CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Simsalabim!!! Ini Cara Cepat Bikin Tulisan yang Nggak Jelek-jelek Amat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb34e1d365c4f621d7080f1/simsalabim-ini-cara-cepat-bikin-tulisan-yang-nggak-jelek-jelek-amat

Simsalabim!!! Ini Cara Cepat Bikin Tulisan yang Nggak Jelek-jelek Amat

Simsalabim!!! Ini Cara Cepat Bikin Tulisan yang Nggak Jelek-jelek Amat

Menulis itu salah satu hobi yang keren, nggak malu-maluin, bahkan bikin diri kita punya kebanggaan. Apanya yang dibanggakan? Ya, tulisan kita. Apa yang kita lakukan itulah yang membuat kita senang, bangga, dan makin pede setelah selesaiin suatu tulisan. Bener nggak?

Untuk pehobi nulis yang masih cari petunjuk praktis bikin tulisan yang keren, berkualitas, nggak ada salahnya mampir sebentar di sini. Ada trik sulap, simsalabim, yang akan menjamin tulisan kamu dibaca orang tanpa berakhir kecewa atau patah hati. Setidaknya, tulisanmu berkategori “nggak jelek-jelek amat” alias layak baca.
Nih, poin-poinnya, simsalabim!

1. SIM...simpan idemu dan keluarkan di saat yang tepat!
Conteklah cara para pendekar silat dalam mengalahkan musuh-musuhnya: keluarkan jurus ampuh di saat yang tepat! Ciaaaatttt.....!!!! Praktikkan itu di saat menulis, simpan dulu idemu, jangan terburu-buru dituangkan dalam tulisan. Ambil napas, matangkan, pikirkan, susun dalam kerangka karangan yang pas, baru ciaattt...gelontorkan dalam kata demi kata. Dijamin, kamu tidak akan kesulitan menulis. Idemu akan mengalir deras dalam rangkaian kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, dan tulisanmu bisa cepat jadi. Simsalabim!

2. SA...satukan judul dan isi tulisan!
Sebagai pehobi yang tak bisa lepas dari tulisan, ingatlah bahwa pembaca selalu berharap ada kesesuaian antara judul dan isi tulisan. Seiring sejalan, seia sekata, soulmate, satu jiwa. Itulah yang seharusnya terjadi antara judul dan isinya. Jangan hanya ingin yang bombastis, bikin judul gokil, lucu, unik, tapi isi tulisannya nggak nyambung, nggak menarik, dan pada akhirnya, pembaca ngacir.

Satukanlah judul dan isi tulisanmu, bikinlah mereka menjadi dua sahabat karib, tak bisa dipisahkan. Cara ini akan membuat tulisanmu nggak jelek-jelek amat, bahkan bertenaga, memancarkan energi yang bermanfaat untuk pembaca.

3. LA...latihlah terus-menerus kemampuan menulismu
Seorang pesulap yang bisa menghebohkan penontonnya dengan simsalabim abrakadabra, tidak akan melewatkan hari-harinya dengan latihan. Proses latihan itu dilakukannya terus-menerus, kontinu, bahkan terjadwal dengan ketat. Kebiasaan melatih diri dengan baik inilah yang membuat sang pesulap unggul di bidangnya; membuat penontonnya takjub.

Penulis pun demikian. Jika ingin punya kemampuan menulis dengan cepat, teruslah berlatih. Terus-menerus, dengan kedisiplinan, kesabaran, dan kemantapan hati yang luar biasa. Hadapi setiap kesulitan saat menulis dengan latihan demi latihan untuk meningkatkan kemampuan. 

Semakin terbiasa berlatih menulis maka kemampuanmu mengolah kata, mengolah rasa, dan mengolah emosi pembaca semakin mumpuni. Hasilnya, tulisanmu nggak akan jelek-jelek amat, bahkan berkualitas dan layak baca.

4. BIM...bimbinglah dirimu secara bertahap masuk ke arena persaingan 
Tanpa kompetisi, tanpa persaingan, hidup nggak seru! Kamu juga nggak akan nemu yang lucu-lucu saat menulis jika kamu nggak pernah berkompetisi. Yups, segeralah ceburkan dirimu ke arena persaingan di dunia tulis-menulis. Buat tulisan dengan cepat, tepat, terukur, terarah dan terasah dengan baik...lalu kirimkan ke pihak lain untuk dibaca, dinilai, diseleksi. Pihak lain itu bisa penerbit buku, website, blog, media online, atau platform lainnya, yang menyediakan tempat persaingan sehat di dunia kepenulisan.

Rasakan aroma kompetisinya, hayati suka dukanya tulisan diterima atau ditolak, nikmati ketika tulisanmu dibaca banyak orang. Sebaliknya, nikmati juga ketika jumlah pembacamu bisa dihitung dengan jari. Semua pengalaman itu akan mempengaruhimu dalam proses menulis, mendewasakanmu dalam setiap keberhasilan maupun kegagalan.

Sekarang, saatnya kamu yang menuliskannya. Simsalabim, #dimulaidarisekarang. Menulislah. Semoga berhasil!



Sumber foto: pixabay.com

profile-picture
yuki26 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di