CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lakukan Pelecehan Seksual, Gelar Alumnus Mahasiswa Berprestasi UII Dicabut
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eafbf4509b5ca25cb13a3a7/lakukan-pelecehan-seksual-gelar-alumnus-mahasiswa-berprestasi-uii-dicabut

Lakukan Pelecehan Seksual, Gelar Alumnus Mahasiswa Berprestasi UII Dicabut

Lakukan Pelecehan Seksual, Gelar Alumnus Mahasiswa Berprestasi UII Dicabut

Gelar mahasiswa berprestasi seorang alumnus UII berinisial IM dicabut, karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah mahasiswi.

"Ini sikap UII. Ini pesan kuat yang disampaikan oleh UII. Jangan main-main dengan pelecehan atau kekerasan seksual," kata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid Fathul, seperti dilansir Antara. di Yogyakarta, Minggu (3/5).

Menurut Fathul, sikap UII tersebut ditempuh setelah memperoleh bukti maupun keterangan dari sejumlah penyintas atau korban.

IM, menurut Fathul, memperoleh gelar mahasiswa berprestasi dari UII pada 2015 dan lulus tahun 2016 lalu. "UII sudah mendapatkan bukti dan keterangan dari beberapa penyintas," ujar Fathul, seperti dilansir Antara.

Tim Pendampingan Psikologi dan Bantuan Hukum dari UII hingga kini telah menerima laporan dari 11 penyintas atau korban pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh IM.

Kendati demikian, ia mendorong IM yang telah berstatus sebagai alumnus sejak 2016 dapat menunjukkan iktikat baik dengan bersikap kooperatif, melakukan klarifikasi secara jujur, agar diperoleh kejelasan tentang kebenaran atas tuduhan yang ditujukan kepadanya.

"Sehingga masalah ini dapat diselesaikan oleh para pihak dengan sebaik-baiknya, dan apabila ditemukan kesalahan dapat dikenakan pertanggungjawaban sebagaimana mestinya," kata dia.

Ia menegaskan bahwa UII menganggap serius kasus ini, dan menindaklanjuti dengan membentuk tim pencari fakta maupun tim untuk mendampingi korban atau penyintas secara psikologis apabila diperlukan serta menunjuk LKBH Fakultas Hukum UII untuk memfasilitasi korban atau penyintas yang berkeinginan menempuh jalur hukum.

Melalui keterangan resminya, UII juga mendorong para pihak yang mengetahui, menduga maupun mengalami tindakan pelecehan dan atau kekerasan seksual dari IM untuk melakukan pengaduan kasus dan atau memberikan bukti-bukti atau jika bersedia menjadi saksi mengenai kasus IM melalui laman resmi Bidang Etika dan Hukum UII di: beh.uii.ac.id.

Sebelumnya, IM menyampaikan klarifikasi melalui akun instagramnya pada Kamis (30/4). Ia yang tengah melanjutkan studi di Melbourne, Australia menyebutkan tidak memiliki ruang untuk melakukan klarifikasi terkait kasus yang dituduhkan kepadanya, apalagi dirinya sedang berada jauh dari Tanah Air.

"Bahkan sebelum pemberitaan menyebar, tidak ada satu pun pihak yang menghubungi saya, meminta klarifikasi atau tabayyun, sehingga ketika berita tersebar secara cepat dan masif saya tidak punya kesempatan membela diri," kata IM yang mematikan kolom komentar pada instagramnya.

Ketua Tim Pendampingan Psikologi dan Bantuan Hukum dari UII Syarif Nurhidayat mengatakan, pihak UII telah menghubungi IM untuk meminta klarifikasi kasus itu. Meski demikian, klarifikasi itu dinilai belum terbuka.

Syarif belum bersedia menjelaskan kronologi kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami para penyintas, karena kini masih dalam pendampingan psikologi.
"Untuk penyintas yang kami tangani, secara spesifik kami belum bisa buka karena informasinya masih di ranah pendampingan psikologi yang sangat privat," kata Syarif.

Selain itu, kata dia, dari 11 penyintas yang didampingi belum ada yang menyatakan ingin menempuh jalur hukum. "Itu sepenuhnya nanti hak dari penyintas. Kalau mereka bersepakat membawa ke ranah hukum, kami juga sudah siapkan tim dari LKBH UII," kata dia lagi.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 43 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ga jauh dari selangkangan...

Tar kalo dah gede masuk ke...

Partaik...

Lakukan Pelecehan Seksual, Gelar Alumnus Mahasiswa Berprestasi UII Dicabut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halah pak ustad muda pake di sensor nama ma komuknya, nih gw beriii brotttin berjamaah yuk jamaah emoticon-Tai

Lakukan Pelecehan Seksual, Gelar Alumnus Mahasiswa Berprestasi UII Dicabut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Orang munfik.
Berlindung di balik agama.
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan ivoox.id memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Universitas Islam Indonesia (UII)

harusnya yg buat trit ini si @auto.debus666 yg doyan jual agama di bp

Lakukan Pelecehan Seksual, Gelar Alumnus Mahasiswa Berprestasi UII Dicabut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
ustad.............

Lakukan Pelecehan Seksual, Gelar Alumnus Mahasiswa Berprestasi UII Dicabut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:





subhanallah, benar benar menerobos sejarah islam


inilah contoh pemuda islam yang mengubah dunia pelendirian emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh calot
Lihat 1 balasan
ini ane salut...lulusannya dicabut gelarnya karena kasus pencabulan.

jangan kayak si cabul yg kabur ke arab, mui malah pura pura dongo...jelas memalukan itu.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
kalo yg di UGM gmn kabarnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
waduh bikin malu Mahfud MD aja Guru Besar FH UII
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
kenapa namanya pake disensor
katanya kafir doang yg namanya disensor

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan aloha.duarr memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Quote:


bebas murni dong
makanya bertabayun lah
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan aloha.duarr memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kl nyekolahin anak sampe SMA bagus di Jogja
Tp kalo kuliah... Wadoh pergaulannya parah... kalah Jakarta bos....
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan andriwhy memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


mungkin wajah si pria yg diserupakan

patut diduga ini perbuatan jin kapir

pas mencabuli si pria ini serong kanan apa serong kiri komuknya ? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cuma gelar mahasiswa berprestasi yang dicabut, gelar akademisnya kagak emoticon-Hammer
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jauh lebih tegas daripada kampus tetangga yg diem aja pas ada pelaku kekerasan seksual emoticon-Matabelo
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:





ini fastinya impian dan cita - citanya bocah asal singkawang .. @yeytothesouz

emoticon-Kiss
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh ahmad.c
Quote:


udah mendapat sanksi dari kampus kan? meskipun judulnya suka sama suka
emoticon-Malu

Quote:


cek aja di tinder tinder cowoknya biasanya dari kampus itu
emoticon-Cool
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh joesatriyono
ditunggu barbuknya emoticon-Shakehand2
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
jadi inget mahasiswa dari univ yg islami mana itu yg boroknya ketahuan ancem mantan ape pacar kalo ga mau diapa gitu, bokep pas exe berduanya disebar
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh anus.bau.edan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di