CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Just Share "Pengalaman Pinjol" Pilih LUNAS atau LEPAS ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb26a71337f937def757fe1/just-share-quotpengalaman-pinjolquot--pilih-lunas-atau-lepas

Just Share "Pengalaman Pinjol" Pilih LUNAS atau LEPAS ?

Hi hi hi Gaes.. para kaskuser yang Baik hati, budiman dan Rajin Menabung emoticon-Angkat Beer
di thread ini ane mau menyimak, menerima dan saling share dengan topik PINJOL atau yang lebih hits PINJAMAN ONLINE.

Kenapa ane bikin thread ini, karena ane banyak baca di thread sebelah yang :maaf: kelilit hutang.
di era Milenial seperti sekarang ini ada beberapa macam tipe kelilit hutang seperti (Hutang PINJOL, Hutang Credit Card, and Hutang Banke - Bank keliling/Renternir)

kalo ane pribadi, ane juga pernah menggunakan Pinjol, alasannya ya pasti karena BU alias BUTUH UANG A.K.A Kepepet,

ada beberapa PINJOL yang penah ane coba yaitu :

1.  "Tu*aiku" kalo dulu namanya "Am*r Bank" minjam 5 JT dengan tenor 6 bln, menurut ane masih worth it lah yaa, karena ada pilihan cicilan sd 12 bulan.

2. "KTA Ak*lak*" Minjam mulai dari 500rb sd 2JT, tenor 14 hari and 28 hari, kalo yang ini minjam uang semudah menghembuskan nafas, gak perlu pake telp buat verifikasi langsung uang di trf ke rekening kita, so easy.. Tapi inget yaa gaes..semua itu berbunga. apalagi kalo sudah telat, sehari bisa di telp berkali kali.

 P.S kalo yang ini ane gak sarankan ya Gaes! 

3.  Ind*da*a yang ini menurut ane bener-bener lintah darat, Minjam 2JT tenor 3 bln, cicilan per bulan jadi 1jt lebih.

4. "Do*tor Ru*iah" ini sih asli ngeselin, ane minjam 1JT, tenor 30 hari, bunga 40% lebih, yang bikin kezel, ane sudah bayar lunas sebelum jatuh tempo, tapi sampai 6 bulan kemudian masih ada orang yang nelp ke kantor ane, dengan alasan ane belum melakukan pembayaran, sampai tiap hari ane email ke customer care kirim bukti bayar and minta dibuatin surat pernyataan lunas, sampai akhirnya mereka reply email ane yang isinya begini (ini ane copas dari email ane) :

[PENTING] Pemberitahuan dari D*ctor Rupiah / PT. Di*ital Sol*tions Ind*nesia
Pelanggan yang Terhormat, Melalui emai ini, kami ingin menyampaikan hal-hal sebagai berikut:
   1.  Kami mengiformasikan & mengkonfirmasi bahwa Anda tidak memiliki sisa tagihan & kewajiban terhadap Do*tor R*piah dan/atau PT. Di*ital Sol*tions Ind*nesia.
   2.  Setelah email ini kami kirim, abaikan semua pihak yang menghubungi Anda yang mewakili dan/atau mengatasnamakan Do*tor R*piah dan/atau PT. Di*ital Sol*tions Ind*nesia, untuk tujuan apapun.
Terima kasih atas perhatian, dan telah menjadi pelanggan kami. Salam sukses selalu menyertai Anda. Hormat Kami, Di*ital Sol*tions Ind*nesia, Do*tor R*piah.

Itu beberapa pinjol yang pernah ane coba dan alhamdulillah semua lunas dan ane gak pernah kalo bisa jangan sampai menggunakan PINJOL lagi.

kalo sekarang ane lebih commit sama DIRI SENDIRI buat nabung, awalnya pasti susah banget buat nabung, sebulan sisihin 100rb aja rasanya susah, tapi kalo buat bayar PINJOL walaupun 1JT sebulan pasti bisa (MINDSET ini yang ane rubah).

Ane sekarang belajar nabung dengan cara :

1. Arisan (dengan catatan nariknya/dapatnya) paling terakhir. seriously ini cara ampuh buat nabung. emoticon-Smilie

2. Buka tabungan yang tidak bisa diambil dalam waktu 12 bulan sd 36 bulan. banyak bank yang menyediakan fasilitas Tabungan seperti ini.

3. Beli Logam Mulia dengan cara cicil di PE*AD*IAN. awalnya ane gak yakin bisa punya LM, boro-boro buat punya LM, bisa bayar hutang PINJOL aja sudah bagus, ane mulai cicil LM dari 5gr, 10 gr and 25gr. biasanya setiap bulan akan ada promo dan kita bisa milih mau tenor 3 bln, 6 bln, 12 bln sd 24bln.
harga emas akan selalu naik dan ini benar2 sangat bermanfaat buat investasi jangka panjang, kalaupun kepepet nantinya LM itu bisa digadaikan kembali.

