CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pelanggan Heran, Tak WFH tapi Tagihan Listrik Naik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eafe099af7e937f6c74186d/pelanggan-heran-tak-wfh-tapi-tagihan-listrik-naik

Pelanggan Heran, Tak WFH tapi Tagihan Listrik Naik

Pelanggan Heran, Tak WFH tapi Tagihan Listrik Naik
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra

Jakarta - Masyarakat ramai-ramai mengeluhkan kenaikan tagihan listrik. Padahal, pihak PT PLN (Persero) menyebut sama sekali tidak menaikkan tarif listrik.

PLN berdalih kenaikan tagihan tarif listrik bisa jadi karena adanya peningkatan pemakaian Kilowatt Jam (kWh) pada para pelanggan tersebut.

Akan tetapi, beberapa masyarakat yang masih bekerja di luar rumah atau tidak work from home (WFH) mengaku tagihan listriknya naik. Padahal tidak terjadi peningkatan pemakaian listrik dan anehnya pada catatan tagihan listrik pemakaian kWh pelanggan yang tidak WFH itu juga ikut-ikutan naik.

"Kok tagihan listrik saya naik 37% dari tagihan rata-rata, padahal kami jarang di rumah tersebut, lihat tagihan kaget kok saya ngalamin seperti konsumen lain yang bayar listriknya naiknya besar, dengan kondisi saat ini kan memberatkan," ujar salah satu pelanggan Devvi (bukan nama sebenarnya) kepada detikcom, Senin (4/5/2020).

Pemakaian rata-rata Devvi selama ini berada di kisaran 280 kWh. Akan tetapi, ketika menerima tagihan bulan April 2020 yang harus dibayarkan bulan Mei ini, total pemakaian kWh meningkat jadi 500 kWh.

"Yang saya tahu biaya pembayaran listrik saya tiap bulan jadi naik. Biasa rata-rata Rp 550 ribu sekarang jadi Rp 750 ribu, ini berat dalam masa seperti ini," sambungnya.

Ia berharap setidaknya pemerintah tidak menaikkan tagihan listrik kepada pelanggan sebab menurutnya dampak Corona dirasakan oleh nyaris semua kalangan.

"Harapannya ya biaya listrik normal-normal aja, syukur-syukur ada diskon juga seperti yang dapat subsidi. Secara dampak COVID-19 ga pilih-pilih pelanggan semua kena imbasnya," imbuhnya.

Lalu, ada juga Daniel (bukan nama sebenarnya) yang tidak WFH dan merasakan imbas yang sama.

"Saya bingung kok bisa ya. Padahal saya bekerja seperti biasa, hanya anak saja lagi libur sekolahnya karena adanya wabah COVID-19. Untuk pemakaian kalaupun ada kenaikan harusnya hanya 10-15% saja. Karena di rumah pun nggak ada beban berat dan kami hanya bertiga di rumah. Saya, istri dan anak 1," ucap Daniel kepada detikcom.

Dari catatan tagihan listrik yang diterima Daniel, terjadi kenaikan pemakaian kWh hingga dua kali lipat dari biasanya dari rata-rata pemakaian 208 kWh menjadi 435 kWh. Hal ini sudah coba dilaporkan Daniel langsung ke PLN. Akan tetapi, menurut PLN tidak ada kekeliruan atas pendataan tagihan listrik tersebut.

"Sudah komplain ke PLN , namun menurut PLN pendataan sudah akurat. Kami hanya bingung saja kenapa bisa ada lonjakan kenaikan," tambahnya.

Ia berharap pemerintah bisa adil memberi keringanan listrik bagi seluruh pelanggan PLN sebab semua merasakan beban yang sama.

