CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Atasi Dampak Corona, Pemerintah Diminta Tekan Pengeluaran Masyarakat Miskin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2445bfacb954f5801a02e/atasi-dampak-corona-pemerintah-diminta-tekan-pengeluaran-masyarakat-miskin

Atasi Dampak Corona, Pemerintah Diminta Tekan Pengeluaran Masyarakat Miskin

Atasi Dampak Corona, Pemerintah Diminta Tekan Pengeluaran Masyarakat Miskin

Pemerintah diminta mengurangi beban pengeluaran masyarakat khususnya masyarakat miskin dan hampir miskin di tengah pandemi COVID-19.

“Penurunan dapat dilakukan terutama pada biaya-biaya yang dikontrol pemerintah atau administered prices,” kata ekonom Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Muhammad Ishak Razak dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (5/5).

Pengurangan beban dapat dilakukan dengan menurunkan harga BBM yang menjadi salah satu komponen terbesar pengeluaran penduduk miskin yaitu lima persen untuk penduduk miskin di kota dan empat persen untuk penduduk miskin di desa.

Ishak mengatakan meskipun penurunan mobilitas orang saat ini berdampak pada berkurangnya penggunaan BBM, namun BBM tetap berperan besar untuk menunjang mobilitas barang atau logistik yang merupakan peran krusial selama pandemi.

“Harga minyak mentah terus mengalami penurunan hingga di bawah 25 dolar AS per barel,” ujarnya, dikutip Antara.

Ishak menyatakan harga dasar BBM di bawah RON 95 dapat turun pada kisaran Rp4.500 hingga Rp5.000 per liter dan berpotensi lebih rendah jika Kementerian ESDM menurunkan biaya konstanta seperti alpha pengadaan, penyimpanan, dan distribusi serta margin perusahaan penyalur BBM.

Pada Februari 2020, pemerintah telah menaikkan biaya konstanta dari Rp1.000 menjadi Rp1.800 untuk bensin RON di bawah 95 dan minyak solar CN 48 serta dari Rp1.200 menjadi Rp2.000 untuk bensin RON 95, RON 98, dan minyak solar CN 51.

Menurut Ishak, seharusnya dalam situasi saat ini pemerintah dapat merevisi kembali formula penetapan harga BBM tersebut sehingga dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat.

Tak hanya harga BBM, Ishak mengatakan pemerintah juga dapat menambah jumlah rumah tangga penerima diskon pemotongan tarif listrik sehingga mencakup minimal seluruh pelanggan 900 VA.

Ia menyebutkan saat ini golongan rumah tangga R1/900VA yang mendapat pemotongan 50 persen hanya sebanyak 7,2 juta pelanggan dari total 22,1 juta padahal sebagian dari mereka diperkirakan telah masuk dalam kategori penduduk miskin dan rentan miskin.

Selanjutnya, Ishak turut menyarankan pemerintah menurunkan harga elpiji tiga kilogram yang mayoritas dikonsumsi oleh masyarakat menengah bawah karena sejalan dengan turunnya bahan baku utama elpiji yaitu propana dan butana.

Harga propana Aramco yang menjadi acuan perhitungan harga subsidi elpiji turun dari 430 dolar AS per ton pada Maret 2020 menjadi 230 dolar AS per ton pada April 2020.

“Sementara itu harga butana turun dari 480 dolar AS per ton menjadi 240 dolar AS per ton pada periode yang sama,” katanya.

Oleh sebab itu, seiring dengan potensi penurunan realisasi anggaran subsidi elpiji tiga kilogram sebesar Rp50,6 triliun pada tahun ini maka pemerintah memiliki cukup ruang untuk menurunkan harga elpiji di kisaran Rp1.000 sampai Rp2.000 per kilogram.

“Penurunan tersebut akan memberikan efek yang cukup besar untuk mengurangi biaya hidup masyarakat khususnya yang terdampak COVID-19,” katanya.

Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan diskon atau menggratiskan tarif air untuk rumah tangga khususnya di daerah yang menerapkan PSBB karena banyak negara berkembang yang telah mengadopsi kebijakan ini seperti Malaysia dan Thailand.

