CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Apa Itu Phising Dan Cara Agar Terhindar Dari Phising
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb0ee39facb95754a3fe96c/apa-itu-phising-dan-cara-agar-terhindar-dari-phising

Apa Itu Phising Dan Cara Agar Terhindar Dari Phising

Apa Itu Phising?
Apa Itu Phising Dan Cara Agar Terhindar Dari Phising
Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untuk beberapa akun yang terhubung dengan akun yang telah didapat.
Phising biasanya sering digunakan pada email, dimana penyebaran melalui email ini dilakukan untuk memberikan informasi yang mengarah ke halaman palsu untuk maksud menjebak korban. Untuk menghindari phising, pengguna harus lebih berhati-hati dengan memperhatikan beberapa hal keamanan. Sebagai contoh, jika Anda mengakses suatu halaman website, maka pastikan anda berada di halaman website dengan url domain yang benar. Misalnya, untuk login facebook pastikan anda mengakses halaman https://facebook.com/ bukan halaman selain itu.
Phising banyak memakan korban di sektor social media, hal itu dikarenakan social media merupakan akun harian yang sering digunakan oleh pengguna, tanpa sadar pengguna memasuki halaman jebakan yang menyebabkan pengguna bisa saja terjebak karena halaman palsu tersebut.
Tidak hanya itu, phising juga terkadang bisa terjadi manipulasi dimana komputer yang terinfeksi bisa saja memanipulasi beberapa hal yang membuat halaman itu merupakan halaman aslinya, sehingga perlu diperhatikan untuk komputer anda tidak terkena virus untuk menghindari kasus ini.
Banyak sekali kasus kejahatan phising yang sering dilakukan, terlebih hal itu bisa saja mencuri banyak informasi anda seperti akses akun Anda, email, social media, bahkan akun Bank Anda. Oleh karena itu selalu berhati-hati dan keep smart saat berselancar di internet!


Ilustrasi Pelaku Melakukan Phising
Alur pelaku phishing dalam mengelabuhi korban dapat Anda lihat pada infografis berikut ini. Mereka mengincar informasi pribadi melalui internet untuk kemudian disalahgunakan. 
Apa Itu Phising Dan Cara Agar Terhindar Dari Phising
5 Tips Untuk Menghindari Phising
1. Amankan browser Anda – Mulailah dari set kemanan di browser Anda.

2. Instal ekstensi keamanan pada browser. Ekstensi seperti Netcraft Extension berfungsi untuk mengidentifikasi website berbahaya. Sangat membantu.


3. Waspada terhadap email yang mengarahkan Anda ke website palsu dan meminta login akun. Cek dan cermati email pengirim, pastikan email pengirim sesuai email resmi.


4. Berhati-hatilah terhadap pop-up ketika Anda sedang mengakses halaman tertentu. Terlebih jika pop-up tersebut meminta akses login atau informasi pribadi seperti token, nomor kartu kredit, dan lain-lain.


5. Pastikan Anda mengetahui dan mengakses website asli akun yang Anda miliki. Pada address bar website resmi biasanya terdapat icon kunci dan keterangan SSL Certificate yang valid. Website resmi biasanya menggunakan fitur keamanan SSL. Layanan keamanan SSL ini diperlukan untuk validasi keaslian website dan keamanan transaksi, juga meningkatkan kepercayaan pengguna.

Suspend Akun Phishing di Niagahoster


Dalam menjalankan aksinya, pelaku phishing memerlukan domain dan layanan hosting untuk membuat website palsu. Mereka akan mencari layanan penyedia server maupun hosting untuk websitenya, baik secara berbayar maupun gratis. Niagahoster menindak tegas segala bentuk kejahatan online untuk alasan apapun.Nama domain yang terindikasi penipuan seperti  undianberhadiahtelkomsel.com, pemenangundian-indosat.com, maupun domain lain yang serupa, tidak akan diaktifkan oleh Tim Support Niagahoster.

Alur penangangannya adalah sebagai berikut.

[ecko_alert color=”blue”]Domain terindikasi penipuan > Tim Support menghubungi pendaftar dan menawarkan nama domain lainnya > Klien setuju mengganti nama domain > Domain diaktifkan.[/ecko_alert]

Apabila klien tidak bersedia mengganti nama domainnya, maka domain tidak akan diaktifkan.

Pada kasus lain, jika nama domain tidak terindikasi penipuan namun malah digunakan untuk tujuan penipuan, Niagahoster akan langsung melakukan suspend dan tidak akan mengaktifkannya kembali.

Berikut adalah alur pelaporan apabila Anda menemukan email dan website penipuan dan ingin melaporkannya kepada Niagahoster.


[ecko_alert color=”blue”]Pelapor menginformasikan nama domain dan screenshot email maupun website penipuan ke Tim Support > Tim Support melakukan pengecekan > Jika terbukti, website akan langsung di-suspend[/ecko_alert]









GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di