CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb1f0c782d49523954497ef/kisah-misteri-ahoolmakhluk-kriptid-legendaris-penghuni-gunung-salak

Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Gunung Salak menjadi rumah dari berbagai jenis flora maupun fauna,selain menyimpan keindahan alamnya,gunung ini masih menyisakan satu misteri yang belum terungkap gan sist.Dari berbagai jenis satwa yang ada di Gunung Salak,ada salah satu yang melegenda.Dan sampai sekarang masih menjadi perdebatan dikalangan penggemar kriptid dunia,nama makhluk tersebut adalah Ahool.



Entah kenapa ane sendiri tertarik dengan ilmu kriptid ini emoticon-Big Grin ,FYI kriptid atau bahasa kerennya Cryptozoology merupakan ilmu yang membahas tentang makhluk yang keberadaannya masih tersembunyi dan jarang diketahui.Benar atau tidak keberadaannya masih abu-abu,namun secara empiris masih bisa diterima meskipun tidak sepenuhnya.Contoh hewan kriptid ialah Big Foot atau Yeti dari Himalaya.


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Ilustrasi Ahool

Sumber



Kisah munculnya Ahool sendiri berawal dari laporan Dr. Ernest Bartels pada tahun 1925,saat itu Bartels sedang menjelajahi Gunung Salak di pulau Jawa.
FYI gan sist Dr. Bartels sendiri adalah peneliti dan ahli ilmu burung,waktu itu dia sedang berada disekitar air terjun yang berada dilereng pegunungan Salak.



Tiba-tiba Dr. Bartels dikejutkan oleh penampakan mahkluk besar terbang,mirip seekor kelelawar raksasa.Yang belum pernah ditemuinya,mahkluk itu terbang tepat di atas kepalanya.Kemudiam mahkluk itu menghilang,dan ia tak pernah menemukannya lagi.


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Ilustrasi Gunung Salak

Sumber




Dua tahun setelah kejadian tersebut,Dr. Bartels kembali mengunjungi Gunung Salak.Tahun 1927 Dr. Ernest Bartels bertemu dengan sosok mahkluk misterius tersebut.Ketika itu dia sedang beristirahat ditengah malam dalam rumah jerami di dekat Sungai Tjidjenkol,Jawa Barat.



Kemudian terdengar suara aneh,dimana ia belum pernah mendengar sebelumnya,suara itu datang dari atas atap gubuknya dan terdengar seperti suara menangis.Suara tersebut memiliki suara yang unik,yaitu “ahOOOooool”.Dr Bartels yang penasaran kemudian mengambil obor, lalu berlari keluar dari gubuknya dan mencari asal suara misterius nan menakutkan yang di dengarnya itu.



Sat ia keluar ternyata suara itu sudah tidak terdengar dari atas gubuknya,suara itu berpindah.Ia berlari menuju arah dari mana suara itu berasal,namun ia tak kunjung menemukannya.
Saat sedang dalam pencarian itu,ia mendengar suara itu lagi.Suara seram dan menakutkan ditengah gelapnya malam, “ahuuuu!… ahuuuu!… ahuuuu!”.
Ternyata makhluk terbang tak dikenal itu sedang melayang ke arahnya,dari arah hilir sungai yang jaraknya cukup jauh darinya.Dan lagi mahkluk itu pun lenyap begitu saja,meninggalkan rasa penasaran pada diri Dr. Bartels.


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Ilustrasi Ahool

Sumber



Beberapa tahun kemudian setelah kejadian itu,Dr. Bartels berusaha kembali mengingatnya,ia masih ingat kejadian itu dan suaranya yang khas.Dr. Bartels menganggap bahwa makhluk itu bukan kelelawar,tapi mungkin sejenis burung hantu yang sangat besar.Tapi teorinya itu ditolak mentah-mentah oleh peneliti lain dan juga teman-temannya gan sist,mereka meyakinkan Bartels,bahwa sebagai peneliti tentu mereka mampu membedakan antara suara kelelawar dan suara burung emoticon-Bingung (S)



