CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Manfaat Makan (Hanya) Kenyang Sampai 80% Ala Jepang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaf8b19f4d69565ab477494/manfaat-makan-hanya-kenyang-sampai-80-ala-jepang

Manfaat Makan (Hanya) Kenyang Sampai 80% Ala Jepang

Salah satu ungkapan dalam bahasa Jepang yang mengingatkan kita agar makan hanya kenyang sampai 80% disebut "hara hachi bun me" atau menurut pepatah kita biasa dibilang "Berhentilah makan sebelum kenyang".  Sebenarnya hal ini sudah sering kita dengar ya gan and sissy tapi mungkin belum di terapin aja hihihiemoticon-Winkemoticon-Wink

Kenapa hanya makan sampai 80% itu bagus untuk kesehatanmu?
Seperti yang dilansir oleh healthcare.omron.co.jp, sejak tahun 1980 beberapa penelitian sudah dilakukan dari berbagai negara salah satunya negara Jepang. Penelitian tersebut telah mengkonfirmasi bahwa penuaan pada sel dapat ditunda dengan perut terisi 80% atau disebut juga dengan pembatasan kalori.

Efek lain yang ditimbulkan dari perut yang terisi 80% adalah bisa mencegah munculnya kanker yang disebabkan oleh disfungsi sel dan gangguan pembuluh darah karena arteriosklerosis (hipertensi, stroke, dll) serta penyakit lain seperti diabetes.


Penilitian pada tahun 1990 oleh Prof . Kazuo Hashimoto dan Ms. Masaki Tagazu dari Fakultas Kedokteran Universitas Tokai juga membuktikan bahwa pembatasan kalori bisa meningkatkan kekebalan tubuh.



Jika kamu berkesempatan makan dengan warga Okinawa, Jepang, bisa jadi kamu akan mendengar kalimat ‘hara hachi bu’ sebelum mereka memulai makan. ‘Mantra’ yang merupakan pengingat agar mereka makan hanya sampai perut kenyang 80%. Praktik warisan leluhur ini menekankan agar kita makan dengan jumlah kalori yang dibatasi dan menikmati setiap suap makanan yang masuk ke mulut atau makan dengan hati. 


Bila dibandingkan asupan harian rata-rata warga Okinawa hanya sekitar 1900 kalori, jauh lebih sedikit dibandingkan asupan rata-rata warga AS berusia pertengahan. Menurut penelitian USDA, rata-rata orang AS makan lebih dari 2500 kalori, paling tinggi di usia 40 tahunan yakni sekitar 2692 kalori per hari.  


Lalu sebenarnya cara melakukan diet hara hachi bu itu yang kayak gimana sih agan and sissy? Ini dia tipsnya.  

Makan lebih pelan

Makan cepat-cepat akan mendorong kita untuk makan lagi. Jadi, kurangi kecepatan makan, beri waktu bagi tubuh untuk merasakan bahwa tak lagi lapar ya gan.


-
-
-
-

Eitss masih ada beberapa tips nya nih gan, tapi cek nya di website Goodlife.id aja yah! bisa klik link disiniemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss




profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 14 lainnya memberi reputasi
suka dech
nice tips, Gab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cocok buat diet, dulu ane pernah nerapin makan hanya 8 sendok nasi, dan lauk pauk secukupnya

seminggu pertama emang ngerasa gak puas dan pengen makan lagi.
tapi setelah jalan 2 minggu baru agak terbiasa. alhasil bb ane yang awalnya 75 jadi berkurang ke 64 hanya dalam kurun waktu 2 bulan...
kalau untuk diet memang sih bagusnya makan gak boleh terlalu kenyang..
percuma makan lu sehat sayur sayuran tapi porsi lu kuli.. gak bakal nurunin bb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cara mengetahui 80% gmana gan?makan dulu 100 baru kurangi 20 emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
liee dan darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di