CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Video Viral Bintang Tsurayya, Ini Penjelasan LAPAN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb026a0f4d69571044a1c83/video-viral-bintang-tsurayya-ini-penjelasan-lapan

Video Viral Bintang Tsurayya, Ini Penjelasan LAPAN

Video Viral Bintang Tsurayya, Ini Penjelasan LAPAN


KOMPAS.com - Sebuah video viral di media sosial menyebutkan terlihatnya bintang yang dinamakanbintang Turaya/Tsurayya yang diyakini menjadi pertanda sebuah wabah akan segera berakhir.

Beberapa video beredar, merekam penampakan langit pada pagi hari yang masih berwarna biru gelap dengan sedikit semburat jingga.

Dalam video yang beredar, disebutkan ketika itu tidak ada satu pun bintang yang terlihat.

Hanya ada satu bintang yang terekam ada di langit.

Bintang itu disebut sejumlah pengunggah video itu sebagai bintang Turaya/Tsurayya yang kemudian dikaitkan dengan keyakinan.

Rasyad Khalifah (@RasyadKhalifah) menge-Tweet: Subhanallah... Bintang TURAYA di pagi hari... benar yang di katakan Rosulullah... akan habis Wabah Covid-19.apa bila ada Bintang di pagi hari. Itulah Bintang Turaya... Alhamdulillah.Habis sudah sak wasangka manusia dg adanya BUKTI.Bintang itu disaksi kan byk orang.


{thread_title}




Belum diketahui pasti mengenai penampakan bintang itu. Secara keilmuan, adakah bintang Turaya atau Tsurayya?

Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung, Dr Emannuel Sungging Mumpuni, mengatakan, istilah Turaya/Tsuraya berasal dari hikayat lokal.

Adapun dalam ilmu antariksa, bintang yang dimaksud adalah Pleiades.

"Nama bintang tersebut berasal dari hikayat lokal ya. Kalau yang dimaksud itu, sebagai Pleiades. Sepanjang tahun siklus (Pleiades) di langit selalu bisa ditentukan," kata Sungging saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (2/5/2020) pagi.

Ia menyebutkan, waktu munculnya bintang Pleiades itu adalah pada saat-saat ini.

"Pleiades itu diasosiasikan dengan musim dingin bagi masyarakat barat di utara, karena akan mudah diamati pada November-Desember di malam hari dan jelang musim semi mulai terbit di pagi hari. Bagi masyarakat kita mungkin diasosiasikan dengan akhir musim penghujan," jelas dia.

Namun, Sungging tidak bisa memastikan apakahbintang yang direkam netizen itu merupakan Pleiades atau bukan.

Alasannya, belum diketahui secara pasti waktu pengambilan video dan arah keberadaan bintang tersebut.

"Kemarin kapan, jam berapa, di arah mana, barangkali itu obyek lain. Jadi perlu kami telusuri. Kalau Pleiades memang saat-saat ini terbit saat pagi hari," ujar Sungging.

Ia menekankan, pihaknya tak bisa berkomentar soal keyakinan masyarakat atas makna di balik munculnya bintang itu.

"Tapi, kami di Lapan tidak mengaitkan fenomena tersebut dengan wabah, karena Pleiades itu fenomena yang selalu ada di langit sejak dahulu kala. Sedangkan wabah terjadi baru di masa sekarang," kata Sungging.

Video Viral Bintang Tsurayya, Ini Penjelasan LAPAN

Ia mengatakan, hingga saat ini Lapan belum memiliki riset khusus soal Pleiades.


Foto tersebut merupakan Gugus Terbuka Pleiades (M45) yang diamati dari Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sungging menyebutkan, bintang ini sangat mudah disaksikan dengan mata telanjang, bahkan lanskap yang ditampilkan bagus untuk dijadikan obyek fotografi.


Sumber : kompas.com
Waktu kuliah gue suka minum Bintang rokoknya Tsurayya.. jadi Bintang Tsurayya
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kayak pemain bola yah
tsuraya
profile-picture
profile-picture
liee dan mahirbro memberi reputasi
Hmmm...Tsurayya..baru denger tentang bintang ini. emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
liee dan mahirbro memberi reputasi
kalo emoticon-Angkat Beer bintang ya lumayan enak sih
profile-picture
profile-picture
liee dan mahirbro memberi reputasi
Baguslah ada penjelasan dr lapan,biar ga ada yg mabuk agama/miras nanti.
profile-picture
profile-picture
red.putation dan mahirbro memberi reputasi
Diubah oleh Liatrivaria
Tsurayya? Tsuburaya kali.... Perusahaan Jepang yang punya hak cipta Ultraman.....
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Begini lah kalau mabok agama yang tidak diimbangi pengetahuan.

Bikin malu doang...
















Kata ummat emoticon-Leh Uga
profile-picture
mahirbro memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di