CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Jepang Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang | Restorasi Meiji
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb26369c820845fe33dd65c/jepang-yang-dulu-bukanlah-yang-sekarang--restorasi-meiji

Jepang Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang | Restorasi Meiji

Jepang Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang | Restorasi Meiji


Spoiler for sorry gan kalo:


halo gan/sis kembali di thread saya, kali ini kita akan membahas tentang jepang gan.
jadi dulu jepang tuh ga seperti sekarang yang terkenal canggih dengan teknologinya
gan, kalo disandingkan sekarang seperti negara korut karena sama-sama tertutup soalnya. ok daripada penasaran langsung bahas gan tanpa basa-basi emoticon-Ngacir

berakhirnya era Tokugawa (Edo), sejak kapal Amerika yang memaksa masuk ke jepang membuat rakyat jepang menyadari mereka sangat kuno dalam segi teknologi dibanding dunia barat. Bermunculan kelompok pemberontak yang ingin memodernisasi jepang seperti negara-negara di barat, ketika pemberontakan ini berhasil segera diangkatnya Kaisar Mutushito.

Dalam kepemimpinan kaisar satu ini, sistem pemerintahan dibuat seperti negara barat, dimulai dari pembagian kekuasaan eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Dengan pemegang kekuasaan yaitu Kaisar dan Perdana Menteri yang menjalankan pemerintahan, sistem wilayah yang dari domain diubah menjadi prefektur.

Jepang yang ingin segera menjadi negara modern, melakukan berbagai revolusi dalam berbagai bidang, seperti mendatangkan lebih dari 3000 tenaga ahli dari luar negeri untuk mengajari sains, bahasa asing, dan teknologi serta mengirim ribuan pelajar ke luar negeri.

Untuk menyokong industri dan mobilitas yang semakin maju, dibuatlah jalur kereta api sepanjang 1400 mil ( 1872 - 1890 ) dan jaringan telegraf  yang menghubungkan kota-kota besar pada 1880. Perusahaan swasta pun didukung oleh pemerintah dan dibantu instansi perbankan bergaya eropa pada 1882.

Jepang yang semakin dilihat oleh dunia barat ingin memperluas wilayah dan menaikan martabat di kalangan internasional, dimulai dengan memodernisasi angkatan militer dengan mengirim delegasi untuk mempelajari militer di eropa yaitu Inggris dengan membeli dua galangan kapal. Jepang pun mulai terlibat dalam perang dan ekspansi wilayah, perang terbuka dengan Cina yang diakhiri perjanjian damai di Shimonoseki dan pengakuan Cina terhadap kemerdekaan Korea. kemudian pada 1902 Jepang bekerja sama dengan Inggris untuk menumpas Rusia, pada 1904, jepang menyerang Rusia karena tidak memenuhi janjinya menarik pasukannya dari Manchuria yang akibatnya armada Rusia dihancurkan di Laut Jepang, diakhiri perjanjian damai di Porstmouth (1905 ). serta belanjutnya ekspansi wilayah ke Korea, Cina, negara Asia lainnya, dan telibat dalam perang dunia satu dan dua.

Spoiler for Note:

Spoiler for jangan lupa gan:

Spoiler for Bagi cendolnya gan:


Sumber
1 2 3






Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bestakesiangan. dan 204 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sip123
Halaman 1 dari 6
restorasi meiji,pernah lihat ceritanya pas di anime samurai x emoticon-Big Grin


beneran ada pembantain kah gan pas restorasi meiji ini ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 19 balasan
Harusnya bisa dibahas lebih banyak lagi padahal bagus itu sejarah pergantian era dari Tokugawa ke meiji yh terkenal dengan istilah restorasi meiji nya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
restorasi meiji bisa di samakan dgn atatürk inkılâpları. persamaannya: sama-sama dibantu jerman dalam berbagai sektor. politik. pendidikan. diplomasi. sosial. sekularisme. diplomasi luar negeri. perdagangan. industri

jerman kirim begitu banyak akademisi en politisi veteran mengajar selama bbrp tahun menjadikan apapun berstandar jerman hingga detik ini. 2 negara yg jerman begitu deket (meski pernah terlibat perang): turki en jepang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Quote:



Quote:


Quote:


Bicara Jepang, Turki, & pasukan yang melawan negara/kerajaannya sendiri karena adanya sistem baru, ane jadi ingat Janissary
Waktu Turki mau memodernisasi sistem militernya, mereka juga nggak setuju & timbul konflik. Kalau nggak salah sekitar tahun 1826, berakhir dengan pembubaran Janissary. Tarekat Bekhtashi yg waktu itu erat dengan Janissary juga turut kena efeknya.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 15 lainnya memberi reputasi
Agan TS, foto2 ilustrasi nya tolong di tambahkan, donk...

Btw, andai kekaisaran dinasti qing bs mencontoh reformasi meiji lbh duluan, bakal bs jd pemenang perang opium 1-2 serta ..... serta bs lbh cepat dlm mmbasmi pemberontakan taiping.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan

#27,358

Quote:


Ane ingat pas Restorasi Meiji mulai dilaksanakan, ada Perang Boshin antara yang pro modernisasi dan yang kontra.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

#27,359

Quote:


Pengaruh Jerman ini bisa dilihat pada kurikulum kedokteran Jepang yang banyak memakai istilah Jerman. Juga nama parlemen Jepang (Diet) meniru Jerman juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gilbertagung
Lihat 1 balasan

#27,368

Quote:


Kalau yang itu ane sih kurang tahu, pak. Soal gak terlalu mendalami otomotif.
Satu lagi, seragam anak sma jepang itu juga meniru model marinir eropa, cuma gak tahu german atau bukan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan

#27,375

Quote:


Ini cikal bakal supermi di indonesia akhir 60an?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan

#27,377

Quote:


Balik ke soal jepang.
Di antara semua negara eropa, jepang paling terobsesi dengan jerman. Kalau kita lihat anime, banyak banget german influenced di sana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gilbertagung
Lihat 1 balasan

#27,379

Quote:


Jadi welfare state di eropa ambil konsep hitler?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gilbertagung
Lihat 1 balasan

#27,381

Quote:


Kalau sistem itu diterapkan di Indonesia, cocok gak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

#27,393

Quote:


Menurut ane, faktor utama kegagalan berbagai program di Indonesia : Pengelolaan data yang buruk. Kita adalah bangsa yang tradisi mencatatnya tidak bagus. Contoh sederhananya : Susah memverifikasi manusia tertua dari Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Dang it, harusnya disebutkan juga dong perangnya. Kan itu "Dragon War" Jadi perang terakhir yang terjadi di tanah Jepang setelah Era "Sengoku Jidai", ketika tentara samurai dibantai sama Tentara Pro Kaisar sama lahirnya Republik Ezo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau tidak salah perang boshin yak yang mengakhiri era keshogunan di jepang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

#27,395

Quote:


Jangan salah sangka gan. Ane bukan mengcounter pendapat situ. Cuma menyatakan kalau kita ini buruk dalam pengelolaan data.

Quote:


Kita gan.
Saya menekankan kalau pangkal dari kegagalan program di Indonesia adalah pengelolaan data yang buruk. Contohnya bisa lihat sekarang dari penyaluran bansos.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Iya, taunya samurai X
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 14 lainnya memberi reputasi
Jepang sekarang jadi bau US yahemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 14 lainnya memberi reputasi
rumah nobita masih ada ndak di sana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 15 lainnya memberi reputasi
gimana sih gan aneh beud masa gak ada full picture
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di