4. Beli Emas/perhiasan, tiap habis gajian ane selalu menyisihkan buat beli emas walaupun hanya 1/2 gram atau 1gr yang penting punya. (ini cara kuno yang nyokap ane ajarin ke ane, walaupun kuno, tapi ini memberikan banyak manfaat buat ane).

Eniwei, balik lagi soal PINJOL nih, temen deket ane juga punya masalah pinjol sampai lebih dari 50jt, ane lupa pinjolnya apaan aja, yang ane inget itu Ho*me Cre*it, Kre*it Pintar, Tu*nai K*ta, dll Hutang CC jg ada bank N*aga, Da*amon, B*A, ane lupa soalnya banyak banget hutangnya, ane aja sampe ngeri kalo denger dia cerita.
dia sampai di datengin DC ke kantor, terus ane jg di sms in, di telp sama DC, dan yang temen ane lakukan adalah KABUR dengan cara emoticon-Ngacir :

- Resign dari kantornya
- Buang SIM CARD di daerah perkampungan
- Pindah kost
- Tutup semua akun social media

mohon maaf ane gak bermaksud ngajarin emoticon-Peace , karena ini perbuatan tidak baik alias gak bagus, temen ane sampai hari ini pun hidupnya gak tenang, susah cari kerja, merasa di hantui DC, dan parahnya dia gak bisa balik lagi ke rumah, karena pihak DC sudah mendatangi tetangga, RT & RW buat ngasih info kalo dia balik ke rumahnya.

Semoga dengan thread ane ini, semua kaskuser lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan, dan kalo bisa jangan sampai terjerat hutang, usahakan untuk menabung walaupun hanya recehan tapi pasti sangat bermanfaat.

Ojoklali Cendol dawetnya Gaesemoticon-Cendol Gan


profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh feyglosshe
emoticon-Bingung enakan cari orang yang status nya punya rumah, gak punya duid, trus minjem gak seberapa.
dan... gak bisa bayar emoticon-Ngakak
tiap ketemu kitak.. selalu mintak maap, mintak pengampunan emoticon-Leh Uga punya anak cewe cantik yg banyak temen nya pulak.
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Kamu bisa lepas dari pinjol bagus.
Tapi sebagian besar orang, sekali kena pinjol pasti kecanduan.
Jadi buat amannya, jangan sekali-kali pake pinjol.

profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bisnis rentenir prospeknya cerah juga ya.
jadi tertarik nich
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nice inpoh gan....
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
Kalo gw lebih suka arisan. Gw pernah ikut arisan 1 juta/ bulan. Waktu itu gw narik duluan dapet 23juta.

Sistem arisannya siapa aja boleh narik duluan dengan syarat ada potongan. Contoh arisan 1 juta jadi 900rbu. Untung yg narik belakangan.
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Emang apa susahnya sih menabung? Menurut saya menabung itu hal yg paling gampang!

Ambil 15-30% dari uang gaji atau kiriman orang tua (bagi yg masih sekolah) dan masukkan ke rekening TabunganKu atau rekening lainnya yg gk ada biaya admin dan transfer aja ke situ. Kartu ATM nya kalau ada, ya di simpan aja di dalam buku tabungannya. Jangan dibawa-bawa.

Dan lakukan menabung diawal sebelum kamu belanja untuk kebutuhan sehari-hari.

Sisanya itu lah yg di gunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan hidup. Potong pengeluaran-pengeluaran yg gak penting. Beli kebutuhan yg essential saja. Terutama rokok. Stop merokok! Ini pengeluaran yg besar. -- Kecuali rokok kamu dari H.M. Sampoerna. Kalau ini jangan berhenti, beli & hisap terus rokoknya. Saya pemegang saham soalnya. Saya butuh dividen dan harga saham nya terus naik.

Hidup minimalis. Orang gak ada yg perduli dengan seberapa banyak baju, celana, sepatu yg kamu punya.

Kalau saya pribadi, lebih memilih punya banyak uang di rekening daripada banyak pakaian di lemari.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentank123 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jibril
Lihat 1 balasan
Quote:


Cara menabungmu masih sangat salah. Kenapa?

Karena caramu menabung itu masih bisa dikatakan berhutang.

1. Oke ikut arisan tapi kalo salah satu bermasalah gimana? Kalo keuanganmu sedang menipis gimana? arisan itu sama saja dengan hutang.

Katakanlah kamu dapat koclokan dan menang uang beberapa juta. But, apakah kamu pernah berfikir kalo kamu juga harus terus membayar tagihan arisan agar yang lain juga mendapatkan hal yang sama?

Kamu dapat uang arisan 24jt aslinya sih kamu juga harus ngeluarin uang 24jt juga untuk setoran.

