CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Berikut adalah Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eafc534a2d195214e040555/berikut-adalah-beberapa-makanan-untuk-menjaga-kesehatan-jantung

Berikut adalah Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut adalah beberapa makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang dapat Anda jadikan referensi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasannya.

1. Alpukat

Berikut adalah Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Sumber gambar: Healthbenefits101.com


Alpukat merupakan salah satu makanan untuk menjaga kesehatan jantung. Ini karena, alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, yang dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.
Selain itu, alpukat juga kaya kalium, nutrisi yang penting bagi kesehatan jantung. Faktanya, satu buah alpukat yang mengandung 975 miligram kalium, atau sekitar 28% dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari. Mendapatkan setidaknya 4,7 gram kalium per hari dapat menurunkan tekanan darah rata-rata 8,0 / 4,1 mmHg, yang dikaitkan dengan risiko 15% lebih rendah terkena stroke .


2. Coklat hitam

Berikut adalah Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan JantungSumber gambar: Humanwindow.com



Cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Menariknya, beberapa penelitian mengaitkan hal ini dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Satu studi besar menunjukkan bahwa mereka yang makan cokelat setidaknya lima kali per minggu memiliki risiko 57% lebih rendah terkena penyakit jantung koroner daripada yang tidak. Akan tetapi, pastikan untuk memilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao setidaknya 70%.


3. Tomat

Berikut adalah Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan JantungSumber gambar: Picography.com



Tomat mengandung lycopene, pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan, yang keduanya dapat berkontribusi pada penyakit jantung.
Kadar likopen dalam darah rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.
Satu ulasan dari 25 penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi makanan kaya likopen dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Studi lain pada 50 wanita kelebihan berat badan menemukan bahwa makan dua tomat mentah empat kali per minggu meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik”.
Kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dan plak dari arteri untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi Anda dari penyakit jantung dan stroke.


4. Bawang putih

Berikut adalah Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan JantungSumber gambar: Drkoop.com



Bawang putih telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit selama beberapa abad yang lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah mengkonfirmasi bahwa bawang putih bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.
Ini berkat kehadiran senyawa yang disebut allicin, yang diyakini memiliki banyak efek terapi. Dalam satu studi, mengkonsumsi ekstrak bawang putih dalam dosis 600-1.500 mg setiap hari selama 24 minggu sama efektifnya dengan obat untuk mengurangi tekanan darah. Pastikan untuk mengonsumsi bawang putih mentah, atau hancurkan dan biarkan selama beberapa menit sebelum dimasak. Hal ini memungkinkan pembentukan allicin, yang dapat memaksimalkan manfaatnya.


5. Kacang almond

Berikut adalah Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan JantungSumber gambar: Hasanah.id



Kacang almond kaya akan nutrisi, memiliki banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan jantung. Kacang almond juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan serat, dua nutrisi penting yang dapat membantu melindungi Anda terhadap penyakit jantung.
Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang almond dapat memiliki efek yang kuat pada kadar kolesterol Anda juga. Satu studi di 48 orang dengan kolesterol tinggi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1,5 ons (43 gram) almond setiap hari selama enam minggu mengurangi lemak perut dan kadar kolesterol jahat LDL, dua faktor risiko penyakit jantung.
Ketika bukti baru muncul, hubungan antara makanan dan penyakit jantung tumbuh lebih kuat. Apa yang Anda letakkan di piring Anda dapat memengaruhi hampir setiap aspek kesehatan jantung, mulai dari tekanan darah dan peradangan hingga kadar kolesterol dan trigliserida. Memasukkan makanan sehat jantung ini sebagai bagian dari diet bergizi dan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meminimalkan risiko penyakit tersebut.



SUMUR emoticon-Jempolemoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
deanjerry dan denbagoes01 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di