CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Pesantren Kilat, Usaha Pendidikan Moral Atau Hanya Tradisi Semata?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb245b5af7e936135354a18/pesantren-kilat-usaha-pendidikan-moral-atau-hanya-tradisi-semata

Pesantren Kilat, Usaha Pendidikan Moral Atau Hanya Tradisi Semata?

ASSALAMUALAIKUM WR WB
Selamat datang di thread sederhana milik KICQUCK
emoticon-terimakasih

Pesantren Kilat, Usaha Pendidikan Moral Atau Hanya Tradisi Semata?


Hai gansist emoticon-Hai
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah kalian dalam menjalankan ibadah puasa?
Semoga masih dan akan selalu semangat ya, meskipun pandemi corona belum enyah juga dari Negeri kita tercinta.



Quote:


Pesantren Kilat, Usaha Pendidikan Moral Atau Hanya Tradisi Semata?

Bulan Ramadhan merupakan bulan Tarbiahatau pembelajaran bagi kita semua. Kenapa saya mengatakan demikian? Sebab di bulan ini kita diminta untuk belajar menahan diri. Bukan hanya haus dan lapar yang wajib kita tahan, namun juga nafsu dan keinginan untuk melakukan hal yang kurang berfaedah juga perlu kita tahan.

Quote:


Bicara tentang ramadhan pasti kita semua pasti tidak asing dengan yang dinamakan dengan Pesantren Kilat. Kegiatan yang biasanya diadakan oleh sekolah pada jenjang SD, SMP, dan SMA dalam waktu yang singkat. Pesantren kilat hanya diadakan satu kali dalam jangka waktu satu tahun, yaitu di bulan Ramadhan. Kegiatannya pun beragam, mulai dari membaca Al Qur'an secara bergiliran dengan saling menyimak, pemberian materi keagamaan ( Sejarah Islam, Fiqih, Akhlaq), sholat wajib dan sunah berjamaah, mujahadah bersama-sama, dan masih banyak lagi jenisnya. Tujuan diadakannya kegiatan pesantren kilat adalah untuk menjauhkan anak didik dari keramaian duniawi sejenak, sehingga mereka dapat memaknai kegiatan keagamaan secara lebih khusyuk.

Lalu apa sih yang melatarbelakangi institusi pendidikan untuk mengadakan pesantren kilat ini??
Tenaga pendidik khawatir dengan moral pendidik yang semakin lama semakin mengalami degradasi ditengah menjamurnya kemajuan teknologi. Ditambah lagi sibuknya orang tua dengan pekerjaan mereka yang mengakibatkan kurangnya waktu untuk memberikan bimbingan rohani bagi anak-anak mereka. Melalui pesantren kilat ini diharapkan peserta didik memiliki benteng yang kuat untuk menghadapi dunia yang semakin menua.
Materi yang diberikan pun juga tak hanya berupa materi teoritis, tapi juga pembinaan akhlaq dan ibadah selama pelaksanaan pesantren kilat.


Quote:


Namun tahukah gansist bahwa pesantren kilat saat ini hanya dianggap sebagai tradisi belaka??


Miris memang membaca pertanyaan diatas. Pesantren kilat kini hanya dianggap sebagai tradisi belaka, tidak lebih dan juga tidak kurang.
Lantas apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?
Menurut kacamata TS sih karena memang penyelenggara dan peserta kurang serius dalam mengikuti kegiatan ini.

Banyak dari penyelenggara yang tidak mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. Biasanya mereka hanya berniat untuk menggugurkan program kerja yang sudah dibuat di awal tahun. Selain itu memang anggaran yang dipergunakan untuk menyelenggarakan pesantren kilat ini tidak sedikit, sehingga ada kebingungan disini. Jika menggunakan anggaran sekolah maka dana nya tidak cukup, namun jika meminta dari siswa takut dikatakan sebagai pungli.

Dari pihak pesertanya juga kurang ada ketertarikan terhadap program ini. Sehingga banyak sekali siswa yang sengaja tidak mengikuti program ini dengan alasan malas atau tidak penting.

Polemiknya ada disini, dari pihak sekolah tidak bisa memberikan hukuman yang tegas kepada anak yang tidak mengikuti program ini karena memang pesantren kilat tidak masuk ke dalam kurikulum pembelajaran. Sedangkan jika tidak ada hukuman tegas maka anak jadi seenak nya tidak mengikuti pesantren kilat.

Oleh karena itu jika memang kegiatan pesantren kilat ingin didisiplinkan maka pilihlah materi, strategi, dan metode pengajaran yang terencana dan juga menarik. Semoga kita semua (tenaga pendidik) mampu mengubah mindset kita bahwa pesantren kilat itu bukan hanya tradisi, namun kegiatan yang bersifat rutin. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya dilakukan ketika bulan Ramadhan saja. Namun, kegiatan pendampingan keagamaan bisa dilaksanakan setiap harinya. Mungkin mulai dari sholat sunah dan wajib berjamaah, baca Al Qur'an setiap hari meski satu ayat, memberikan pengajian yang bisa memotivasi anak dalam beribadah seminggu sekali. Dengan penerapan kegiatan seperti ini semoga pendidikan moral, karakter, dan keagamaan dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memberi bekal kepada anak didik untuk menghadapi dunia yang makin berkembang kejahatannya.
Pesantren Kilat, Usaha Pendidikan Moral Atau Hanya Tradisi Semata?


