CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bebas Pajak Selama Corona, Gaji Kamu Jadi Nambah Berapa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eafe3d2337f934994135b4f/bebas-pajak-selama-corona-gaji-kamu-jadi-nambah-berapa

Bebas Pajak Selama Corona, Gaji Kamu Jadi Nambah Berapa?

Bebas Pajak Selama Corona, Gaji Kamu Jadi Nambah Berapa?
Foto: iStock

Jakarta - Pemerintah membebaskan pajak penghasilan PPh 21 bagi pekerja yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Insentif tersebut akan membuat gaji yang diterima pekerja menjadi utuh. Namun hanya pekerja di sektor-sektor tertentu yang mendapatkan fasilitas tersebut.

Jika kamu termasuk yang mendapatkan insentif tersebut, kira-kira gaji kamu jadi berapa kalau tidak dipotong pajak?

Dikutip dari Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No 44/PMK.03/2020 tentang Insentif Pajak Untuk Wajib Pajak Terdampak Pandemi Corona Virus Disease 2019, contoh penghitungan PPh 21 ditanggung pemerintah seperti dijelaskan di bawah ini.

Pertama, perlu diketahui bahwa mereka yang mendapatkan insentif tersebut adalah yang penghasilan bruto dalam setahunnya di bawah Rp 200 juta.

Misalnya kamu tiap bulan memperoleh gaji dan tunjangan Rp 16.500.000. Lalu ada pengurangan untuk biaya jabatan Rp 500.000, iuran pensiun Rp 330.000, maka gaji yang kamu bawa pulang adalah Rp 15.670.000 per bulan, atau Rp 188.040.000 selama 12 bulan (1 tahun).

Hitung-hitungan pajaknya, gaji selama 1 tahun tersebut lalu dikurangi penghasilan tidak kena pajak (PTKP) Rp 63.000.000. Maka penghasilan yang kena pajak dalam setahun adalah Rp 125.040.000.

Setelah didapat angka tersebut maka PPh Pasal 21 terutang setahun adalah 5% x Rp 50.000.000 = Rp 2.500.000, dan 15% x Rp 75.040.000 = Rp 11.256.000. Dengan demikian total pajak yang dikenakan adalah Rp 13.756.000 dalam setahun, atau Rp 1.146.333 dalam sebulan.

Persentase tersebut ditentukan berdasarkan besaran gajinya. Mereka yang memiliki gaji tahunan sampai Rp 50 juta berdasarkan Pasal 17 UU PPh dikenakan pajak sebesar 5%. Untuk penghasilan Rp 50 juta-Rp 250 juta, PPh dikenakan sebesar 15%. Lalu penghasilan Rp 250 juta-Rp 500 juta, tarif pajaknya 25%. Sementara penghasilan di atas Rp 500 juta dikenakan tarif pajak 30%.

Lantas dengan pembebasan pajak yang diberikan pemerintah, berapa penghasilan yang dibawa pulang?

Perhitungannya, gaji dan tunjangan Rp 16.500.000 dikurangi iuran pensiun Rp 330.000, dikurangi PPh 21 Rp 1.146.333, maka penghasilan yang diperoleh adalah Rp 15.023.667. Karena ada pembebasan pajak maka penghasilan yang kita peroleh tinggal ditambah nilai pajak itu sendiri, Rp 1.146.333. Hasilnya adalah Rp 16.170.000.

Nah Rp 16.170.000 adalah penghasilan yang kita peroleh dengan adanya insentif PPh 21 tersebut. Kamu tinggal menghitung dengan cara yang sama namun disesuaikan dengan besaran penghasilan kamu.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 20 lainnya memberi reputasi
Bebas Pajak Selama Corona, Gaji Kamu Jadi Nambah Berapa?

Wow...semakin kaya raya kita bre..
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
cuma ASN doang bukan yang ga dipotong pajak?
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan chisaa memberi reputasi
mana ada buruh yg total gajinya 16jutaemoticon-Wakaka
Lihat 1 balasan
Ane ga pernah gajian, ane buruh harian lepas..emoticon-Traveller
detik kalo ngasi itungan finansial nominalnya selalu ngayal emoticon-Cape d...

rata2 karyawan kyk gw ga nambah malah kurang
biasanya ada tunjangan, lembur, uang makan, transport, sekarang Rp 0
masi bersyukur gag dirumahkan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
qulit.qulup dan chisaa memberi reputasi
Nganggur bos, tp selalu sabar dan Ikhlas. Insya Allah
Diubah oleh zelalem
Yang jelas dong, sektor2 yang bebas PPh 21 itu apa saja.
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
0


gua berani taruhan

mana ada nasbung bayar pajak
apalagi pajak motor
profile-picture
mows memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jangan malah pada nyadar
Lho.. selama ini ane ternyata masih di bawah PTKP emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan lupis.manis memberi reputasi
Emang kadrun punya NPWP? emoticon-Ngakak
tetep aja kayak biasana
kalo tempat gw, pph 21 di tanggung perusahaan

jadi bukan nambahin gaji karyawan, tapi ngurangi pengeluaran buat perusahaan

dari pengurangan biaya buat perusahaan, bisa juga buat nambah2 bayar listrik atau pajak yg laen
Diubah oleh chisaa
lupa lom laporan pajak,,,
kantornya tutup juga, gpp dah emoticon-Ngakak
ini itung"an rumus nya ada ga ya?
jadi tinggal si tes di masing"kita
Nambah 1.5 emoticon-Smilie
berkurang 60% emoticon-Marah emoticon-DP
Gaji dibawah 4.5 jt kgk kena pajak deh emoticon-No Hope


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di