FYI gan sist penggambaran sosok ahool oleh Dr. Bartels sendiri adalah berbulu pendek berwarna abu-abu gelap, memiliki mata hitam yang besar,dan lengan yang rata dengan sayap kasar.Yang unik menurut dia bentuk kepalanya seperti monyet emoticon-Bingung (S) ,namun berwajah seperti manusia dengan muka yang rata,kemungkinan makhluk itu jenis primata yang bisa terbang emoticon-Belo


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Iluatrasi Ahool emoticon-Big Grin

Sumber



Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Ilustrasi Ahool

Sumber





Ahool sendiri dikabarkan juga sering terlihat jongkok di hutan,dengan sayap tertutup dan rapat di samping tubuhnya.Kakinya terlihat menunjuk ke belakang,terlihat seperti terbalik.



Diperkirakan ahool itu makhluk nokturnal (aktif dimalam hari),sedangkan saat siang hari,ia menghabiskan waktunya di goa yang terletak di belakang atau di bawah air terjun.(cara hidupnya mirip kelelawar,tapi wajahnya monyet.hewan apa ya ? emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S))


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Ilustrasi ahool yang suka jongkok emoticon-Big Grin

Sumber



Saat malam kehidupannya sama seperti kelelawar pada umummya gan sist,ahool baru terbang keluar dari goa dan menelusuri sungai dan danau untuk mencari ikan besar sebagai santapannya.Bisa jadi ahool jenis kelelawar,karena tinggal di goa dan nokturnal.



Menurut Dr.Batels ukuran ahool sebesar anak berusia satu tahun, dengan rentang sayap raksasa 12 kaki atau hampir empat meter emoticon-Belo Ukuran rentang sayapnya dua kali lebih panjang dari kelelawar terbesar di dunia saat ini,yaitu kelelawar Flying Fox.


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Flying Fox,kelelawar terbesar didunia yang dipegang oleh mbak bule ini,rentang sayapnya gak sampai selebar milik ahool emoticon-Big Grin

Sumber



Hasil penelitian Dr. Bartels menarik minat salah satu cryptozoologist,Ivan Terence Sanderson.Setelah Sanderson melakukan banyak penelitian ia menyimpulkan bahwa Ahool adalah kelelawar yang belum terklasifikasi.Sanderson memberi kesimpulan tersebut,karena dia pernah melihat makhluk dengan ciri yang sama,tapi bukan di Jawa. Pertemuan dengan makhluk misterius itu,berlangsung di Pegunungan Assumbo Kamerun,di barat Afrika.


Menurut Sanderson ahool adalah hewan kriptid yang berbentuk kelelawar raksasa,seperti makhluk yang pernah ia temui di Afrika tersebut.Di Afrika sendiri ahool biasa disebut dengan nama Kongamato oleh penduduk setempat,yang bisa ditemui di daerah Kamerun, barat Zambia, Angola dan Kongo.


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Ilustrasi gunung di Afrika

Sumber



Menurur Sanderson makhluk itu mirip Rhamphorhynchus yaitu sebuah genus dari dinosaurus terbang,pterosaurs berekor panjang (long-tailed pterosaurs).Cryptologist lain menyebutkan bahwa makhluk yang belum teridentifikasi itu adalah dinosaurus terbang jenis pterosaurus  yang masih bertahan hidup,didukung oleh pernyataan bahwa sayapnya kasar.Pterosaurus sendiri diperkirakan punah pada masa dinosaurus,sekitar 65 juta tahun lalu gan sist emoticon-Big Grin


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Rhamphorhynchus,mahkluk yang diduga bagian dari evolusi ahool gan sist emoticon-Bingung (S)

Sumber



Fosil sebagian besar pterosaurus  memiliki sayap yang ditutupi oleh rambut-rambut halus,untuk mencegah kehilangan panas.Tidak sesuai dengan gambaran ahool tersebut,termasuk lengan yang besar sebagai pendukung sayap kasarnya untuk ahool dapat terbang.Teori ini pun sedikit diragukan.