“Pengelolaan air bersih berada dalam kendali pemda jadi sudah saatnya mereka ikut menanggung sebagian beban masyarakat dengan memberikan diskon atau menggratiskan tarif air bersih di daerah mereka,” katanya, dikutip Antara.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 17 lainnya memberi reputasi
Apa BPS sudah mencatat kenaikan angka kemiskinan semasa wabah covid-19 ini?emoticon-Kaskus Radio
Diubah oleh gembaladomba666
Lihat 1 balasan
perlu beri makan banyak mulut mah susahemoticon-Hammer2
Untuk beli paket data
sebisa mngkin gak usah bayar pajak kalo lagi kondisi kek gini
percuma, ente gak dapat apa apa dari mereka
kondisi gak ada covid aja ente gak ada manfaat apa apa, apalagi covid gini
di grup WA ane juga banyak tuh ajakan info baksos nyumbang ini itu, ane cuekin aja
mendingan prioritas keluarga sendiri dulu, kalo ente tajir melintir, silahkan mikirin orang lain, kalo pas pasan, mending gak usah, ente sendiri juga dalam bahaya, bisa aja besok ente gak pnya duit, mampus ente

Atasi Dampak Corona, Pemerintah Diminta Tekan Pengeluaran Masyarakat Miskin
profile-picture
lustyrose memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Klean warga kismin, klo beli indomi wajib patungan emoticon-Marah sebungkus bertiga biar irit.
Paham klean ?!
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
potong bertahap gaji dan tunjangan pns dan bumn

eselon 4 = 10%
eselon 3 = 15%
eselon 2 = 20 %
eselon 1 = 25 %


dprd, dpr, menteri, presiden potong 30%

rakyat yg kalian pajakkin buat bayar gaji kalian gak ada duit

wajar kalo gaji kalian yg dari rakyat juga menyesuaikan

guru, nakes, tni?
atur aja dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Can354dra dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Lihat 1 balasan
Quote:


Oh gt yak?
Maaf bukan pns

Ane rubah dah
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
elpiji gw setuju turun,,,
kalo bbm manfaatnya turun apa??

transpotasi gak mungkin turun, harga makanan juga gak mungkin langsung turun...
tarif ojol gak turun ...

seumur2 gw dijakarta biarpun BBM turun kayanya harga makanan gak ikut turun deh..
dan orang2 yang masih bepergian di saat PSBB kan berarti masi kerja dan terima gaji.... emoticon-Big Grin
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
Diubah oleh jamkecil
Tekan pengeluaran masyarakat miskin kalo jumlahnya tiap hari makin banyak ya susah emoticon-Sorry
saran yang baguslah
Bbm minta turun
Itu pertamina dulu beli minyak mentah brp
Blm lg cost buat ngolah bbm,distribusi dll
Lah klu kmren kmren masih beli minyak mentah masih tinggi semantara stok skrg masih pake stok dan harga lama
Ya pertamina bisa tekoremoticon-Cape deeehh
Bau-baunya sebentar lagi Ahok akan muncul bak pahlawan kesiangan yg memberikan statement BBM akan diturunkan demi rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.. emoticon-Ngakak (S)

Padahal memang harusnya ikut turun karena harga minyak dunia memang turun.. emoticon-Ngakak (S)
Kalau BBM naik, heh itu keputusan Direktur Pertamina, Ahok hanya Komisaris.. emoticon-Ngakak (S)

Kalau BBM turun, hai ini semua berkat Ahok.. emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Ngakak (S)
pemerintah negara mn in mksd'a ini ??

klo pemerintah indo jgn ngarep daah...
kesehatan & kekayaan pejabat dHewan itu nomor 1,....

rakyat biasa apa lg dhuafa itu cm penting saat pemilu tiba,
lain itu ckup jd pendo'a...
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Diubah oleh agh05t
Kurela pergi pagi pulang pagi asal untuk mencari rezeki, doakan saja covid pergi agar pulang dompetku terisi emoticon-Kaskus Radioemoticon-Sorry


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di