CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kemenristek Lakukan Pengembangan Pil Kina Sebagai Alternatif Obat Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb08962a2d1953da3421022/kemenristek-lakukan-pengembangan-pil-kina-sebagai-alternatif-obat-corona

Kemenristek Lakukan Pengembangan Pil Kina Sebagai Alternatif Obat Corona

Kemenristek Lakukan Pengembangan Pil Kina Sebagai Alternatif Obat Corona

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah tengah melakukan pengembangan dan uji klinis terhadap pelbagai jenis obat-obatan sebagai alternatif pengobatan bagi pasien covid-19.

Bambang menjelaskan obat yang sedang dikembangkan diantaranya pil kina sebagai obat alternatif untuk meringankan kondisi tubuh pasien positif corona.

"Beberapa obat yang direkomendasi dari luar negeri, seperti Avigan, Chloroquin, Tamiflu. Lalu kita mengembangkan Pil Kina. Pil Kina kita uji sebagai salah satu alternatif obat yg meringankan beban penderita corona," kata Bambang saat menggelar konferensi pers di kanal media sosial Youtube milik BNPB, Minggu (3/5).

Tak hanya itu, Bambang juga menyatakan pihaknya tengah mengembangkan suplemen dari pelbagai bahan-bahan alami untuk pencegahan virus corona. 

Bahan-bahan itu diantaranya jahe, jambu biji hingga minyak kelapa murni virgin coconut oil. Bahan-bahan alami itu sedang dilakukan uji klinis dijadikan suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap virus corona.

"Dari bahan-bahan itu kita bisa mendayagunakan untuk covid, untuk meningkatkan daya tahan, kemudian menghasilkan suplemen baru yang menimbulkan daya tahan tubuh," kata dia.

Selain itu, Bambang menyatakan pihaknya sedang melakukan riset terkait penggunaan metode terapi convalescent plasma bagi para pasien postif corona.

Terapi convalescent plasma sendiri merupakan metode pengambilan plasma darah dari pasien positif corona yang sudah sembuh untuk didonorkan ke pasien positif corona.

"Di luar obat, saat ini sedang dan sudah dilakukan riset terkait plasma dari pasien yang sudah sembuh itu dicoba dan diberikan sebagai terapi bagi pasien Covid-19 dalam kondisi berat," kata dia.

Bambang menjelaskan terapi convalescent plasma tersebut telah dipraktikkan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Hasilnya, kata dia, sudah sangat baik bagi pasien penderita virus corona.

"Karena itu Kemenristek bekerjasama dengan Kemenkes melalukan riset yamg besar melibatkan Rumah Sakit di seluruh Indonesia mengembangkan convalescent plasma ini. Di Malang, di Jogja, Solo dan tempat-tempat lain," kata dia.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 3 lainnya memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di