CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mensos Temukan Kejanggalan Pembagian Bansos Anies di DKI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2f096f4d695787c63331c/mensos-temukan-kejanggalan-pembagian-bansos-anies-di-dki

Mensos Temukan Kejanggalan Pembagian Bansos Anies di DKI

Mensos Temukan Kejanggalan Pembagian Bansos Anies di DKI

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara menemukan kejanggalan pembagian bantuan sosial (bansos) yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama pandemi virus corona (Covid-19).

Menurutnya, pembagian bansos di DKI Jakarta tak sesuai dengan kesepakatan awal antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta. Belum ada komentar atau tanggapan dari Pemprov DKI terkait pernyataan Juliari.

Juliari mengaku telah memeriksa 15 titik penyaluran bansos di DKI Jakarta, dan menemukan bahwa warga penerima bansos Kemensos sama dengan penerima bansos DKI.

"Pada saat Ratas (Rapat Terbatas) terdahulu, kesepakatan awalnya tidak demikian. Gubernur DKI meminta bantuan pemerintah pusat untuk meng-cover bantuan yang tidak bisa di-cover oleh DKI," kata Juliari dalam Rapat Kerja Komisi VIII yang disiarkan langsung akun Youtube DPR RI, Rabu (6/5).

Juliari mengatakan awalnya pemerintah pusat hanya akan menyalurkan bansos kepada warga yang tidak menerima bantuan Pemprov DKI. Jumlahnya sekitar 1,3 juta kepala keluarga.

Akibat kejanggalan itu, Kemensos akhirnya mengambil improvisasi kebijakan. Bansos Kemensos tetap disalurkan kepada penerima yang terdata. Namun, penerima Bansos Kemensos diimbau untuk berbagi kepada tetangga yang belum menerima.

"Apabila saat diantar kepada warga ditanyakan saja, apabila tetangganya ada yang belum menerima bantuan apapun dari manapun, 'Apakah boleh dibagi sedikit?'. Hampir semua warga yang saya tanyakan menyanggupinya," ujarnya.

Juliari juga menyampaikan ada masalah data yang mengakibatkan belum semua warga menerimanya. Per Selasa (5/5), Kemensos baru menyelesaikan penyaluran untuk 955.312 KK. Dia berharap DKI bisa segera merampungkan data penerima bansos.

"Sisa sekitar 300 ribu KK yang menunggu data tambahan dari Gubernur," ucapnya.


Penerima Bansos DKI Bertambah

Penerima bansos pada pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua di DKI Jakarta bakal bertambah. Sebelumnya, pada PSBB tahap pertama, Pemprov DKI hanya memberikan kepada sekitar 1,2 juta warga.

"Untuk tahap kedua itu datanya akan bertambah," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah, Rabu (6/5) usai rapat bersama DPRD DKI Jakarta.

Pemprov DKI sebelumnya menunda sementara pendistribusian bansos tahap kedua bagi warga terdampak PSBB pencegahan virus corona. Penundaan ini berkaca dari kacaunya data penerima pada distribusi bansos tahap pertama.

Irmansyah mengatakan, saat ini pihak Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo) DKI Jakarta bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masih terus melakukan pendataan.

Angka sementara, sebanyak 2 juta warga yang terdampak virus corona ditargetkan menjadi penerima bansos.

"Tapi sekarang lagi dilakukan proses pemadanan data dulu," imbuhnya.

Irmansyah melanjutkan, data-data tersebut akan diverifikasi ulang, dan setelahnya, data tersebut akan menjadi pegangan bagi pihak Kementerian Sosial maupun DKI Jakarta dalam penyaluran bansos.

"Jadi prinsipnya kan mereka (warga) mendapat bantuan terus menerus. Jangan sampai mereka lapar," kata dia.

Irmansyah mengakui jika penyaluran bansos tahap pertama di DKI sempat bermasalah, salah satunya terkait bansos yang salah sasaran. Ia menjelaskan, hal itu dikarenakan Pemprov DKI pada penyaluran bansos tahap pertama menggunakan sejumlah data yang belum terupdate.

Lebih lanjut, Irmansyah mengatakan, pada penyaluran bansos tahap dua ini, kemungkinan besar isi paket dalam bansos akan bertambah. Sebelumnya, pada bansos tahap pertama, bantuan yang diberikan yakni; beras, makanan protein dalam kaleng, makanan olahan dalam kemasan, alat kebersihan dan keamanan.

Menurut dia, bantuan pada tahap dua ini diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI. Bantuan Pemerintah Pusat berupa beras 25 kilogram senilai Rp300 ribu.

Sementara, bantuan dari Pemprov DKI masih dibahas bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ya kemungkinannya seperti itu (isi paket bansos bertambah). Tapi yang pasti enggak akan ada lagi masker," ujarnya.

Sementara, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jhonny Simanjuntak menyebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menaikkan nilai bansos kepada warga yang terdampak virus corona selama PSBB tahap kedua.

