CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Bongkar Alasan Pemerintah Alihkan Kartu Prakerja Jadi Semi Bansos
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb29d2d5cf6c4481934c0b2/sri-mulyani-bongkar-alasan-pemerintah-alihkan-kartu-prakerja-jadi-semi-bansos

Sri Mulyani Bongkar Alasan Pemerintah Alihkan Kartu Prakerja Jadi Semi Bansos

Sri Mulyani Bongkar Alasan Pemerintah Alihkan Kartu Prakerja Jadi Semi Bansos

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan alasan pemerintah tetap menjalankan program Kartu Prakerja di tengah pandemi Virus Corona. Hal tersebut pada awalnya didesain untuk menggangkat kualitas angkatan kerja Indonesia namun kemudian berubah jadi semibansos seperti saat ini.

"Kartu prakerja awal desain dengan janji Presiden untuk meningkatkan skill kompetensi dari pekerja, terutama pekerja yang belum dapat pekerjaan sama sekali. Itu situasi normal. Tapi sesudah Covid, pada Maret, diputuskan bahwa kartu prakerja jadi semi bansos," ujarnya, Jakarta, Rabu (6/5).

Pelaksanaan Kartu Prakerja memang berbeda dengan desain semula yang dirancang oleh pemerintah. Namun semangat yang terus digalakkan tidak berubah yaitu bisa mendapatkan tambahan kemampuan melalui online.

BACA JUGA

Peserta Kartu Prakerja Tak Dijamin Langsung dapat KerjaEkonom: Kartu Prakerja Harusnya Jadi Program Bansos, Bukan PelatihanSri Mulyani Pastikan Tak Ubah Dana Pelatihan Kartu Prakerja Jadi Bansos

"Desainnya memang alami perubahan tapi tetap dipertahankan semangat awal yakni berikan kesempatan bagi tenaga kerja untuk bisa mendapatkan tambahan skill melalui online dan offline. Jadi yang sekarang diluncurkan memang yang sifatnya online karena sesuai situasi PSBB," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, stimulus 150 Triliun untuk pemulihan ekonomi terus digelontorkan agar perusahaan dan UMKM tidak mati dan PHK puluhan juta pekerja sektor formal dan informal. Seiring dengan meluasnya dampak Virus Corona pemerintah menambah jumlah penerima manfaat dan juga anggaran yang akan digunakan untuk membiayai pelatihan agar skill SDM Indonesia meningkat sehingga dilirik investasi asing menanamkan modalnya mendirikan pabrik dan ribuan lapangan kerja yang berkelas dan gaji yang meningkat.

"Dengan seiring antisipasi naiknya PHK akibat Covid dan pekerja dirumahkan, serta penurunan pendapatan dari pekerja, maka untuk Kartu Prakerja jadi semibansos dinaikkan anggarannya dari Rp 10 triliun ke Rp 20 triliun. Coveragenya dari 2 juta ke 5,6 juta," tandasnya.

Minggu lalu Presiden Jokowi dalam rapat terbatas (Jokowi) memaparkan data yang dia miliki. Dia menyebut sudah ada 375 ribu pekerja formal yang sudah di-PHK.

"Informasi saya terima ada sekitar 1 juta lebih pekerja informal yang telah dirumahkan dan 375 ribu pekerja formal yang PHK. Sedangkan untuk pekerja informal diperkirakan sekitar 315 ribu yang terdampak," ujarnya saat membuka rapat terbatas, Kamis (30/4/2020).

Oleh karena itu, untuk mencegah meluasnya PHK Jokowi meminta para menterinya untuk memastikan program stimulus ekonomi diimplementasikan dengan baik. Sehingga pelaku usaha benar-benar bisa menerima manfaatnya. Tapi dia menekankan bahwa stimulus hanya diberikan untuk pelaku usaha yang tidak melakukan PHK.

"Saya ingatkan juga agar berbagai paket stimulus ekonomi diberikan kepada perusahaan yang punya komitmen tidak melakukan PHK," tegasnya.

Untuk pekerja informal agar diberikan skema bantuan yang meringankan seperti insentif pajak, relaksasi pembayaran BPJS dan keringanan membayar cicilan kredit. Jokowi mencatat jumlah pekerja informal mencapai 56 juta orang.

"Pekerja informal saya minta ini masuk jaring pengaman sosial. Data yg saya terima ada 126,5 juta jiwa pekerja di sini dan ada 70,5 juta yg kerja di sektor informal. Bagi pekerja informal yg masuk kategori miskin dan rentan miskin pastikan dapat bantuan sosial," tegasnya.

Diketahui sebanyak Rp 405,1 triliun dialokasikan pemerintah pusat untuk belanja bidang kesehatan Rp 75 triliun, social safety net Rp 110 triliun, dukungan industri Rp 70 triliun, dan program pemulihan ekonomi Rp150 triliun.

Stimulus perpajakan pun telah disiapkan Menteri Keuangan. Total anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp 64,1 triliun. Uang tersebut digunakan untuk perluasan sektor stimulus jilid II berupa insentif pajak penghasilan (PPh) Pasal 25 atau PPh Badan Masa, PPh Pasal 21, PPh 22 Impor, percepatan restitusi pajak pertambahan nilai (PPN).