2. Oke, bagus juga sih

3. Beli emas itu secara cash dan tunai. Kalo ga mampu beli yang 5gr ya beli 1gr aja gapapa. Itu dipegadaian kamu masih bisa setor dengan tenor yang udah ditentukan tapi kalo keuanganmu sedang bermasalah bagaimana?

Gimana kalo harga emas cepat naik sementara cicilan mu masih banyak ya otomatis harga cicilan di pegadaianmu itu juga ikutan naik.

Rulesnya juga kan harus sudah 5gr baru kamu bisa bawa pulang fisik emasnya.

Lha sekarang kamu udah punya emas fisik belum?

Dengan beli emas secara cash maka kamu bisa bawa pulang emas itu secara fisik.

4. Orang jaman dahulu memang lebih pintar dan membudayakan menabung ketimbang jaman sekarang yang sukanya berhutang dan kredit.

Dan kalo menabung emas itu ya pakai LM jangan pakai perhiasan, perhiasan itu untuk dipakai bukan untuk nabung. Namanya juga perhiasan ya untuk hiasan dibadan wanita.

Quote:


Orang yang bisa/pandai menabung adalah orang yang otaknya dispecialkan oleh Tuhan. Sangat sedikit sekali dijaman ini orang yang bisa menabung.

Orang yang punya/bisa menabung itu bagaikan para nabi dijaman yang penuh kemaksiatan. Sangat suci.

Otaknya orang yang pandai menabung diciptakan oleh tangan kanan Tuhan sedangkan otaknya orang yang suka berhutang diciptakan melalui tangan kiri Tuhan, makanya pantes kalo otaknya blank disuruh nabung.

The greatest brain is a person with highly financial management power.

Saya dahulu waktu masih kuliah merasakan pahitnya memanage keuangan. Then I realize, uang adalah power of value person. Dengan punya uang banyak maka kita bisa dengan sangat pede berjalan dimuka bumi ini.

Saya tidak pernah merasakan kegelisahan orang2 yg tidurnya tidak nyenyak gegara mikirin utang.

Tahun 2015-2019 saya sudah biasa menabung nyaris 50% kiriman uang, itu saya lakukan diawal dapat kiriman dan saya simpan tabungan itu, saya anggap tabungan itu ga pernah ada seperti uang yang udah hilang/terpakai.

Jadi saya ga kepikiran buat ngambil tuh uang. Saya tabung dalam bentuk emas yang sekarang sudah naik tinggi dari 620/gr sekarang sudah 900rb an.

Ketika sudah kerja dan berpenghasilan maka biaya hidup masih hampir sama seperti dahulu. Yang ditambah malah jumlah tabungan.

Dahulu sebelum kerja dan masih kuliah, sebulan habis 1,5jt untuk biaya hidup semuanya (bensin, pulsa, listrik dll).

Sekarang sesudah bekerja bukannya malah jor joran ngabisin uang buat useless seperti kebanyakan teman saya yang beli gadget, nongki dikafe mahal, traveling dll.

Malahan biaya hidup sedikit saya meningkat, rata2 sebulan cuma habis 1,8jt. Yang meningkat malah uang buat nabungnya. Karena saya juga punya gebetan orang bule dibrazil sana dan saya sudah berjanji kalo ada kesempatan (rizki) akan nemuin dia terbang ke brazil emoticon-Malu (S)

Sekalian pengalaman juga ke negara lain seorang diri jadi ga ngarepin bakal jadian juga ama doi emoticon-Ngakak

Pengeluaran terbesar yg pernah saya lakukan adalah program naik bb. Karena saya sangat insecure terhadap bb saya jadi pas punya kelebihan rizki ya saya coba improve my body goals.

Berbagai cara sudah saya lakukan mulai dari :

1. Konsumsi produk Herbalife, waktu itu satu boxnya 900rb dan saya beli 3 box. Tentu dipadukan dg berbagai macam makanan dan minum susu kambing terus.

Hasilnya? Nihil

2. Olahraga ikut gym dan makanan sehat.

Hasilnya? Naik dikit beberapa kilo

3. Minum obat china samyun wan, dalet info dari thread kaskuser yang curhat masalah bb juga

Hasilnya? Sangat manjur sekali gan, 2 minggu ane naik 7kg tapi itu hrs minum terus, kalo berhenti bakal turun lagi emoticon-Najis (S)

4. Extreme outcome. Ane kombinasi kan semua saran orang2 kaskus yg dr kurus pernah gemuk.

Tiap hari ane makan daging rendang 3x, yaps ane makan rendang terus nyaris sebulan sampe lidah ane bosen ama rendang. Orang lain jarang makan padang lha ane setiap hari nyaris 3x makan terus.

