CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Bill Gates yang Tahu Segalanya Soal Vaksin Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb0195b9a972e211a11320d/bill-gates-yang-tahu-segalanya-soal-vaksin-corona

Bill Gates yang Tahu Segalanya Soal Vaksin Corona

Bill Gates yang Tahu Segalanya Soal Vaksin Corona
Bill Gates. Foto: Getty Images/Thierry Chesnot

Jakarta- Berkecimpung di yayasan kemanusiaan Bill & Melinda Gates Foundation miliknya, Bill Gates dan istrinya Melinda memang sejak lama menaruh perhatian pada isu kesehatan global. Maka ketika pandemi Corona merebak, mereka pun aktif membahas sekaligus mengambil tindakan.

Yayasan itu telah berkomitmen USD 250 juta untuk membantu mengatasi Corona. Selain itu, Gates juga berulangkali menjelaskan soal vaksin Corona yang ia dukung pengembangannya. Berikut cukup banyak hal soal vaksin COVID-19 menurut dia.

Prediksi Vaksin Corona Tersedia

"Vaksin pertama akan diberikan pada pekerja kesehatan dan mereka yang penting. Ini bisa terjadi sebelum 18 bulan mendatang jika semuanya berjalan dengan baik," cetus sang pendiri Microsoft.

Perkiraan Bill Gates sesuai dengan beberapa pihak berwewenang. Anthony Fauci, kepala National Institutes of Health di Amerika Serikat, menyebut vaksin akan tersedia dalam waktu 12 sampai 18 bulan.

"Kita harus membuat banyak manufaktur untuk pendekatan berbeda-beda karena tahu sebagian tidak akan berhasil. Vaksin membutuhkan uji coba untuk memastikannya efektif dan aman," tandas Gates.

Gates juga siap mengeluarkan miliaran dolar untuk membangun pabrik kandidat vaksin corona melalui yayasannya. "Karena yayasan kami memiliki keahlian mendalam terkait penyakit menular, kami telah memikirkan epidemi, kami mendanai beberapa hal untuk lebih siap, seperti upaya (menciptakan-red) vaksin," ujar Gates.

Berapa Harganya?

"Kita harus memastikan vaksin ini harganya sangat rendah dan ada dana untuk membelinya bagi setiap orang, apakah Anda berada di negara berpendapatan rendah, menengah atau tinggi. Dan itu bisa dilakukan," jawab Melinda Gates saat ditanya mengenai harga vaksin corona nantinya.

Di kesempatan lain, Bill Gates menyebut masalah keuntungan atau harga sama sekali tidak ia pikirkan. "Kami mendanai inovator untuk menciptakan vaksin, kami akan mendapatkan komitmen bahwa mereka tidak akan mencoba membuat profit berarti dari hal ini, karena ini adalah tipe kebutuhan darurat," tegasnya.

"Kami akan membuat vaksin tersebut semurah yang kami bisa dan tidak ada keraguan bahwa uang (kami) akan atau seharusnya mendanai pembelian vaksin itu untuk setiap orang di planet ini," tambah Bill.

Kandidat Kuat Vaksin Corona

"Ada pendekatan bernama vaksin RNA di mana pihak seperti Moderna, CureVac dan lainnya menggunakannya, yang pada tahun 2015 kami identifikasi sangat menjanjikan untuk pandemi ataupun aplikasi lainnya," cetusnya.

Moderna ataupun CureVac adalah nama perusahaan vaksin. Menyuntikkan 'messenger RNA' ke dalam jaringan manusia akan membuatnya tumbuh di dalam tubuh, sehingga akan memicu respons imun tanpa harus sepenuhnya menginfeksi seseorang dengan virus.

"Dan jika semuanya berjalan secara sempurna dengan pendekatan RNA, kita bisa mengalahkan waktu 18 bulan itu," lanjutnya. Dengan kata lain, tetap ada kemungkinan vaksin Corona sudah ada sebelum kurun waktu 1,5 tahun itu.

