CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Istana Luruskan Pernyataan Menhub Soal Izinkan Lagi Transportasi Beroperasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2aa5ef4ae2f0551416906/istana-luruskan-pernyataan-menhub-soal-izinkan-lagi-transportasi-beroperasi

Istana Luruskan Pernyataan Menhub Soal Izinkan Lagi Transportasi Beroperasi

Istana Luruskan Pernyataan Menhub Soal Izinkan Lagi Transportasi Beroperasi
Foto: Andhika Dwi

Jakarta - Pihak Istana Kepresidenan meluruskan pernyataan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi soal rencana pemberian izin operasi kembali berbagai transportasi ke luar daerah. Istana menegaskan mudik tetap dilarang.

"Prinsipnya tetap adalah pelarangan mudik dan pembatasan dan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat, pernyataan Menhub itu sebenarnya memuat pengecualian memuat disclaimer yaitu mereka yang boleh melakukan perjalanan itu adalah misalnya petugas kesehatan, pasien yang memerlukan penanganan perawatan di luar kota, ada keluarga yang meninggal dunia, terus petugas kepolisian, TNI yang bertugas. Kalau pun bertugas harus ada surat dari atasan yang mengatakan memang dia ditugaskan ke luar kota, logistik misalnya," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian kepada wartawan, Rabu (6/5/2020).

Donny mengatakan pernyataan Menhub itu harus dibaca berbarengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa ada beberapa pengecualian orang melakukan perjalanan selama masa pandemi.

"Semua tidak boleh mudik kecuali seperti yang disebutkan dalam surat edaran. Jadi pernyataan itu hanya dibaca transportasi diaktifkan kembali lalu persepsinya mudik diperbolehkan, saya mau meluruskan jadi tidak diperbolehkan. Tetap pembatasan, tetap pemberlakuan protokol kesehatan. Jadi yang boleh melakukan perjalanan hanya yang diatur dalam surat edaran ketua Gugus Tugas COVID 19," tutur Donny.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah akan kembali memberikan izin operasi untuk berbagai transportasi untuk mengangkut penumpang ke luar daerah. Hal ini dilakukan setelah larangan operasi transportasi diberlakukan dalam mencegah mudik.

Pernyataan itu disampaikan Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (6/5/2020). Budi mengatakan hal tersebut bukan merupakan pelonggaran tetapi penjabaran dari Permen 25 tahun 2020 soal pengaturan transportasi saat Mudik Lebaran.

"Intinya adalah penjabaran, bukan relaksasi lho ya, artinya dimungkinkan semua moda angkutan, baik udara, kereta api, laut, bus, untuk kembali beroperasi dengan catatan satu harus mentaati protokol kesehatan," kata Budi.

Budi Karya menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan dan BNPB akan menyusun kriteria penumpang yang boleh berpergian keluar daerah di tengah larang mudik. Mulai besok semua transportasi mulai boleh melayani masyarakat berpergian.

"BNPB akan berikan kriterianya, nanti Menkes dan BNPB bisa tentukan dan bisa dilakukan siapa saja yang boleh berpergian. Operasinya mulai 7 Mei, pesawat segala macam dengan penumpang khusus tapi tidak boleh mudik sama sekali," kata Budi Karya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Spt anak tk bikin aturan

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cebok terus pak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan Aparatkaskus memberi reputasi
Istana Luruskan Pernyataan Menhub Soal Izinkan Lagi Transportasi Beroperasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
getthebug dan 4 lainnya memberi reputasi
Tau gak jd bawahan dia palanya puyeng. Gak jelas kudu gimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Istana Luruskan Pernyataan Menhub Soal Izinkan Lagi Transportasi Beroperasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soundtolowyou dan 4 lainnya memberi reputasi
Bentar lagi luhut meluruskan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Yg mulia joko sudah bersabda.. Jadi harus dilaksanaken

Istana Luruskan Pernyataan Menhub Soal Izinkan Lagi Transportasi Beroperasi
profile-picture
dibanned.melulu memberi reputasi
Intinya harus ada surat tugas ya. emoticon-Cool
jalan sendiri2

bubar mending dah
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Ga jelas asyu
emoticon-Cape d...
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
berarti harus adil, pegawe swasta maupun wiraswasta, juga sering keluar kota urusan kerjaan kok

sales, surveyor, IT, HRD, dll. biasa dinas luar kota semua itu

asal bisa nunjukin surat tugas sih, boleh dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kureno23q
Yg pas itu, memhub ngga usah ngomong gitu. Aturan sudah jelas, mayoritas rakyat paham dan aparat pelaksana di lapangan pun mengerti mana2 yg dikecualikan. Lahh ini malah menhub bikin puyeng dan kembali lagi pihak istana terpaksa meluruskan. Baru kemaren meluruskan kapolri. Pemerintahan kebanyakan pilot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
pecat saja mentri ini kl mmg ga berkompeten...
profile-picture
profile-picture
jilme dan alslakraditossh memberi reputasi
Menhub kakean cocot emoticon-Blue Guy Bata (L)

Pengen ngeksis maneh ta mbut??ga kapok kenek corona wingi cuk?? emoticon-Blue Guy Bata (L)
Lama2 bikin pusing aja nih aturannya, bebasin aja lah sekalian Nggak usah malu2
Loss aja lah bray, di marih juga kantor udah pada rame

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan scorpiolama memberi reputasi
Dan terjadi lagi, kisah lama yg terulang kembali 🎵
profile-picture
riezazura memberi reputasi
meskipun gw paham yg die omongin, tapi gak lah ya untuk saat ini buat gw
indonesia kayaknya satu2nya negara yg punyak banyak presiden


suka2 kalian lah ngurus negara ini
profile-picture
profile-picture
riezazura dan jilme memberi reputasi
Quote:


Quote:




napa menterinya yg disalahkan???


ATASAN nya sapa???


napa selalu kagak pernah liat siapa atasannya klo menteri2 buat aturan sendiri???



Quote:


jd maksud ente, istana kerjaannya cuman sekedar tukang meluruskan ??

mana tuh yg namanya leadership??
napa kagak pernah nyalahin boss nya?? selalu menyalahkan anakbuahnya??
Diubah oleh tukangbecak1
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di