepat :

-Pegang mikroskop cahaya pada pegangan dan letakkan pada permukaan yang datar.

-Pastikan Anda meletakkan mikroskop pada ruangan yang kaya cahaya alami seperti matahari, atau cahaya buatan seperti lampu.

-Letakkan gelas preparat di permukaan yang datar.

-Atur perbesaran pada lensa objektif pada titik yang rendah. Pastikan lensa objektif ada di sumbu pengamatan agar sesuai dengan arah masuknya cahaya dan lensa okuler. Anda bisa melakukan pengaturan ini dengan revolver.

-Cari cahaya alami maupun buatan di dalam ruang pengamatan. Kemudian, atur cermin agar fungsi mikroskop cahaya berjalan sempurna seiring dengan jumlah cahaya.

-Buka diafragma dengan menggunakan tuas untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang diterima.

-Atur lensa objektif agar berada cukup jauh dari gelas preparat dengan menggunakan makrometer searah jarum jam.

-Pasang preparat di tempatnya dan jepit dengan penjepit preparat agar tidak bergeser, tepat di bawah lensa objektif. Kemudian naikkan meja preparat mendekat lensa objektif dengan jarak sekitar 0.5 cm dengan menggunakan makrometer atau focus pada stage

-Lihat bayangan objek melalui lensa okuler dengan cara menaikturunkan preparat dengan mikrometer. Kemudian lihat objek preparat dari samping sembari menyesuaikan lensa objektif.

-Pastikan lensa objektif tidak menyentuh preparat karena akan merusak objek pengamatan. Di samping itu, Anda bisa memfokuskan preparat dengan cara memutar mikrometer kea rah yang berlawanan dengan jarum jam. Jika hasil pengamatan belum jelas, maka atur pencahayaan.

-Putar revolver di lensa objektif ke posisi semula setelah Anda selesai melakukan pengamatan.

-Turunkan meja preparat dan naikkan tabung mikroskop. Setelah itu, ambil preparat dan keluarkan dari mikroskop.

 

profile-picture
yuki26 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di