CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BI Tolak Mentah-mentah Usul Cetak Uang Rp 600 T dari DPR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2b729eaab2571aa6c4dd0/bi-tolak-mentah-mentah-usul-cetak-uang-rp-600-t-dari-dpr

BI Tolak Mentah-mentah Usul Cetak Uang Rp 600 T dari DPR

Jakarta - 

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengusulkan Bank Indonesia (BI) dan pemerintah untuk mencetak uang hingga Rp 600 triliun. DPR menyebut langkah cetak uang sebagai cara penyelamatan ekonomi akibat dampak COVID-19 yang terjadi saat ini.

Menanggapi hal tersebut Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan bagaimana cara bank sentral dalam melakukan kebijakan dan operasi moneter.

"Sekarang kita mendengar ada sejumlah pandangan, untuk mengatasi COVID-19 ini BI cetak uang saja. Kemudian dikucurkan ke masyarakat dan tidak usah khawatir inflasi. Ini mohon ya, pandangan-pandangan itu tidak sejalan dengan praktik moneter yang lazim. Mohon maaf nih, supaya masyarakat tidak tambah bingung," kata Perry dalam video conference, Rabu (6/5/2020).

Dia menjelaskan BI tidak akan melakukan pencetakan uang karena bukan praktik kebijakan moneter. "Masyarakat ini sudah diberikan pemahaman dan pandangan BI cetak uang mohon deh, itu bukan praktik kebijakan moneter, juga tidak akan dilakukan oleh BI," jelas dia.

Perry menjelaskan saat ini jenis uang terdiri dari uang kartal dan giral. Uang kartal merupakan uang kertas dan logam yang ada di dompet masyarakat. Sedangkan uang giral uang yang berada di sistem perbankan seperti di dalam rekening giro, deposito, rekening bank dan saat ini juga ada uang elektronik.

Baca juga: AS Mau Nambah Utang Rp 46.000 T, Apa Dampaknya ke RI?

Dalam mengedarkan uang, BI melakukan kegiatan tersebut sesuai dengan Undang-undang mata uang. Mulai dari perencanaan, pencetakan, pemusnahan uang dan selalu dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan.

Selain itu proses tersebut selalu menggunakan tata kelola yang baik dan selalu diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pengedaran selalu dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dan selalu ada dalam sistem keuangan baik penarikan maupun penyetoran.

Misalnya jika masyarakat membutuhkan uang maka dilakukan penarikan dari rekening bank, jika berlebih disetorkan ke bank. Jika bank berlebih maka akan disetor ke BI. Inilah yang disebut proses pengedaran uang.

"Nggak ada pengedaran uang di luar ini. Eh BI cetak uang saja terus kasih ke masyarakat. Ya ora ono kuwi, nggak ada itu. Jadi jangan punya pikiran macam-macam. Jadi mohon lebih baik jangan tambah kebingungan masyarakat. Seperti bilang BI cetak uang saja untuk menangani COVID. Proses pengedaran uang sudah ada," jelas dia.


https://m.detik.com/finance/moneter/...600-t-dari-dpr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 28 lainnya memberi reputasi
Mana nih suara nya pendukung cetak duit?


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
zelalem dan gabener.edan memberi reputasi
jgn sampe seperti negara yg di afrika sana ya
profile-picture
profile-picture
Tucano dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emang cadangan Emas Indonesia ada berapa banyak untuk menjaga dari ancaman inflasi?emoticon-Amazed

Apa keseluruhan e mas-mas dari Pulau Jawa yang bakal dijadiin jaminannya jika jadi cetak uang baru sebanyak 600T Rupiah?emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keympas dan 4 lainnya memberi reputasi
dari sini ketauan kualitas DPR kaya gmn...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bil' dan 3 lainnya memberi reputasi
salah sendiri memilih orang goblok duduk mewakili rakyat yaa hasilnya ngebacot doang tanpa tau resiko kedepannya.

main monopoli aja kalo ente double uangnya kagak bakal seru mainnya apalagi urusan negara yg jelas2 bikin indonesia makin terperosok ekonominya.

bubarkan aja nih orang2 kagak ada guna,bukannya membantu malah bikin masalah bisanyaemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 3 lainnya memberi reputasi
Suram.. Mereka gk mikir inflasi kalau uang dicetak sebanyak itu?
Quote:


DPR itu Pengawas cuk!
Memberi masukan kan tidak salah!

Lagipula DPR ngasih saran gitu juga karena khawatir Mukidi nggak becus ngurus semua ini!

Yg salah pilih yg mana jadinya?
Yg milih DPR ngasih opsi cetak uang lagi atau yg milih Mukidi memimpin tapi nggak becus selama ini?

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
Proloque dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Baguslah di BI masih banyak orang waras yang cerdas. Gak kayak di dpr isinya anak TK semua. Oh, negara kurang uang ya ? Cetak duid dong ah. Buat nambal kekurangan. Selesai kan masalah ? Gampang toh. emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masih.abu.abu dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greengeckoijo1
agh elaaaah gitu koq ya ditanggepin.... diemin aja lahemoticon-Traveller
{thread_title}
kok makin bingung dengan bapak-bapak yang ada di gedung megah sana ya?
congornya tuh org enak bener tinggal bilang cetak uang😆😆
pak BI cetakan ane 5 milyar aja .. dunk.. biar ane idup tentrem di dunia fana ini hehehe
itu dpr yg ngomong ap anak sd klo anak sd sih wajar atau ada udang di balik bakwan .who know lh ya
malu2in aja nih dpr

ilmu ekonomi dasar gtu aja ga ngerti

parah
kalo anak kecil yg ngasih saran gini sih masih di maklum, lha ini emoticon-No Hope
Kurang duit? Cetak lagi aja... Pola pikir yg amat simple dari dhewan yg katanya terhormat.
terbitkan surang utang mending, biar nilai rupiah tak merosot
please bro, 600T itu banyak untuk dicetak sendiri. nanti muncul anomali2 lain2, macem2. tolong... berhati2 memberikan usul
Karrp karrep mu. Lah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di