CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Kebiasaan Buruk saat Menulis Ini Perlu Dihindari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb01b23f4ae2f72c02d8dc2/kebiasaan-buruk-saat-menulis-ini-perlu-dihindari

Kebiasaan Buruk saat Menulis Ini Perlu Dihindari

Kebiasaan Buruk saat Menulis Ini Perlu Dihindari

Menulis merupakan hobi, juga bisa sekaligus menjadi profesi. Seru, menyenangkan, dan menghibur bisa kita nikmati ketika menyalurkan hobi menulis. Namun, untuk yang nggak bisa nulis, wah, menulis bisa seperti neraka, menyiksa. Hanya untuk membuat satu dua kalimat saja otak sudah gemetaran. Ini tentu saja sangat berbeda dengan orang yang gemar nulis, bahkan hobi banget nulis sampe-sampe lupa waktu, tapi tidak lupa cemilan.

Hal yang perlu diwaspadai, ada beberapa kebiasaan buruk saat menulis. Apa saja itu?

1. Terlalu santai
Hobi memang identik dengan situasi yang ringan, santai, seru, dan menyenangkan. Termasuk menulis, sebagai hobi kita mendapatkan semua itu. Namun, jangan terlalu santai. Saking santainya, bisa jadi tulisan kita malah nggak kelar-kelar, atau isinya mengambang,  nggak jelas mau dibawa ke mana.

2. Terburu-buru
Kebiasaan buruk lain adalah ingin cepat-cepat selesai. Terburu-buru. Mungkin ingin cepat-cepat dapat honor atau mengumpulkan poin, view, dan sebagainya. Akibat buruknya, tulisan menjadi dangkal. Banyak salah ketik. Kalimat ambigu, rancu, banyak tafsir. Tidak terjadi proses penyuntingan yang baik. Asal selesai dan tulisan pun tidak dibaca banyak orang atau kalau pun dibaca, penikmat tulisan kita menjadi kebingungan.

3. Mudah ngambek
Duh yang suka ngambekan, jangan tersinggung ya. Apa bisa saat nulis mudah ngambek? Hmm...tentu saja bisa. Saat proses menulis terhenti di tengah jalan dan ide hilang, lalu ngambek. Nggak mau nyelesaiin tulisan. Bahkan, delete abis tuh file yang sedang diketik! Jangan dong. Saat ide hilang di tengah jalan, istirahat saja dulu. Matikan laptop, menghibur diri. Itu jauh lebih pas daripada ngambek, berhenti nulis.

4. Nggak fokus
Kebiasaan buruk lainnya, nggak fokus. Nulis sambil main hape. Nulis sambil ngobrol. Banyak ngemil. Nah, kapan selesainya? Tidak fokus terhadap satu tulisan yang kita buat setidaknya kita membuang-buang waktu. Kita juga tidak mengoptimalkan otak untuk menerjemahkan ide yang kita miliki. Coba deh lebih fokus dikit, tulisanmu akan cepat selesai.

5. Asal tulis
Wow, kalau bisa jangan deh. Asal tulis hanya untuk memenuhi target yang kita bikin juga nggak baik. Selain tidak menunjukkan tanggung jawab sebagai penulis, kita juga tidak menghargai kemampuan dan bakat yang kita miliki. Ingin meraih target dengan banyak tulisan sih boleh-boleh saja, tapi jangan kemudian larut dalam asal-asalan. Meskipun sebatas hobi, menulis juga membutuhkan olah pikir dan olah emosi yang tidak bisa sembarangan kita lakukan.

Lalu, bagaimana menghindarinya?
Jawabannya mudah kok. Jangan terlalu santai saat menulis. Jangan terburu-buru. Jangan ngambekan. Fokus. Jangan asal tulis. Sangat simpel. Namun, jika sudah menjadi kebiasaan, agak sulit kita memperbaikinya. Untuk itu, mulailah mendewasakan diri dalam menulis, agar hobi yang kita jalani enak dinikmati dan menghasilkan karya yang bermutu.

Lebih bijak juga kita ketika berkarya selalu ingat akan rasa syukur, karena kita sudah diberi talenta yang indah, yakni menulis. Lewat tulisan, kita bisa mengubah dunia, setidaknya dunia di sekitar kita. Apa pun yang kita tulis, selama itu dengan niat baik, energi positif, dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami, maka tulisan kita bisa bermakna untuk sesama.

Menulis dan kebiasaan buruk tetaplah menjadi suatu tantangan. Apalagi jika kita merasa sebagai manusia yang tak luput dari kekurangan, maka kebiasaan buruk itu akan selalu menggoda. Mengendalikan diri menjadi penting. Menikmati hobi dengan kebiasaan baik pun menjadi kesempatan yang keren untuk kita berkreasi.

Selamat menulis, menulis, dan menulis. Kembangkan hobimu dengan tak lupa untuk bahagia! 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh herrypengarang
terlalu fokus juga mesti dihindari, sesekali perlu istirahat sejenak ato berjalan jalan, menghindari stress
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sudah lama saya tidak menulis, seringnya mengetik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
union442 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wahh iya juga yaaa terimakasih atas informasinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhendri19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah cocok banget nih sama ane yg lagi belajar menulis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhendri19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Banyak banyak cari inspirasi buat dituangkan di kertas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Menulis sambil tengkurap gansis 😂😂😂

Harus dihindari nih 😎
u know why??
krna klo smpai ketiduran hasil karya bisa kebanjiran air . . . 😂😂😂

gaswat bin berabe kan??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah soal kefokusan susah nih, ane harua jauhin hp terus hindari musik yg g bikin tenangemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmmm ini kayanya sama kaya pas nulis skripsi ya kendala kendalanya wkwkwkw :')
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhendri19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
waaah menulis hoby ane 3 tahun yg lalu nih.
pernah nulis karangan bebas di lounge eh ternyata jadi HT pertama ane

dan sekarang udah gak nulis lg
karena setiap mau nulis sesuatu muncul masalah kaya poin yg ts jabarkan, yaitu "terburu buru dan gak fokus"

mantap gan
cendol send buat TS emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
danQe dan herrypengarang memberi reputasi
Diubah oleh aibanadi
Lihat 1 balasan
Kalo lagi badmood banget mesti muncul barengan semua nih
profile-picture
profile-picture
danQe dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bener bnget tuh gan, memang klu pekerjaan menulis mmbutuhkan mood yg baik dan konsentrasi untuk dpat menuliskan ide2 yg cemerlang.
profile-picture
profile-picture
danQe dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kadang gitu gan
hehehe
Lihat 1 balasan
klo mahasiswa semester akhir kek gini mah jg gak kelar2 tugasnya
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tp emang menulis butuh mood sih, tp mood jelek juga harus tetep nulis sih harusnya, walau hasil jelek nanti bisa dibuang atau edit
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di