CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb1cb14af7e933c834f0623/sejarah-tauco-cianjur

Sejarah Singkat Tauco Cianjur

Sejarah Tauco Cianjur

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Saya akan coba mengulas salah satu bumbu masakan khas Kabupaten Cianjur yaitu Tauco yang sudah melegenda bahkan bumbu ini cukup dikenal dimana mana.

Karena saya sebagai warga dan lahir di Cianjur maka sepatutnya saya mengangkat tema seputar Cianjur.

Sebelum lanjut ke sejarahnya mungkin disini masih belum ada yang kenal dengan Tauco.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Tauco adalah bumbu makanan/masakan yang terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi) dst...

Saya telah mengambil dari beberapa sumber sebagai rujukan nanti di akhir saya sampaikan. Dalam dicerita ini saya akan menyebutkan sebuah merk namun bukan sebuah titipan sponsor atau endorser produk ini murni menceritakan sebuah kisah semata.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Menurut William Shurtleff dan Akiko Aoyagi dalam tulisannya yang berjudul "History of Miso and Soybean Chiang"
Awalnya Tauco ini merupakan bumbu masakan asal Tiongkok yang dipercaya berasal sebelum berdirinya Dinasti Chou sekitar tahun 722-481 SM yang dikenal dengan nama bumbu makanan Jiang yang diklaim sebagai bumbu tertua yang diketahui manusia.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Selain di Indonesia bumbu Jiang dikenal pula di Jepang dengan nama Miso yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai dll yang menjadi bumbu masakan disana.

Di Indonesia sendiri Tauco diperkenalkan oleh pedagang asal Tiongkok dan salah salah satu nya adalah yang bernama Tan Kei Yan pada tahun 1880, juga mempeloporinya di daerah Cianjur.

Kemudian usaha Tauco ini diwariskan kepada anaknya yang bernama Tan Kei Hian atau lebih dikenal oleh masyarakat sekitar pada masanya dengan sebutan Babah Tasma beserta istrinya Tjoa Kim Nio atau disebut Ny. Tasma usaha Tauco ini pun dijalankan kecil"an atau industri rumahan.

Namun ada hal yang unik dari kedua pasangan ini. Awalnya mereka bersama sama menjalankan usaha Tauco tsb. Tapi pada perkembangannya Tauco yang dihasilkan oleh kedua pasangan tersebut menghasilkan rasa yang beda. Lo kok bisa?

Betapa tidak, Tauco yang dihasilkan oleh Babah Tasma ini rasanya manis sedangkan Tauco milik Ny. Tasma terasa asin karena menyesuaikan dengan selera lokal . Namun sangat disayangkan kedua pasangan ini tak bertahan lama mereka memilih untuk bercerai.

Kemudian dari perceraian tsb keduanya memilih untuk mendirikan usaha Tauco masing". Babah Tasma Tauco Cap Gedong sebagai merk dagang nya sedangkan Ny. Tasma dengan Tauco Cap Meong. Pada kenyataannya ternyata Tauco milik Ny. Tasma lebih digemari ketimbang Tauco milik Babah Tasma sehingga usaha Babah Tasma mengalami gulung tikar.

Dan Tauco Cap Meong lah yang bertahan sampai sekarang Sejak tahun 1889 an dan disebut sebut sebagai Tauco pertama yang ada di Cianjur.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Klo ada yang bertanya, apakah perceraian kedua pasangan tsb karena gara" Tauco yang dihasilkan beda rasa? Terus memilih untuk berpisah? Maaf saya tidak menemukan perihal itu, mungkin juga bukan karena itu. Ok next....

Begitupula dengan nama dagang "Cap Meong" pada Tauco Ny. Tasma memiliki cerita menarik, konon katanya pernah ditemukannya sebuah tapak kaki seekor macan (Meong) di dapur tempat pengolahan Tauco Ny. Tasma yang diyakini sebagai peliharaan Eyang Suryakencana yang notaben nya sebagai leluhur di Kabupaten Cianjur. Maka diberilah nama "Cap Meong" pada Tauco Ny. Tasma.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Dari sumber lain menyebutkan bahwa penamaan Cap Meong sebagai merk dagang digunakan pada tahun 1935.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Dari Ny. Tasma, usaha Tauco tsb diwariskan kepada anak perempuannya yang bernama Tan Bei Nio (Betsi Tasma) dan mulai mengelola sekitar tahun 1935.