Keyakinan Gates Soal Keampuhan Vaksin

Sang pendiri Microsoft tak lupa membahas tentang kehebatan vaksin dalam menaklukkan suatu penyakit. "Vaksin telah menyelamatkan lebih banyak nyawa dari alat lain dalam sejarah. Cacar yang dulunya membunuh jutaan orang setiap tahun, telah diberantas dengan vaksin," cetusnya.

Ia menambahkan bahwa vaksin memainkan peran kunci dalam menurunkan angka kematian dari 10 juta per tahun di tahun 2000 menjadi kurang dari 5 juta kematian per tahun pada saat ini. Maka ia yakin virus Corona pun hanya akan bisa ditaklukkan oleh vaksin

"Satu-satunya cara untuk mengembalikan dunia seperti sebelum COVID-19 adalah vaksin yang sangat efektif yang mencegah penyakit tersebut," tulis suami Melinda ini.

7 Miliar Dosis

Gates menyebut bahwa vaksin yang manjur perlu tersedia untuk hampir setiap orang di Bumi. "Kita perlu membuat dan mendistribusikan sedikitnya 7 miliar dosis vaksin. Untuk menghentikan pandemi, kita perlu membuat vaksin yang tersedia untuk hampir setiap orang di planet ini," tulisnya.

Vaksin COVID-19 masih dalam tahap pengembangan dan Gates memprediksi mungkin selesai dalam 18 bulan jika berjalan sesuai rencana. Memproduksinya dalam skala besar memang akan menimbulkan kesulitan amat tinggi.

"Apa yang bisa kita lakukan sekarang adalah membangun pabrik vaksin berbeda untuk persiapan. Tiap vaksin membutuhkan pabrik berbeda. Kita harus siap dengan fasilitas yang bisa membuat tiap tipe, sehingga kita bisa memulai pembuatan vaksin final segera saat kita bisa," cetusnya.

"Realitasnya tak semua bisa divaksin di saat yang sama. Butuh berbulan-bulan, bahkan tahunan untuk membuat 7 miliar dosis atau mungkin 14 miliar jika multi dosis," papar Gates.

Vaksin Corona Tak 100% Sempurna

Ada kemungkinan vaksin Corona tidak sempurna atau sepenuhnya manjur. Akan tetapi dalam skala tertentu, hal itu bukanlah masalah besar. Ia mencontohkan soal kesuksesan vaksin cacar.

"Vaksin cacar adalah satu-satunya vaksin yang melenyapkan seluruh penyakit itu dari Bumi, tapi memang cukup brutal. Meninggalkan bekas luka. Satu dari tiga mengalami efek samping cukup buruk. Sejumlah orang mengalami reaksi lebih serius," cetusnya.

"Vaksin cacar dulu memang jauh dari sempurna, tapi ia berhasil. Vaksin COVID-19 mungkin saja mirip-mirip," tambah pria berkacamata ini.

"Jika kita mendesain vaksin sempurna, kita ingin ia sepenuhnya aman dan 100% efektif. Dosis tunggal memberi perlindungan seumur hidup dan harus mudah disimpan dan dikirimkan. Saya harap vaksin COVID-19 punya semua kualitas itu, tapi jika melihat timeline, barangkali tidak," paparnya.

sumber
OSnya aja sering kena virus koqemoticon-Ngakak
ya syukur ada yg mau mbiyayain bikin vaksin....lah kita ada yg mau bikin aja hrs nunggu instruksi pemerintah....pemerintah bae Ra gelem ngaweh instruksi...priwe jal?
pake window defender ya emoticon-Hammer
Syukur masih ada orang kaya yg kyk gini, mau nyumbangin duitnya buat bikin vaksin.
wahh windows defender bisa basmi covid-19? emoticon-Bingung

coba ane update dulu deh...... emoticon-Ngacir
Diubah oleh anak manis


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di