Mayoritas peneliti tampaknya setuju,bahwa ahool adalah kelelawar raksasa yang belum diketahui.Perdebatan peneliti ini semakin menarik gan sist,karena sebagian peneliti manganggap ahool adalah primata terbang pertama di dunia.Didasarkan pada wajah monyet yang diceritakan Bartels,kemungkinan sayap ahool adalah kulit tipis yang berada disekitar lengannya.Dan digunakan untuk terbang,sama seperti kasus kodok terbang atau kadal terbang.



Ahool adalah Thunderbird


Ada juga peneliti yang beranggapan bahwa ahool adalah Thunderbird gan sist,burung raksaa yang pernah muncul di Australia tahun 1927 dan Illinois AS pada tahun 1977.Namun dari kejadian di dua tempat itu,hewan yang digambarkan lebih mirip burung daripada kelelawar atau monyet bersayap.Karena punya sayap berbulu yang lebar layaknya burung dan tercium bau unggas dari tubuhnya emoticon-Big Grin


Menurut ane teori Thunderbird ini sulit diterima,karena tidak sesuai dengan penggambaran Dr. Bartels.Ada juga foto penampakan Thundrbirdnya,tapi masih banyak yang meragukan foto tersebut gan sist,bisa dilihat dibawah ini.


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Foto yang diduga Thunderbird,masih diragukan emoticon-Bingung (S)

Sumber




Ahool adalah burung hantu ?


Selain itu ada teori yang membenarkan apa yang dikatakan Dr. Bartels dulu,bahwa ahool adalah burung hantu.Mengingat ciri fisik yang dijelaskan,mirip dengan salah satu jenis burung hantu tersebut gan sist.Ada dua burung hantu berkepala bulat, tak bertelinga, dan berukuran besar yang hidup di Jawa.Yaitu spotted wood owl (strix seloputo) dan Javan wood owl (Strix (leptogrammica) bartelsi).


Burung hantu jenis Javan Wood owl atau Bartel's Wood owl,menjadi burung yang bisa dijadikan referensi untuk memecahkan misteri Ahool.Burung hantu ini memiliki wajah datar dengan mata gelap yang dibesarkan oleh bulatan hitam,dan paruh yang menonjol.



Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

spotted wood owl (strix seloputo)


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Javan wood owl (Strix (leptogrammica) bartelsi)

Sumber



Tubuhnya sendiri berwarna coklat keabu-abuan (bila di lihat dari bawah) juga memiliki seruan khas, yang berbunyi HOOOH!,dengan jeda panjang di antara seruannya.Seperti kebanyakan burung hantu berukuran besar,mereka sangat menjaga wilayah teritorial selama musim kimpoi,dan akan mengusir atau menakuti penyusup yang menggangu wilayahnya dengan serangan dari atas dan dari belakang.


Saat terbang,burung ini tidak mengeluarkan suara,sehingga korban tidak akan menyadari kehadirannya.Javan Wood owl adalah jenis burung langka yang sulit ditangkap gan sist,serta jarang diamati oleh orang,bahkan oleh para ahli ornithologist (ahli burung).
Burung ini dapat ditemukan di hutan pegunungan terpencil pada ketinggian 1.000-1.500 meter.


Kisah Misteri Ahool,Makhluk Kriptid Legendaris Penghuni Gunung Salak

Sumber


Penampilan dan karakteristiknya mirip ahool gan sist,walaupun hal ini akan bertolak belakang dengan teori bahwa ahool adalah mamalia.Burung hantu di Jawa sendiri tidak banyak disebutkan dalam diskusi cryptozoological tentang Ahool,sebagian besar penulis cryptozoology tidak menyadari keberadaan burung tersebut gan sist.


Sampai saat ini teori mereka masih diterima karena ahool belum dapat diteliti dan ditemukan,tapi melihat fakta dilapangan sekarang.Sepertinya sulit untuk menemukan ahool,akibat adanya perusakan habitat hutan mereka.Bisa jadi ahool sudah punah sebelum peneliti menemukannya emoticon-Berduka (S)


Sejauh ini belum ada bukti otentik dari ahool,membuat para peneliti kesulitan untuk membuktikan keberadaannya.Apakah mahkluk ini benar-benar ada di hutan hujan tropis pulau Jawa ?.Dan sampai sekarang mahkluk kriptid Indonesia yang mendunia ini masih misterius,dan menjadi bagian tak terungkap dari dunia ini.