Baca juga: Jokowi ke Pengusaha: Jangan Cuma Mau Stimulus tapi Tetap PHK!


Reporter: Anggun P. Situmorang


Liputan6
https://www.google.com/amp/s/m.liput...di-semi-bansos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 16 lainnya memberi reputasi
hmm intinya NGELES, saat pandemi janji kampanye harus jalan terus ya ga bu.

oke oke aku paham.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
duitnya kalo dibagi²kan ke rakyat terdampak berguna banget

ini sebenarnya mau nolong org kerja atau memperkaya pengusaha online ???

hati² dgn duit rakyat
profile-picture
profile-picture
atamlee dan jamkecil memberi reputasi
Diubah oleh daroi
Jadi kartu prakerja dikasi tunai berupa uang ya??emoticon-Bingung

Lebih berguna dikasi tunai sih drpd untuk beli tutorial pideo..emoticon-Traveller
profile-picture
daroi memberi reputasi
Diubah oleh uratkumbang
Lihat 2 balasan
udah tahu ada pandemik, kenapa ngga ditunda aja
Ga usah malu malu pake blt jaman beye aja, tapi jangan di rename emoticon-Ngacir
yang untung bukan rakyat tp yang itu ntu... hahaha
Paket2 teratas yg di beli pakai uang negara per hati ini

Sri Mulyani Bongkar Alasan Pemerintah Alihkan Kartu Prakerja Jadi Semi Bansos
yg ngenes nilai total proyek prakerja ini 20 T, nah duit negara yg bakalan lari ke si belva cs di aplikasi ruangguru dll nya ini bkalan 5,6T...... bayangin gak tuh duit negara segitu banyak cuman buat beli video yg padahal di youtube juga ada gratis emoticon-No Hope
Lihat 3 balasan
percuma bayar pajak, pada saat pandemik, bukan nolongi rakyat, malah hambur2in uang. pra kerja jelas gagal total.
intinya sama kayak program rumah tanpa DP gubernur anies, demi janji kampanye tetap maksain untuk jalan meski gak sesuai dengan tujuan awal
coba survei peserta yg ikut program prakerja pasti hasilnya incar bantuan dana 600ribu/bulannya.
Quote:

Nah.. Ngaku juga akihirnya emoticon-Malu
Mereka menyadari ada yang salah (tidak sesuai ekspektasi), lantas sekarang dirubah jadi Semi Bansos emoticon-Ngakak
Entah Semi Bansos ini pun bakal jadi opsi yang tepat atau tidak? Kalo tidak tepat, mikir lagi... ngeles lagi... Mau dirubah jadi apalagi? emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka

Inilah salah satu Blunder Pemerintah, entah kelupaan atau ada alasan lain? Semestinya sich Pemerintah jelasin secara detail apa itu Program Kartu Prakerja?

Dan kalo ada yang bilang : Pemerintah Tak Jamin Peserta Kartu Pra Kerja Dapat Pekerjaan, menurut ane benar.
Kalo Agan dan Sista ngga percya, coba buka Situs Kartu Prakerja, di sana tertulis : Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya

Solusi Kartu PraKerja :
Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
Menjadi komplemen dari pendidikan formal
Membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19
.

Cermati dan pahami kalimat tersebut emoticon-cystg
Kata yang selalu tertulis adalah : Pelatihan... Pelatihan... Pelatihan dan Pelatihan...

Jadi memang benar, kalo Program Kartu PraKerja ini (Kalo menurut ane) merupakan Program Pemerintah untuk peningkatan kompetensi/kemampuan bagi para pencari kerja dan bukan Program Pemerintah yang mendatangkan lapangan pekerjaan.

So... Belum tentu setelah kalian bergabung di Program ini lantas akan mendapatkan Pekerjaan...

Pertanyaan nya adalah Gimana mau menerapkan hasil pelatihan, Wong Lapangan Pekerjaan nya saja tidak disediakan Pemerintah. emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
jilme dan bobseptian92 memberi reputasi
mestinya dari awal langsung kasi BLT aja paling benar, tiap kepala keluarga dijatahin. Pada sok2an mau teknologi, startup, dll sih, pk latihan2 online segala, mungkin ada yang bisikin nih pas awal2 makanya Pak Presiden jadi bikin blunder lagi.. mala skrg stafsus milenialnya pun ud resign, elah elah..
blom terlambat perbaiki blunder ini . sebaiknya hentikan pelatihan online . fokus untuk bansos selama pandemi .
duh, klo pemain sepak bola sering blunder gk dipake lg dah tuh emoticon-Leh Uga
nice inpoh gan....
duit segitu, kenapa gak buat ngajarin bercocok tanam & beternak aja. lahan bisa tumpang sari punya perhutani atau PTP.
Selain antisipasi krisis pangan, jg melatih kemandirian & harga diri yg tidak menggantungkan nasib pada orang lain.
Udahlah, sosialisme amerika latin itu pembodohan. Tirulah sosialisme nordik
habis dah duit negara untuk beli video tutorial.
dikadalin ama milenial...
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di