Jhonny menyebut, nilai paket bansos yang diberikan pada tahap pertama, Rp149.500 terlalu kecil bagi masyarakat Jakarta.

"Saya katakan, ketika Pemda hanya bisa memberikan segitu saja, menghina orang-orang yang miskin dan terdampak," kata Jhonny kepada CNNIndonesia.com, Rabu (6/5).

Nominal paket bantuan untuk warga terdampak virus corona itu diatur dalam Keputusan Gubernur Nomor 386 Tahun 2020 tentang penerimaan bansos selama PSBB. Total bantuan sosial per KK itu senilai Rp149.500 dan sudah termasuk biaya pengiriman dan pengemasan per paket per kepala keluarga.

Jhonny menyarankan agar Pemprov DKI menaikkan total bantuan tersebut. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kata dia, seharusnya sejak awal memahami dampak dari penerapan PSBB.

"Dampak PSBB kan pasti ekonomi, orang miskin muncul, PHK, dan sebagainya, nah itu kan harus dipikirkan," ujar Jhonny.

"Kalau cuma Rp149 ribu diberikan, paketnya satu, sama saja itu penghinaan terhadap orang-orang kecil. Karena APBD DKI Jakarta kan oke punya," lanjut Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta itu

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...s-anies-di-dki

Seperti inikah yang katanya kadrun d bilang top leader dan terbaik dalam penanganan covid ??.. emoticon-Malu (S)

Gubernur rasa presiden.. katanya.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 3
Sedangkan baksos dari Kemensos sendiri amburadul.. emoticon-Big Grin
Ini Kemensos sama seperti meludah ke langit, terpercik ke muka sendiri.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Harus diusut tuntas ini..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lah gmn nih wan abud... Bacotnya enak bener, katanya isinya ada daging...

Tau2 ga ada dananya...

Alesannya biar ga bentrok ama pusat...

Astaga..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 4 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Motret kpk cabang jakarta (balai kota) ditunggu gebrakannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Namun, penerima Bansos Kemensos diimbau untuk berbagi kepada tetangga yang belum menerima.

kalo kadrun mah berbagi virus secara berjamaah ga masalah, tp kalo berbagi bansos.. ntar dulu dah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


lg mabok aibon biarken saja kadrun dlm tempurungnyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Nasbungtod siap2 nyebokin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 3 lainnya memberi reputasi
sama2 amburadul, punya data acakadut.......

profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 01am memberi reputasi
janggalan mana sama yg ini

Mensos Temukan Kejanggalan Pembagian Bansos Anies di DKI
yg ngenes nilai total proyek prakerja ini 20 T, nah duit negara yg bakalan lari ke si belva cs di aplikasi ruangguru dll nya ini bkalan 5,6T...... bayangin gak tuh duit negara segitu banyak cuman buat beli video yg padahal di youtube juga ada gratis emoticon-No Hope
profile-picture
nurulnadlifa memberi reputasi
Diubah oleh laziale.id
Lihat 1 balasan
data Kemensos malah tambah bobrok,benerin dulu sebelum kritik
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 01am memberi reputasi
150 ribu aja nggak nyampe.. Jauh bener sama propinsi tetangga yg wilayahnya lebih gede, penduduk lebih banyak yg kurang mampu dan PADnya kecil, tapi bisa ngasih 3x lipat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ev103
Musim kemarau haris siapkan apa yang akan terjadi di musim banjir nanti.

Semua fokus kopid nanti pas musim banjir tambah runyam
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan nurulnadlifa memberi reputasi
emoticon-Traveller ga Kaget..gabener deka-i emang sekelas Ketua RT..malah lebih baik ketua RT..kalo anies bacot doang kelihatan pinter..realita action nya..M B L E G E D E S !!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Beliau itu kan pilihan tuhan
Ketika diantara 2 pilihan
Satunya 100% tidak
Berarti satunya lagi 100% lagi pasti pilihan tuhan donk...
Diutus utk jd pemimpin di jakarra
Jd pak manies itu utusan tuhan cmn bedanya gk bawa kitab suci Gann...
Gituuu
Nabi sudah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


emoticon-Wakaka Ngebuzzer nya kasih jeda lah !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiketek dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Itu salah jokowi gan
Mensosnya goblok
Wan abud mah ga salah
Kan menurut survey partai sapi dia paling top
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 4 lainnya memberi reputasi
ya pasti ada kejanggalan,.
ngomongnya ada daging sapi/ayam,. pas diterima malah sarden..
ada oknum yg maenin..

BTW ESEMKA gak ada kabarnya?
Prakerja itu maksudnya apa? pelatihan jadi gojek? ngakak

terlalu banyak hoax,plus maruk ngeruk duwitnya..
berita paling sepih se'media...
maklum yg punya media..
profile-picture
nurulnadlifa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mensos Temukan Kejanggalan Pembagian Bansos Anies di DKI


{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 2 lainnya memberi reputasi
trit wan ragunan malah bahas yg lain
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan nurulnadlifa memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di