Betsi Tasma memiliki dua orang anak yang bernama Wiri Jati Tasma dan Harun Tasma dari dua suami yang berbeda.

Pada tahun 1985 Betsi Tasma mengalami sakit"an yang tak memungkinkan untuk menjalankan usaha nya, lantas ditunjuk lah anak perempuannya yang bernama Wiri Jati Tasma untuk melanjutkan usaha Tauco tsb.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Pada saat usaha Tauco dipegang oleh Wiri Jati Tasma kini mulai banyak orang yang membuka usaha pembuatan Tauco dan mau tak mau usaha Tauco keluarga Tasma mulai mendapat persaingan.

Dan setelah wafatnya Wiri Jati Tasma pada tahun 2011 Harun Tasma lah yang memegang tongkat estafet berikut nya hingga sekarang, dan kini Harun Tasma sudah menginjak usia ke 75 tahun.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Klo ga salah sekarang diteruskan estafet usahanya ke anak Harun Tasma yang bernama Stefany Tasma.

Yang perlu diketahui sejak dulu sampai sekarang proses memasak nya masih menggunakan kayu bakar dengan alasan untuk menjaga kualitas, rasa, dan tradisi turun temurun , meskipun pada jaman sekarang mudah diperoleh bahan bakar gas dll.

Kini kurang lebih sudah 140 tahun usaha Tauco keluarga Tasma berdiri sejak tahun 1880 sampai sekarang. Dan telah melewati empat generasi.

Tidak dapat dipunkiri Tauco sebagai bumbu masakan telah memberi warna baru dalam bidang kuliner baik di Kabupaten Cianjur maupun sebagai cita rasa Nusantara.

Sejarah Tauco Cianjur
Photo

Kini telah menjadi icon Kabupaten Cianjur bahkan telah dibuat kan Tugu Tauco di pertigaan Jl HOS Cokroaminoto, Cianjur.

Itulah sejarah singkat Tauco Cianjur yang dapat saya sampaikan semoga menambah wawasan baru. Apabila ada agan dan sista yang mau menambahkan atau mempunyai info lain silahkan berbagi disini. Terima kasih.

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3


Tambahan info :

Guci Abad Ke - 19
Galeri Perjalanan Tauco
profile-picture
profile-picture
profile-picture
y4ns4n dan 196 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ikhsanikhlas
Halaman 1 dari 5
tauco asin emang sedap, tapi jangan kebanyakan bisa pusing2 kepala emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adriol43 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo ngeliat belom di olah mah kayaknya enggk doyan, tp pas makan makanan yg pake tauco mah mlah bisa sampe nambah emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
banyak makanan sini hasil kreasi org tiongkok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
paling enak swieke om, mantap emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 14 lainnya memberi reputasi
Kalo yang cap biruang dari trah keluarga siapa yah?
Soalnya merk ini yang selalu ane lihat di pasar2 tradisional dan penjual sayur keliling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nyimak aje
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 13 lainnya memberi reputasi
Baru tau rasa aslinya manis..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 13 lainnya memberi reputasi
baru pernah denger ane itu gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yaucoooo enaak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
enak nih ditambah toge. muehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Meong artinya macan yah bukan kucing emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ternyata tauco kaya akan sejarah ya gan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
waa terimakasih sharin sejarahnyaa min
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Kangkung taucoemoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kelazcorro
Lihat 1 balasan
tauco ada dimana2 ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dulu gak tahan sama baunya
Begitu udah 5 thn lebih tinggal di Jabar, malah jd doyan bet sama masakan yg mengandung tauco emoticon-Wakaka
Kalo ada temen mudik ke Cianjur, pasti ane nitip ini tauco meong emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
MANTUL :capedeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Boss.Jongos
Lihat 1 balasan
Stefany Tasma
Sejarah Tauco Cianjur

Tauco meong dijual nasional kaga sih? Tau nya merk Mikado doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hornyman dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
info bagus nih, makasih TS,
kita jadi lebih tau sejarah bangsa melalui kuliner.

ngomong2 tauco nya di jual di indomaret juga nggak yah ?? emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di