CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2615d28c99141067407ab/yuk-berkreasi-olah-kopi-menjadi-makanan-menu-ramadhanmu-dijamin-anti-mainstream

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Ramadhan kali ini terasa berbeda sekali. Tak ada yang menyangka jika puasa tahun ini akan dilalui dengan penuh keprihatinan. Keheningan di tempat ibadah menjadi salah satu hal yang membuat Ramadhan terasa sepi. Biasanya orang-orang akan berduyun-duyun mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat tarawih, tadarus al qur'an serta berbuka bersama. Namun, semua itu tinggallah cerita. Karena wabah Corona, setiap aktivitas masyarakat harus banyak dihabiskan di rumah. Rasa jenuh, dan bosan pasti selalu menghampiri. Namun, semua itu bisa diatasi dengan memanfaatkan ide kreatif yang bisa dilakukan. Salah satunya memasak dan mencoba menu baru.

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Nah, sekarang ane mau coba berbagi resep baru yang berbahan dasar kopi. Bagi Agan dan Sista yang tidak suka minum kopi, tapi ingin menikmati kopi resep ini bisa jadi rekomendasi buat kita semua. Dan dijamin menu Ramadhanmu kali ini anti mainstream! Apa saja sih? Yuk, cek it out langsung otw dapur!

1. Bolu Kukus Kopi

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Wah, dari namanya saja kita sudah bisa menebak ya ini jenis makanan apa? Eits tapi tunggu dulu. Bolu kukus satu ini beda dengan bolu kukus biasanya. Why? Ya karena tentu ada campuran kopi di dalamnya. Duh, kebayang gak sih pas dimakan, aroma kopinya langsung menyengat hidung. Terus gimana cara buatnya? Gampang bin mudah banget, nih ane kasih tau caranya.

Pertama tentu siapkan dulu bahan-bahannya :

-175 gram gula pasir
-Setengah sendok makan emulsifier
-2 butir telur
-Setengah sendok teh baking powder
-225 ml air soda
-275 gram tepung terigu
-20 gram dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan
-1/8 sendok teh cokelat pasta
-2 sendok teh kopi instan.

Cara membuatnya :

-Kocok telur, gula pasir dan emulsifier secara bersamaan sampai kaku dan rata. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan baking powder, lalu masukkan air soda ke dalam kocokan telur. Terus aduk agar rata. Bagikan menjadi dua bagian, satu bagian dicampur dengan larutan air kopi sedangkan satu bagian lagi campurkan dengan cokelat yang sudah dilelehkan.

Selanjutnya, siapkan cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas roti. Tuangkan 3 sendok adonan kopi juga 1 sendok adonan cokelat di atasnya. Masukkan ke dalam kukusan dan panaskan selama 10 menit saja. Setelah itu, bolu kukus kopi ala Agan dan Sista siap dinikmati. Dijamin lebih enak daripada buatan chef Juna, deh.

2. Nasi Goreng Kopi

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Wow! Menu satu ini amazing banget ya. Biasanya nasi goreng itu campurannya telur, daging, dan sayuran. Tapi, kali ini ditambah dengan kopi. Kira-kira rasanya pahit gak ya? Tentu gak dong, asal mengolahnya dengan cara yang benar dan tepat.

Cara pembuatannya mudah banget dan gak pake ribet. Memasaknya sama seperti nasi goreng pada umumnya, tentu bumbu dan campurannya sesuai selera kita. Nah, yang buat beda adalah tambahkan saus tiram serta bubu kopi yang telah dicampur dengan lada dan garam. Duh, kebayang deh gimana pedasnya nih nasi goreng tapi tidak mengubah sentuhan aroma kopinya. Yuk cobain!

3. Pizza Kopi

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Bagi penggemar pizza mungkin hal ini terasa aneh ya. Bayangkan jika makanan khas Italia ini harus dipadukan dengan kopi khas Nusantara. Wah, pasti jadinya pizza Indo-bule ya. Hehehe.