"Harapan ke pemerintah yaitu bertindak adil, dan jujur kepada semua masyarakat, bukan hanya kepada golongan tertentu. Untuk PLN mungkin yang saya harapkan adanya integrasi sistem pencatatan yang lebih valid (real time). Bukan hanya orang keliling, yang dikhawatirkan kesalahan di pencatatannya," pungkasnya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 195 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Masa iya meteran listrik bohong.... emoticon-Big Grin
Kemungkinan yg salah adalah pencatatan di sejarah tagihan2nya...
Makanya rajin2 ngecek...
Logika kek gini kalo gak tau ya kebangetan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
teori :

ada yang kena palak ada yang nggak kena

yang nggak kena bisa dijadiin alasan kalau memang tidak ada pemalakan secara masal oleh si preman dijadiin sebagai kelompok "saksi"..

tinggal apes aja yang kena palak oleh si preman, si preman bisa membela diri dengan bukti kelompok "saksi" tersebut bahwa tidak ada pemalakan..

si preman memang pintar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pacarcin4 dan 50 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
beneran ini ane alamin baru bulan ini biasa tagihan listrik 750 naik jadi 860 padahal berbulan2 stabil istri tdk bekerja anak 2 masih balita pemakaian stabil cek Kwh mmg ada lonjakan tapi sebelum coronapun kami biasa2 saja kenapa bisa naik? hampir tiap bulan rata2 750 kisaran 730 atau 760 max ada apa ini PLN? temen2 juga ada yg serupa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pacarcin4 dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Halah drun...drun...ngeluh aja, tagihan listrik naik, BBM ngak turun, kena PHK, mending ke neraka aja deh, iya gak zer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
killstarpopper dan 40 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
klo memang mayoritas rata2 pengguna pada complain.yg mrk gk wfh. berarti memang ada penaikan diem2.
jangn kan biaya listrik..biaya hidup aja meningkt..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delake dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gugat aja ke pulisi

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 23 lainnya memberi reputasi
dr dl jg sering,skrg melinjak,bln depan turun parah,bln berikut nya normal lg,ya bgtu trus dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 21 lainnya memberi reputasi
untung masih 450kwh wlaupun g dpt gratis listrik emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Coba gugat, laporkan ke YLKI atau ombudsman
Tp ya mesti cek dulu di rumah.

Kenapa gak pakai sistem token?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh entecavir
Lihat 14 balasan
Ini cuma kena ke pelanggan pascabayar kah? Saya listriknya prabayar, rasanya belum/tidak ada perubahan berarti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
lu liat harga kuota telkomsel juga naik buat extra kuota
tadiny ad 10 gb 3 hari 10 rb skrg 3 gb 3 hari 13 rb
semua bumn naikin harga coy,
pertamina dan pln juga melakukan hal serupa dengan cara sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
semoga bulan depan dirapel, jadi kenaikannya yang sekarang buat bulan depan. Kayak BPJS gitu.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 21 lainnya memberi reputasi
ga tau deh, saya pake token
klo beneran maka PLN kudu dirombak total, dan pemerintah memang harusnya berikan alternatif energi semisal memurahkan pemasangan dan barang barang tenaga surya.

jangan cuma ada PLN doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pemakaian rata-rata Devvi selama ini berada di kisaran 280 kWh. Akan tetapi, ketika menerima tagihan bulan April 2020 yang harus dibayarkan bulan Mei ini, total pemakaian kWh meningkat jadi 500 kWh.

lah naik 220 Kwh , wajar naik tagihan listriknya .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 22 lainnya memberi reputasi
naikin harga untuk thr coy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 22 lainnya memberi reputasi
Meteran gk bs dibohongin lah, kalo pemakaian stabil berarti tarifnya dinaikin, gitu doang rumusnya
Cocokin aja meteran sama tagihannya, brp kwh kan tercatat

Oiya, selama pandemik kalau gak salah catatan meteran itu kita yang upload (karena pake token gw jd gak gitu jelas), kemungkinan ya, mereka gak laporan meteran listriknya brp, jd sama PLN ditagih "suka2 gua", nanti biasanya bs dikurangin tagihan bulan2 berikutnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
bukannya dibikin rata² 3 bln terakhir ya emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


wadoh...ini nih yg aneh...
pam nya bermasalah...
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 19 lainnya memberi reputasi
dipalak sama negara memang susah
emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 19 lainnya memberi reputasi
karena kemarin ngasih subsidi yang kurang mampus, untuk nutupi kerugian itu, yang mampu dinaikken diem diem bre...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di