Beli susu dancow fullcream 800gr 6box sebulan. Ane minum tuh susu sehabis setelah makan, jadi ane setelah makan minumnya itu langsung susu bukan air putih. Campur susu kedelai juga dari tempat gym ane beli 3 box kalo ga salah.

Dalam program itu ane makan daging terus minimal ayam. Jarang banget ane makan sayur. Ane makan sehari bisa 6 sampe 7x.

Do u believe it?

Extreme banget itu yg pernah ane lakuin.

Total pengeluaran cuma makan doank 3jt an lebih. Makan doank gan itu.

Hasilnya?
yaps naik cuma 5kg doank Fck

Ane ga pake appeton karena pas ane liat review banyak yg ngeluh ga naik. Udah dapet rating buruk lah

Pernah baca artikel kalo ada orang kurus tapi makannya kek monster ga gemuk2?

Gw salah satunya emoticon-Najis (S)

Makan banyak tapi susah gemuk.
profile-picture
profile-picture
feyglosshe dan jumpin458 memberi reputasi
Diubah oleh maizsa
Lihat 1 balasan
Hemat boleh pelit jangan da org tingkat goreng tempe bukan perpapan tapi per potong2an kecil2 jir emoticon-DP

Belum lagi klo telornya dibagi 1/4 dll emoticon-Najis

Pinjaman online / cc dengan cara licik emg menggiurkan tpi tu sebenarnya gk benar2 menambah penghasilanmu secara insentif
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
Diubah oleh causechooser
emoticon-Takut
ane jadi inget tmen ane dah..
dari pinjol 2..trus pinjem buat nutupin yg 1 ama ke 2...truss bgtu..pinjol buat nutup yg sblm nya...
ampe klo di total 15 jt an...dn 11 pinjol...
sereeem bro...ampe kantor nya..di datengin..bos nya sendiri diteror ..ampe ane sendiri aje di tanya2in....
emoticon-Takut

ati2 yg mw pinjol..jngn salah melangkah...
profile-picture
profile-picture
winner4016 dan feyglosshe memberi reputasi
Quote:


Kebanywkan nonton sinetron nih😂
profile-picture
profile-picture
winner4016 dan feyglosshe memberi reputasi
Jadikan menabung sebagai kebiasaan, buat rencana finansial, skrg bnyk ilmu2 tentang cara mengatur keuangan kita, manfaatkan. agar lebih nyaman dan tenang
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
klo lo yakin mau lepas, ya cari akar permasalahan lo kenapa pinjem pinjol. lo pinjem buat kebutuhan makan msh msk akal lah.. klo pinjem untuk gaya hidup ya MATI aja lo mendingemoticon-Blue Guy Bata (L). rata2 sih temen gw pinjem untuk gaya hidup. nah klo dah ketemu ya sebisa mungkin walau seret lo lunasin tuh utang pinjol. stopbeli barang yg gak guna untuk gaya hidup.... nabung sedikit dikit. hindari tuh yg namanya ngebandingin hidup orang lain.. apalagi di social media.. they're all fake... bersyukur sekecil apapun dr yg lw punya. emoticon-Cool
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
ane dlu kagak pernah kenal ama yg namanya pinjol, dan suatu ketika ada temen ane yg ngasih tau kalo hari ini bisa dapet duit gratis, dia beritahu caranya dengan nipu pinjol illegalemoticon-Ngakak jadi ane ama temen ane beli identitas palsu (ktp,slip gaji, kartu identitas) di salah satu marketplace, singkat cerita ane berhasil lumerin hampir 3 jt anemoticon-Ngakak skrg dah gak bisa karna galbay smuaemoticon-Ngakak jangan ditiru ya ganemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
winner4016 dan feyglosshe memberi reputasi
arisan sama beli LM secara cicil di pegadaian menurut gw salah, karena arisan ya lu harus cicil tiap bulan & dapet cuma sekali & kalo cicil LM di pegadaian kalo mau punya fisiknya harus bayar biaya cetak LM.

kalo gw (karena masih single), 50% gaji gw tabung & sisanya buat beli sembako nyokap & bayar listrik. buat bensin & jajan gw, ya gw ngojol aja.
sekarang gw juga lgi main saham, duit nya ya dr ngojol jg. duit tabungan ga gw sentuh sama sekali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
winner4016 dan 2 lainnya memberi reputasi
lunass dongg biar pikiran menjadi lossss pokok e
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
Saya saranin anda lihat instagramnya @ridwanhanif disana dia banyak ngebahas tentang riba dan winwin solution
profile-picture
profile-picture
profile-picture
feyglosshe dan 2 lainnya memberi reputasi
gw 5x ikut arisan, tetiba tiap kali giliran gw .. arisannya bubar, pan kamprett ..😠
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi
180 pinjol ditutup ojk

peminjam ga usa bayar

emoticon-Leh Uga
profile-picture
feyglosshe memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di