CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tetap Sehat Saat Berpuasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb0f1e80577a961e23549a1/tetap-sehat-saat-berpuasa

Tetap Sehat Saat Berpuasa

Tetap Sehat Saat BerpuasaBulan puasa telah tiba, saatnya seluruh umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa. Kedatangan bulan ini sangatlah di tunggu – tunggu oleh kebanyakan umat muslim. Selain untuk meningkatkan keimanan kita, menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam Ketika berpuasa juga memberikan berbagai manfaat buat kita hlo, jika dilakukan dengan cara yang sehat. Gimana sihh caranya biar kita tetap sehat selama berpuasa ? Tenang sobat, berikut adalah tips untuk menjaga Kesehatan kita selama berpuasa. Simak dengan baik – baik ya sobat.

1.      Makan dengan porsi normal

Setelah berpuasa seharian ngak jarang dari kita pasti berbuka melampiaskannya dengan makan banyak baik makanan berat maupun ringan. Padahal makan yang berlebih saat berbuka membuat perut kita menjadi terasa penuh dan berujung sakit. Karena menurut hasil penelitian oleh dokter Mogdi Mohamed, mahkan yang berlebihan saat berbuka akan membuat perut kita kram, bahkan juga bisa membuat diare dan terkena gangguan gastroenteritis, ini dikarenakan perut kita dipaksa langsung untuk bekerja keras  setelah beristirahat seharian.

 

2.      Batasi makanan manis

Bagi kalian yang suka makan dan minum yang manis – manis di bulan puasa mulai sekarang harus di batasi, karena Ketika puasa ngak jarang gula darah kita bisa langsung naik drastis dan parahnya bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu lo entar. Selain itu banyak mengonsumsi makanan manis bisa membuat kita lemas, pusing, ngantuk bahkan bisa mempengaruhi mood kita sehingga cepat marah.

 

3.      Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih saat kita sedang berbuka ataupun sahur, karena air putih sangat bagus untk Kesehatan ginjal kita. Saat puasa kita bisa membuat aturan 2 – 2 – 4 untuk minum, 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka dan 4 gelas air saat malam hari. Dengan begini maka kebutuhan nutrisi kulit kamu terjaga sehingga kulit kita tidak kering saat berpuasa.

 

4.      Makan buah dan sayur

Buah dan sayur sangat baik jika dikonsumsi saat berbuka, karena didalamnya mengandung serat yang tinggi dan bisa bikin kita cepat kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Jadi sangat cocok untuk kamu yang baru program diet sehingga selama puasa berat badan kita tidak membengkak hehe.

 

5.      Lakukan olahraga

Puasa bukan menjadi penghalang buat kita malas – malasan olahraga. Karena masih ada jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat berpuasa yang bisa membuat badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak yang bisa membuat cepat lapar.

 

 

6.      Tidur yang cukup

Selain memperhatikan asupan nutrisi kita juga perlu memperhatikan pola tidur. Mengantuk selama berpuasa bukanlah disebabkan dari kita tidak makan dan minum, melainkan kalian tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Maka sempatkanlah tidur selama kamu berpuasa jangan terlalu sering, lebih baik gunakan waktu istirahatmu untuk tidur supaya saat bangun badan kalian fresh Kembali.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andia25
7. Selalu berpikiran positif
profile-picture
profile-picture
andia25 dan suekethos memberi reputasi
Mantap tips nya gan .. Tapi banyak saudara kita disaat pandemi skrg ini sulit mencapai point2 itu gan .. Apalagi makanan bergizi dll.. ..yg penting saur kalau pas ada yang dibuat saur .. Semoga wabah ini berakhir segera ..aamiin
profile-picture
andia25 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di