CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[KLARIFIKASI] Pemilik Rekening BRI yang Dapat Transfer Rp 600.000 adalah Penerima BST
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb037aaaf7e935fcf2ae210/klarifikasi-pemilik-rekening-bri-yang-dapat-transfer-rp-600000-adalah-penerima-bst

[KLARIFIKASI] Pemilik Rekening BRI yang Dapat Transfer Rp 600.000 adalah Penerima BST

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah unggahan di media sosial beberapa hari ini ramai dengan perbincangan masuknya transfer uang Rp 600.000 di rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Ada yang menyebut semua pemilik rekening BRI akan menerima transfer uang yang sama.

Ada pula yang menyatakan sebaliknya. Saat dikonfirmasi, pihak BRI meluruskan informasi yang beredar.

BRI adalah salah satu bank yang ditunjuk sebagai penyalur Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan program pemerintah bagi mereka yang terdampak Covid-19 berdasarkan data Kementerian Sosial.

Simak klarifikasinya berikut ini.

Narasi yang beredar

Narasi yang beredar beragam. Ada yang menyebut bahwa semua pemilik rekening BRI akan menerima transfer uang Rp 600.000.

Sejumlah pengguna media sosial membagikan foto pesan notifikasi masuknya transfer uang tersebut, ada pula yang menunjukkan penambahan saldo pada rekeningnya.

Berikut beberapa tangkap layar pengguna yang membagikan informasi soal ini:

[KLARIFIKASI] Pemilik Rekening BRI yang Dapat Transfer Rp 600.000 adalah Penerima BST

Klarifikasi BRI

Saat dikonfirmasi, Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan, tidak benar bahwa semua pemilik rekening BRI mendapatkan uang Rp 600.000.

Ia mengatakan, BRI ditunjuk sebagai salah satu bank penyalur Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 600.000 dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

"Enggak benar, dong. Kan BRI hanya bank penyalur. Yang benar, pemerintah yang bagiin uangnya," ujar Amam saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (3/5/2020).

Selain BRI, bank-bank lain yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) juga ditunjuk sebagai bank penyalur BST.

Ada 528.320 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19 akan mendapatkan bansos tunai Rp 600.000.

Untuk BST Tahap 1, besaran yang disalurkan mencapai Rp 316 miliar.

Penyalurannya dilakukan pada 27-29 April 2020 melalui Mass Fund Transfer sebesar Rp 600.000 ke rekening masing-masing penerima yang berhak.

Penjelasan Kementerian Sosial

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Sosial Adhy Karyono menjelaskan, program BST diberikan kepada 9 juta KPM.

Angka 9 juta KPM ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Penyaluran BST dilakukan melalui 2 cara, yaitu:

- Melalui PT Pos sebanyak 8 juta KPM
- Transfer top up ke rekening penerima manfaat sebanyak 1 juta KPM.

Menurut Adhy, penerima lewat transfer bank adalah mereka yang sudah melakukan sinkronisasi data DTKS dengan data bank Himbara.

Mereka yang sudah melakukan sinkronisasi DTKS sebanyak 5,8 juta KPM.

Dari hasil pemadanan data, diperoleh rekening yang valid sebanyak 749.948 orang, termasuk di BRI sebanyak 528.144 orang.

Ia mengatakan, sudah ada pemberitahuan kepada penerima manfaat mengenai bantuan sebesar Rp 600.000 ini.

Pemberitahuan dilakukan oleh dinas sosial provinsi dan kabupaten atau kota.

kompas.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 9 lainnya memberi reputasi
hebat bener 600 ribu masuk rekening tanpa inventarisasi penerima agar tepat sasaran, pendataan nya kalo gini kasian yg gak punya rekening emoticon-Leh Uga
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh dsturridge15
Lihat 2 balasan
Alhamdulillaah.. semoga tepat sasaran dan dimanfaatkan dengan sebaikbaiknya
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan achi8manalu memberi reputasi
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
asyik nih, ga dipotong rt
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Berarti yg tiba2 rek ny nambah 600rb, dianggap kismin sm pemerintah?
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Itu kyknya yg ada data

Enak bener yg punya rekening bank di salah satu himbara.. Dpt duit 600 ribu. Verifikasinya gimana tuh...
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Semoga aja tepat sasaran..emoticon-Traveller
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
nah gini, titip ke bank aja. jauh lebih aman dan cepat dibanding titip sampai ke RT emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Quote:


Uwalah data dari PKH toh


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di