CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UPDATE, Besaran THR PNS di Lebaran Tahun 2020 ini Cair
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2442da2d1954aac7a119b/update-besaran-thr-pns-di-lebaran-tahun-2020-ini-cair

UPDATE, Besaran THR PNS di Lebaran Tahun 2020 ini Cair

Jakarta - Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menyatakan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS) serta anggota TNI dan Polri, akan tetap diberikan sesuai jadwal pada tahun ini.

UPDATE, Besaran THR PNS di Lebaran Tahun 2020 ini Cair

THR tersebut akan dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Sementara itu, Lebaran Idul Fitri 2020 diperkirakan akan jatuh pada 24 Mei.

Keputusan pencairan THR ASN tertuang dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-343/MK/.02/2020 yang ditujukan kepada Menteri PANRB tersebut.

Dalam surat tersebut, Sri Mulyani melakukan beberapa perubahan mengenai pemberian THR kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, hingga para penerima pensiun. Hal ini karena saat ini fokus pemerintah untuk menangani pandemi virus corona atau Covid-19.

Sri Mulyani mengatakan, yang mendapatkan THR hanyalah PNS level eselon III ke bawah, itu pun besarannya tak penuh sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan eselon I, II serta pejabat lainnya tidak mendapatkan THR.

Menurut dia, besaran THR bagi ASN meliputi gaji pokok dan tunjangan melekat. Sementara untuk tunjangan kinerja (tukin) tidak dimasukkan dalam komponen THR PNS tahun ini.

Lalu berapa besaran THR yang diterima PNS di Lebaran 2020?

Untuk menghitung besaran THR bagi PNS, maka nilainya dihitung dari jumlah gaji pokok yang diterima PNS beserta tunjangan-tunjangannya yang melekat di dalamnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan dan lama masa kerja yang dikenal dengan masa kerja golongan (MKG).

Berikut gaji PNS untuk golongan I hingga IV. Hitungan gaji dari yang paling terendah hingga tertinggi disesuaikan berdasarkan masa kerja atau MKG mulai dari kurang dari 1 tahun hingga 27 tahun.

Golongan I (lulusan SD dan SMP)

Golongan Ia: Rp 1.560.800 - Rp 2.335.800
Golongan Ib: Rp 1.704.500 - Rp 2.472.900
Golongan Ic: Rp 1.776.600 - Rp 2.577.500
Golongan Id: Rp 1.851.800 - Rp 2.686.500

Golongan II (lulusan SMP dan D-III)

Golongan IIa: Rp 2.022.200 - Rp 3.373.600
Golongan IIb: Rp 2.208.400 - Rp 3.516.300
Golongan IIc: Rp 2.301.800 - Rp 3.665.000
Golongan IId: Rp 2.399.200 - Rp 3.820.000

Golongan III (lulusan S1 hingga S3)

Golongan IIIa: Rp 2.579.400 - Rp 4.236.400
Golongan IIIb: Rp 2.688.500 - Rp 4.415.600
Golongan IIIc: Rp 2.802.300 - Rp 4.602.400
Golongan IIId: Rp 2.920.800 - Rp 4.797.000

Golongan IV

Golongan IVa: Rp 3.044.300 - Rp 5.000.000
Golongan IVb: Rp 3.173.100 - Rp 5.211.500
Golongan IVc: Rp 3.307.300 - Rp 5.431.900
Golongan IVd: Rp 3.447.200 - Rp 5.661.700
Golongan IVe: Rp 3.593.100 - Rp 5.901.200

Untuk tunjangan PNS yang melekat antara lain yakni tunjangan anak, tunjangan suami/istri, dan tunjangan makan.

Tunjangan makan yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 32 Tahun 2018 yakni sebesar Rp 35.000 untuk golongan I dan II, Rp 37.000 untuk golongan III, dan Rp 41.000 untuk golongan IV.

Lalu PNS juga mendapatkan suami/istri yang besarannya sebesar 5 persen dari gaji pokok. Terakhir yakni tunjangan anak yang ditetapkan sebesar 2 persen dari gaji pokok per anak dengan ketentuan maksimal tiga anak.

Untuk pejabat eselon IV ke atas, belum ada kepastian untuk pencairan THR di Lebaran tahun ini. Hal ini juga berlaku bagi menteri dan anggota DPR.

Sebelumnya, Sri Mulyani sempat mengatakan, Presiden Joko Widodo tengah melakukan beberapa pertimbangan terkait pembayaran gaji ke-13 dan THR untuk aparatur sipil negara (ASN) atau PNS di tengah pandemik virus corona atau Covid-19.

Dalam paparannya ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/4/2020) lalu, Sri Mulyani mengatakan, pertimbangan pembayaran gaji ke-13 tersebut terkait dengan belanja pemerintah yang mengalami tekanan.

Sebab, pemerintah secara jor-joran menggelontorkan insentif kepada dunia usaha serta bantuan sosial untuk meredam dampak virus corona.

THR yang didapat tidak sama seperti tahun sebelumnya. THR tahun ini hanya berupa gaji pokok plus tunjangan melekat, seperti tunjangan istri/suami dan anak. Namun, tidak termasuk tunjangan kinerja (tukin).

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smoothx dan 12 lainnya memberi reputasi
Mayanemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ada yang teriak "kami makan apa?"emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan chisaa memberi reputasi
Diubah oleh gembaladomba666
tunjangan kinerja biasa lebih besar daripada gaji pokok
jadi THR nya di potong 1/2
ya daripada ga dapet emoticon-Betty
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
masih mau bilang kasian pns?
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan chisaa memberi reputasi
Diubah oleh kureno23q
potong bertahap gaji dan tunjangan pns dan bumn sampai wabah selesah atau ketemu vaksinnya

eselon 4 = 10%
eselon 3 = 15%
eselon 2 = 20 %
eselon 1 = 25 %


dprd, dpr, menteri, presiden potong 30%

rakyat yg kalian pajakkin buat bayar gaji kalian gak ada duit

wajar kalo gaji kalian yg dari rakyat juga menyesuaikan

guru, nakes, tni?
atur aja dah
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
harusnya PNS wajib bersyukur nih, bukannya ikutan ngeluh emoticon-Big Grin
profile-picture
chisaa memberi reputasi
duit pajak, dan lagi pedemi covid 19, masih kasih THR ? terus pengusahaan dipaksa bayar PPH25. yang benar aja. ga punya hati nurani pemerintah. ya udah PHK solusi nya
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Emang harus dipotong. Tapi THR kan juga wajib diberikan. Udah bener sih kebijakannya kalo menurut ane.
bagi2 uang emang nikmat...

pns senang, yang lain peduli amat... emoticon-Big Grin
profile-picture
chisaa memberi reputasi
wa sayang tukin tidak dpt
kemenkeu cuma sibuk urusin tunjangan staff dan pejabat.

giliran tunjangan dosen, sertifikasi dosen sama dana penelitian terkesan lepas tangan, ga ada aturan nominal yang jelas.

pantes dosen negara ini ogah ogahan meneliti, penelitian negara ini ga maju2 karena duitnya ribet.

profile-picture
rismapengen69 memberi reputasi
Diubah oleh rajin.meremas
hore magabut dapet THR emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK
emoticon-Ultah
emoticon-Ultah
emoticon-Ultah
duh senangnyaa msh punya thr
nice inpoh gan....


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di