CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Apakah Menghilangkan Jerawat Pakai Jeruk Nipis Terjamin Aman?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eafaf6788b3cb62295c0310/apakah-menghilangkan-jerawat-pakai-jeruk-nipis-terjamin-aman

Apakah Menghilangkan Jerawat Pakai Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Apakah Menghilangkan Jerawat Pakai Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pamor jeruk nipis sebagai bumbu dapur. Namun, tahukah Anda ternyata cukup banyak juga orang yang mengandalkan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis? Irisan jeruk nipis biasanya langsung ditempelkan pada jerawat dengan harapan benjolan cepat kempis. Selain untuk mengempiskan jerawat yang meradang, jeruk nipis juga sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Lantas, benarkah menggunakan jeruk nipis merupakan cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan jerawat dengan cepat?

Kandungan jeruk nipis

Apakah Menghilangkan Jerawat Pakai Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Jeruk nipis merupakan anggota keluarga buah sitrus yang berbentuk bulat hijau, rasanya sangat asam, dan berukuran lebih kecil dari lemon.

Namun meski kecil, jeruk nipis kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung berbagai nutrisi lain di dalamnya seperti:
- Zat besi
- Kalsium
- Vitamin B6
- Vitamin B1
- Kalium

Berkat sederet kandungan pentingnya ini, jeruk nipis tidak hanya bisa diolah menjadi minuman atau makanan. Namun, jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai perawatan kulit. Tak jarang jeruk nipis jadi salah satu cara yang dicoba untuk bantu menghilangkan jerawat dan bekasnya.


Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Apakah Menghilangkan Jerawat Pakai Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Berkat kandungan vitamin C yang kaya di dalam jeruk nipis, buah yang satu ini bisa memperbaiki kesehatan kulit. Vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan untuk membuat kolagen, yaitu protein yang membuat kulit kencang dan kenyal.

Sebagai bukti, penelitian yang dilakukan pada lebih dari 4.000 wanita menemukan fakta menarik. Mereka yang makan lebih banyak vitamin C memiliki risiko lebih rendah mengalami keriput dan kekeringan kulit saat menua. Hal ini ditemukan dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition.

Bukti juga menunjukkan bahwa jeruk nipis juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karenanya, buah yang satu ini diduga kuat mampu memerangi perubahan kulit karena faktor usia.
Stres oksidatif bisa memicu penuaan dini yang terjadi akibat banyaknya radikal bebas di dalam tubuh. Nah, radikal bebas ini bisa dilawan oleh makanan dan minuman yang mengandung antioksidan seperti salah satunya jeruk nipis.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry juga menemukan bahwa minum minuman yang mengandung jeruk berdampak positif untuk kulit. Minum minuman jeruk nipis dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen.



Pakai jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat belum tentu aman

Apakah Menghilangkan Jerawat Pakai Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Banyak orang yang kerap menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Namun dari berbagai manfaat jeruk nipis yang dilaporkan lewat penelitian, belum ada yang mampu membuktikan manfaat buah ini untuk menghilangkan jerawat.


Jika belum terbukti secara ilmiah sebaiknya jangan gunakan jeruk nipis sebagai cara untuk menghilangkan jerawat. Apalagi jika jerawat yang Anda beri kucuran sari jeruk nipis ini sedang meradang.

Jika Anda tetap menggunakannya, kulit bisa mengalami masalah yang tak dinginkan. Apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif yang sangat mudah mengalami iritasi. Sebaiknya, gunakan obat jerawat yang dibeli bebas di apotek untuk mengatasi jerawat yang meradang dan bekasnya.

Jika tak kunjung membaik, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat. Perawatan dokter jauh lebih aman dibandingkan dengan mencoba cara pakai jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat di wajah.


Karena belum tentu aman digunakan sebagai obat jerawat, tentu saja penggunaan jeruk nipis bisa menimbulkan efek samping. Ini efek sampingnya: https://hellosehat.com/hidup-sehat/k...n-jeruk-nipis/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 9 lainnya memberi reputasi
semua si pasti ada efek sampingnya yaaa menurut ane. tp pake jeruk nipis tu cekit2nya enakkk
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan amyjk02 memberi reputasi
bener banget belum tentu aman, ane pernah nyobain pas jerawatan pake jeruk nipis. jjadi perih banget kayak meradang gitu sakit
untung aja cuman satu jerawatnya, habis itu kapok
profile-picture
aryanti.story memberi reputasi
Alhamdulillah ane bukan type muka berjerawat... Paling nongol satu dua kalo mensis (kadang ga nongol).. Paling ane pakein tea tree oil.. Cepet kering dan ga berbekas.. Kalo pk jerpis.. Perih gilaa.. emoticon-Matabelo
Diubah oleh aryanti.story


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di