Untuk membuat pizza kopi Agan dan Sista cukup menyiapkan bahan-bahan -3 butir telur
-80 gram margarin
-125 gram terigu
-1 sachet kopi instan
-2 sendok makan gula, garam dan baking soda secukupnya
-5 keping biskuit Oreo, meses, dan1 buah pisang, keju secukupnya.

Cara membuatnya, buatlah adonan crust yakni 1 butir telur, kemudian dicampur dengan 20 gram margarin, 100 gram terigu, baking soda, dan aduk rata sampai kalis. Sekarang, bentuklah lingkaran pizza di wajan teflon. Selanjutnya, buat juga adonan isi. Kocok lagi 2 butir telur, masukkan kopi instant yang sudah diseduh, gula, garam, Oreo yang sudah dihancurkan, meses, margarin yang sudah dilelehkan, serta terigu. Aduk rata, lalu tuangkan di atas adonan crust.

Masak di api yang kecil selama 20 menit. Baru deh Pizza kopi siap dilahap habis. Eit, tapi tunggu adzan maghrib y.

4. Ayam Goreng Saus Kopi

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Loh, menu apalagi nih? Ayam goreng dengan saus kopi, emangnya enak? Hmmm cobain deh ya. Dijamin ketagihan. Secarakan ayam goreng doang ja enak apalagi ditambah kopi. Udah pasti buat selera makan nambah terus.

Pembuatannya sama seperti masak ayam goreng biasanya. Hanya saja, ayam yang akan digoreng terlebih dulu direndam dengan air kopi selama 4 jam, setelah itu baru digoreng. Kemudian tambahkan saus kopi di atas ayam goreng yang telah masak. Untuk menemani saus kopi ini agar gak kesepian, maka bisa ditambahkan juga saus tiram, buah apel yang sudah menjadi jus, serta bumbu lainnya sesuai selera. Gimana? Tertarik dong ya pastinya.

5. Sambal Kopi

Yuk Berkreasi! Olah Kopi Menjadi Makanan, Menu Ramadhanmu Dijamin Anti Mainstream

Waduh sambal kopi? Ada-ada aja ya. Eh tunggu dulu tapi memang ada loh. Sambal kopi ini bisa jadi salah satu menu makanmu yang sangat anti mainstream. Bahan bakunya tentu saja kopi dong. Cara membuatnya tergolong mudah, loh. Cukup memakai bawang bombay yang dipotong, lalu diulek dengan garam, setengah sendok gula, 50 gram biji kopi, bumbu halus, cabai merah keriting bawang merah, bawang putih dan tomat. Setelah sambalnya halus, terus digoreng deh. Hmmm aura kopinya pasti menguar sampai ke hidung paling dalam kayaknya nih ya. Boleh dicoba.

Itulah sedikit olahan makanan dengan bahan dasar kopi. Bisa jadi salah satu menu Ramadhanmu yang di rumah aja. Yuk, berkreasi seunik dan sekreatif mungkin.

Spoiler for Berbagi Cendol:


Spoiler for Berbagi Cendol:


Spoiler for Berbagi Cendol:


Sumber :

1

2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 32 lainnya memberi reputasi
Gak cuma jadi minuman, kopi jg bisa dibuat makanan
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan Richy211 memberi reputasi
Kayaknya enak ya. Hmmm
Boleh dicoba nih
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan Richy211 memberi reputasi
bisa kok kalo liat di masterchef yaaa
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 3 balasan
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
penasaran rasa piza kopi dahhh
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Liat sambal kopi mirip kayak tinta cumi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ini penistaan makanan atau bijimane emoticon-Ngakak (S)

Ada sambal kopi,
nasgor kopi emoticon-Belo

Sekalian gan
nasgor rasa pop ice strawberry,
kopi rasa sarden tomat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emmm agak gimana gitu sih kalau kopi dimakan sama nasi, nggak aneh ya rasanya? kalau dibikin kue sih ya enak enak aja
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wah sambel kopi, penasaran sama rasanya
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
haaaa nasi goreng kopiii.. berarti rasanya ada pait-paitnya gitu dong ya
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Teh daun kopi ?
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nasi goreng kopi ane baru liat, Pak.

Kek apa rasanya ya?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di