Sumber: pemikiran dan opimi oribadi
Referensi: 1 dan 2
Gambar: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 222 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 9
pertamax emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 11 lainnya memberi reputasi
Kalau ngak salah pernah d bahas d media ahool ini masuk kelewar besar
Sama seperti penjelasan ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 15 lainnya memberi reputasi
paling seneng ane kalo ada kriptid beserta mitosnya dari Indonesia emoticon-Big Grin budaya kita begitu kental hal-hal supranatural

tapi ane rasa ini salah persepsi aja gan, bisa jadi suara burung hantu dan sosok flying fox muncul bersamaan. mirip pareidolia gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 17 lainnya memberi reputasi
Quote:


betul gan,lebih condong ke kelelawar.soal penggambaran wajah yang mirip primata,mungkin dr. Bartels yang salah melihatnya mungkin ya emoticon-Bingung (S) ,karena ketemu terakhir pas malam hari,cmiiw



Quote:


mungkin pas lihatnya pada malam hari dikira wajahnya mirip monyet gan emoticon-Hammer (S)


tapi ane setuju ahool masuknya kelelawar,karena terakhir muncul pas malam hari.kalo masalah ukuran, mungkin karena faktor alam Indonesia waktu itu yang masih perawan,jadi bentuk hewannya bisa lebih besar dari ukuran normalnya.cmiiw gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
itu jenglot tapi bersayap kelelawar. mahluk yg muncul dari gabungan persepsi manusia di indo dan di barat.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ahool .... kok lbh sering kebaca ama ane sbg ahok, ya gan ?? emoticon-Takut

Btw, sayang sekali... sampe skrg blum ada peneliti satupun yg bs memecahkan mitos kalong raksasa itu di gunung salak ya, gan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Javan Wood Owl emang mirip deskripsi Dr. Bartels
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 15 lainnya memberi reputasi
Kirain aul ternyata beda lagi ini ahool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 13 lainnya memberi reputasi
Batman dalam Kisah Horor. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 11 lainnya memberi reputasi
manbat knp gk ke gotham city(medan - sumut)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 13 lainnya memberi reputasi
Mungkin ahool itu hasil selingkuhan kelelawar dan monyet ganemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 14 lainnya memberi reputasi
Semacam mahluk yg di Jeepers Creepers itu ye bray?
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
si Ahooll demen sama si dokter tuh emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 10 lainnya memberi reputasi
Tapi kalo gt ya gan pasti ada sarangnya kan untuk mereka tinggal dan ukuran si ahol ini kan besar brarti nest nya jg seharusnya besar emoticon-Bingung (S)
Apa di gunung salak ini jg banyak goa tersembunyi karena ya ukuran ampe sayap 4 meter itu menurut ekeu mencolok ya emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 13 lainnya memberi reputasi
Quote:


antara burung hantu dan flying fox kalo menurut ane gan,spertinya ini lebih ke flying fox.cmiiw



Quote:


aul apaan gan ?,kriptid juga ?



Quote:


wkwkwk,batman dari gunung salak tepatnya gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
hemm.. ane kok malah cenderung percaya kalo itu bukan hewan yaa.. tp sejenis makhluk tak kasat mata penghuni gunung salak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 13 lainnya memberi reputasi
ane taunya burung hantu gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 12 lainnya memberi reputasi
Quote:


Haha bisa juga nih ganemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 13 lainnya memberi reputasi
Quote:


kejauhan kalo terbaang kesana gan,mesti oper ke kapal dulu emoticon-Ngacir



Quote:


teori konspirasi nih gan,wkwkwk


apa dulu dihutan sudah gak ada betina jenis kalong ? emoticon-Ngakak




Quote:


jeepers creepers apaan ya gan ? emoticon-Bingung (S)



Quote:


wkwkwk,bisa jadi gan emoticon-Big Grin
udah 2x muncul soalnya



Quote:


kemungkinan digoa tinggalnya gan,menurut penjelasan doi termasuk nokturnal.mirp kalong cara hidupnya,dulu mungkin masih banyak goanya digunung salak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Mungkin siluman itu gan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di