Quote:


Pesantren Kilat, Usaha Pendidikan Moral Atau Hanya Tradisi Semata?


Spoiler for cendol:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 30 lainnya memberi reputasi
Pertamax emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Pesantren Kilat, Usaha Pendidikan Moral Atau Hanya Tradisi Semata?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Yess keduax. Aku pesantren kilat gratiss di sekolah dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 4 lainnya memberi reputasi
kalo ane dulu pas sanlat mah malah seru seru bener. jd kangen sekolaaaaa. lebih ke tradisi kali yaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
setidaknya dari pesantren kilat ane lebih mendalami agama islam, apalagi pas renungan emoticon-Frown

































ane udah komen tuh, btw ane disuruh komen tsnya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:

Makasih kak ichy dah mampir emoticon-terimakasih
Aku kaga gratis wkwkw bayar buat makan sih dlu
Sama buku kegiatan ramadhan emoticon-Hammer (S)

Quote:

Hooh kak... sebenernya lebih ke tradisi sih
Karena pada kenyataannya mereka tuh gak totalitas ikutnya

Aku juga sih emoticon-Ngakak (S) malah yang dirindukan dari ramadhan salah satunya ya MABIT emoticon-Smilie
Dah lama kak lulus sekolah?

Quote:


Setidaknya kalau ditanyain calon mertua "dulu lulusan pondok pesantren mana?"
Kita bisa jawab "pesantren kilat" emoticon-Hammer (S)

Wakakaka ish..pemburu pejwan mah bebas bebassssss

Kak @phyu.03 kak @actandprove kak @pe.rusuh pernah mikut pesantren kilat tak ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pe.rusuh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Pernah ikut pesantren kilat waktu sekolah sih, seminggu.. waktu libur bulan puasa jugaemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
sebenernya ramadhan nya itu sendiri merupakan sarana dan momen penggemblengan diri, jd gaperlu ada pesantren kilat.

apalagi di era pandemi ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pandemi corona pesantren kilat libur sist ayeye
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kicquck dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ane kagak inget ki.. kalo kagak salah selama bulan puasa dikasih tugas catat ceramah trus minta tanda tangan pak ustadz nya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kicquck dan darmawati040 memberi reputasi
nice inpoh gan....
profile-picture
profile-picture
actandprove dan kicquck memberi reputasi
Tradisi mungkin gan.emoticon-Ngakak dulu ane pas ada pesantren kilat jadwalnya 3 hari ane cuma ikut sehariemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Online dung kak emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Nah sama...tapi ini pas kiki masih SD kak
Menginjak SMP SMA ada mabit hehe

Quote:

Sama2 kakak emoticon-Smilie

Quote:

Nah wkwkw kan kak cuma ikut sehari doang
Dan ga dihukum kan kak ?? Wkwkwk
profile-picture
actandprove memberi reputasi
Quote:


Iya itu pas jaman SD, mabit apaan ki?
rajin dipesantren doang, bobrok lg klo dah kluar pesantren.. biasanya gitu
profile-picture
kicquck memberi reputasi
owh.
sanlat ya.
emang bagus sich buat memperdalam ilmu agama.
ada pengalaman sanlat yg berkesan.
pas sd, pernah abis sanlat langsung opname 1 minggu.
drop aja badan.
pernah juga aq jadi imam solat, lalu pas baca ayat quran, aq cuma baca ayat abasa watawalla lalu langsung takbir.
akhirnya temen2 ku pada ketawa, lalu solatnya batal beberapa orang.
pas selesai, mereka cerita kalo dikira nya gw bakal baca ayat yg panjang panjang.
dan mereka udah bersiap2 bakal berdiri lama, gal tau nya langsung rukuk.
Akhirnya mereka ketawa ngakak.
Dan mereka nvambil wudhu lagi.
Wkwkkwkwk
Quote:


Hehehe tergantung kak. . kalau yang bener ya jadi lebih baik... kalau yang gagal lebih parah
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
Quote:


Maaf kak kiki baru mampir emoticon-Nyepi
Sanlat disekolah sih cuma sehari aja, terus abis maghrib pulang.
Lumayan seru, ada games2 gitu juga. Cuma lama2 ngantuk emoticon-Big Grin
profile-picture
kicquck memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya kak fokus ngejunk emoticon-Big Grin
Memang kurang menarik sih, bosen juga. Kebanyakan kalo dulu temenku cuma ajang tebar pesona aja emoticon-Big Grin
Kalo aku sih tinggal tidur, pernah ketahuan malah suruh maju kedepan emoticon-Cape d... (S)
ane gak pernah ngerasain pesantren kilat
















orang dari dulu sekolah di pesantren, bukan SMA wkwkw


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di