CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
Perkembangan UMKM di Indonesia di Tahun 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2d37a09b5ca60ab2aa8f3/perkembangan-umkm-di-indonesia-di-tahun-2020

Perkembangan UMKM di Indonesia di Tahun 2020


Perkembangan UMKM di indonesia

 

Perkembangan UMKM di Indonesia di Tahun 2020

Perkembangan UMKM di indonesia sangat pesat. Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. mungkin tidak banyak orang tahu bahwa UKM dan UMKM tahan goncangan krisis ekonomi. kekuatan kelompok usaha ini lah yang harus dipertahankan dan perlunya dalam payung hukum dan undang-undang. 

 

Adanya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ada beberapa kriteria yang dipergunakan untuk mendefinisikan pengertian dan kriteria UMKM.

 


Perbedaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah


 


 Usaha Mikro



Usaha produktif milik perseorangan atau badan usaha perseorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro yang diatur dalam undang-undang.


 


 Usaha Kecil



Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil yang diatur dalam undang-undang.


 


 Usaha Menengah



Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam undang-undang.


 


Keunggulan UMKM


Meski skala bisnis yang ditargetkan oleh UMKM tidak sebesar perusahaan kelas kakap, banyak orang yang nyaman berbisnis dalam level UMKM karena keunggulan yang ditawarkan pada bisnis UMKM dan keunggulan tersebut sulit didapatkan di level bisnis raksasa.


 


Mudah nya berinovasi di dalam menjalankan usaha dan teknologi dapat berubah-ubah disesuaikan kebutuhan sehingga tidak terlalu baku. Sehingga dapat bertumbuh sesuai dengan zamannya dan UMKM tidak memiliki birokrasi. Ruang lingkup yang kecil memudahkan UMKM dalam berkoordinasi dan fleksibel dalam menyesuaikan bisnisnya disesuaikan pasar.


 


Perkembangan UMKM di Indonesia


Peningkaktan UMKM setiap tahunnya hampir 100%. Dari sepuluh tahun lalu 2009 hingga 2016 lebih dari 59.000.000 unit. Bayangkan kenapa presiden RI mengatakan bahwa UMKM dapat menopang perekonomian negara kita, bahkan saat krisis global UMKM tidak mempengaruhinya. Sebagai garda terdepan UMKM memiliki peranan di Indonesia bahkan ASEAN. Penyerapan tenaga kerja cukup besar. Oleh karena itu, kerjasama untuk pengembangan dan ketahanan UMKM perlu diutamakan.


 


Tahun 2015 kredit meningkat 60%-70% menurut data Bank Indonesia, Bank Indonesia telah mengeluarkan ketentuan yang mewajibkan kepada perbankan untuk mengalokasikan kredit/pembiayaan kepada UMKM mulai Tahun 2015 sebesar 5%, 2016 sebesar 10%, 2017 sebesar 15%, dan pada akhir Tahun 2018 sebesar 20%.


 


Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, semua orang harus berlomba-lomba menjalankan UMKM dan meraih peluang bisnis yang ada. Untuk itu, diperlukan pengaturan keuangan bisnis yang baik untuk menunjang keberlangsungannya.


 


Saat ini banyaknya aplikasi dan software yang menunjang bisnis dan usaha anda sehingga memudahkan dalam menjalankan usaha anda. Dari menyediakan laporan keuangan dari awal hingga laporan lain-lain seperti aset, stok, marketing dan lain-lain. Jadi jangan menunggu lama lagi bergabung UKM dan UMKM karena sudah di mudahkan.


 


Follow Medsos kita IG kita.digi 


profile-picture
yuki26 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di